Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya – Dalam Bahasa Indonesia pada dasarnya terdapat beberapa unsur di dalamnya. Unsur unsur ini dapat berupa kata, kalimat, kata hubung, dan lain sebagainya. Kata kata dalam Bahasa Indonesia tersebut dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Misalnya saja kata ganti atau pronomina dan kata benda atau nomina ini.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita sering menggunakan kata benda (nomina) maupun kata ganti (pronomina) dalam sebuah kalimat. Kedua jenis kata tersebut tentunya sudah tidak asing lagi. Meskipun begitu, masih ada sebagian orang yang belum mengerti tentang pengertian nomina dan pengertian pronomina. Bahkan contoh nomina dan contoh pronomina tersebut sering terbalik.

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya
Nomina dan Pronomina

Lalu apa itu Nomina? Apa itu Pronomina? Nomina dan Pronomina digunakan untuk melengkapi sebuah kalimat agar menjadi lebih baik. Kedua jenis kata ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian nomina, pengertian pronomina, contoh nomina dan contoh pronomina. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Seperti yang kita tahu bahwa kata merupakan bahasa yang berisi arti dan mengandung satu morfem atau lebih. Selain itu kata juga dapat diartikan sebagai elemen dalam bahasa yang paling kecil, bisa dituliskan atau diucapkan. Dengan adanya kata tersebut kita dapat merealisasi8kan kesatuan pikiran dan perasaan menggunakan bahasa tersebut.

Apakah anda tahu perbedaan nomina dan pronomina itu? Kalau nomina merupakan kata dasar yang berfungsi sebagai objek, pelengkap dan subjek. Sedangkan pronomina merupakan kata ganti yang buiasanya digunakan untuk nomina lainnya. 

Untuk pembahasan ini, saya akan membagi menjadi beberapa sub menu yakni pengertian nomina dan pengertian pronomina. Untuk kategori nomina saya akan menambahkan penjelasan mengenai jenis jenis nomina beserta contoh nominanya. Sedangkan untuk kategori pronomina, saya juga akan menambahkan penjelasan mengenai jenis jenis pronomina beserta contoh pronomina.

Baca juga : Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Pengertian Nomina

Pengertian nomina ialah seluruh kata yang dijadikan sebagai kata benda. Pengertian nomina dalam Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi dua makna yaitu berdasarkan makna semantik dan makna sintaksis. Pengertian nomina berdasarkan semantik ialah sebuah kata yang merujuk pada nama, benda, manusia, maupun segala hal yang dibendakan. Sedangkan untuk pengertian nomina berdasarkan sintaksis ialah kata yang digunakan sebagai pelengkap perdikat verba, subjek, ataupun objek.

Contoh nomina dalam kalimat:

  1. Pak Ridho membangun rumah. (Kata “Pak Ridho” merupakan benda hidup yang digunakan sebagai subjek. Kemudian kata “rumah” merupakan benda mati yang digunakan sebagai objek. Kedua kata ini merupakan contoh kata nomina karena dibendakan).
  2. Vina sedang membuatkan Dina nasi goreng. (Kata “nasi goreng” berguna untuk melengkapi kalimat sehingga dibendakan, maka dari itu termasuk kedalam contoh nomina)

Jenis Jenis Nomina

Nomina dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis jenis nomina beserta contohnya:

Nomina Konkret
Jenis nomina yang pertama ialah nomina konkret. Pengertian nomina konkret ialah kata benda yang bentuknya dapat dideskripsikan, nyata, dan dapat dilihat oleh panca indra. Contoh nomina konkret yaitu pulpen, buku, meja, pensil, dan sebagainya.

Nomina Khusus
Jenis nomina selanjutnya ialah nomina khusus. Pengertian nomina khusus ialah kata benda yang digunakan untuk nama benda tertentu. Contoh nomina khsusus yaitu nama kota, nama negara, nama orang dan sebagainya.

Nomina Umum
Jenis nomina selanjutnya ialah nomina umum. Pengertian nomina umum ialah kata benda yang digunakan untuk umum. Contoh nomina umum yaitu desa, pelajar, murid, sepak bola dan sebagainya.

Nomina Kolektif
Jenis nomina selanjutnya ialah nomina kolektif. Pengertian nomina kolektif ialah kata benda yang digunakan untuk benda benda yang memiliki arti kumpulan. Contoh nomina kolektif yaitu semua, sekelompok manusia, hadirin, majelis, dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Nomina Abstrak
Jenis nomina yang terakhir ialah nomina abstrak. Pengertian nomina abstrak ialah kata benda yang bentuknya tidak terlihat dan tidak dapat dideskripsikan oleh panca indera. Contoh nomina abstrak yaitu kecewa, bahagia, cinta, kemerdekaan, dan sebagainya.

Pengertian Pronomina

Pengertian pronomina ialah kata yang digunakan untuk kata ganti nomina lain. Pronomina dapat disebut sebagai “Kata Ganti” yang digunakan untuk mengganti nomina lain. Contoh pronomina yaitu “Dia” sebagai kata ganti nama seseorang, “-nya” sebagai kata ganti kursi ataupun meja. Pronomina memiliki pengertian yang hampir sama dengan pengertian nomina secara sintaksis. Hal ini dikarenakan pronomina juga dapat dijadikan sebagai subjek maupun objek.

Jenis Jenis Pronomina

Pronomina dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis jenis pronomina beserta contohnya:

Pronomina Persona
Jenis pronomina yang pertama ialah pronomina persona. Pengertian pronomina persona ialah pronomina yang merujuk kata ganti orang. Pronomina ini masih dapat dibagi lagi menjadi tiga kategori yakni:

  1. Pronomina persona pertama (kata ganti orang pertama) merupakan pronomina yang bentuknya baku serta penggunaannya berbeda satu sama lain. Maka dari itu pronomina ini digunakan untuk situasi tertentu sesuai porsinya. Contoh pronomina persona pertama ialah aku, ku dan saya. Contoh pronomina ku dan aku biasanya digunakan untuk situasi non formal. Sedangkan contoh pronomina saya digunakan untuk situasi formal.
  2. Pronomina persona kedua (kata ganti orang yang diajak bicara). Contoh pronominanya yaitu engkau, kamu, ataupun anda. Untuk pronomina engkau berfungsi sebagai kata ganti dalam sebuah puisi. Pronomina kamu dan kau digunakan dalam situasi non formal. Kemudian untuk pronomina anda digunakan dalam situasi formal.
  3. Pronomina persona ketiga (kata ganti orang yang dibicarakan). Contoh pronominanya yaitu -nya, dia, ia. Untuk situasi formal dan non formal dapat menggunakan pronomina -nya, dan ia. Sedangkan untuk situasi non formal saja dapat menggunakan pronomina dia.

Pronomina Petunjuk
Jenis pronomina selanjutnya ialah pronomina petunjuk. Pengertian pronomina pentujuk ialah pronomina yang digunakan sebagai penunjuk umum, tempat dan arah. Contoh pronomina petunjuk yaitu ini, itu, disana, disitu, dan sebagainya.

Pronomina Penanya
Jenis pronomina yang terakhir ialah pronomina penanya. Pengertian pronomina penanya ialah pronomina yang digunakan untuk bertanya tentang manusia, pilihan maupun barang. Contoh pronomina penanya yaitu apa, siapa, mana, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian nomina, pengertian pronomina, contoh nomina dan contoh pronomina. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Iklan Bahasa Inggris Singkat Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.