Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh SoalnyaDalam pengukuran ilmu Fisika, kita sering mendengar istilah massa jenis atau densitas. Apa itu Densitas (Massa Jenis)? Pada dasarnya materi ini mempelajari tentang rumus massa jenis (densitas) beserta satuan massa jenis (densitas). Bahkan rumus tersebut sering digunakan untuk menyelesasikan contoh soal massa jenis (densitas). Contoh penerapan massa jenis dapat kita jumpai ketika anda membawa 1 kg beras dengan 1 kg benang nilon. Kedua benda tersebut memiliki massa yang sama namun 1 kg beras lebih berat daripada 1 kg benang nilon. Hal ini dapat terjadi karena adanya perbedaan kerapatan antara zat satu dengan zat lainnya, meskipun wujud dari zat tersebut sama.

Seperti yang kita tahu bahwa massa jenis merupakan salah satu materi pembelajaran Fisika. Materi ini berhubungan dengan massa benda maupun volume dari benda itu sendiri. Ketika dibangku sekolah pastinya kita sudah diajarkan mengenai materi massa jenis tersebut. Di dalam materi ini berisi penjelasan mengenai pengertian massa jenis, rumus massa jenis, satuan massa jenis dan contoh soal massa jenis.

Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Lambang Massa Jenis

Densitas atau Massa Jenis ialah besaran kerapatan massa dari suatu benda yang diwujudkan dalam bentuk berat benda per volume benda itu sendiri. Penerapan massa jenis ini dapat menjabarkan mengapa benda yang memiliki ukuran yang sama dapat mempunyai berat yang berbeda. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa benda yang kelihatannya besar belum tentu memiliki ukuran yang berat dibandingkan dengan benda yang kelihatannya lebih kecil. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus massa jenis (densitas), satuan massa jenis (densitas), beserta contoh soal massa jenis (densitas). Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya

Seperti yang kita tahu bahwa massa dan massa jenis itu berbeda. Apa perbedaan massa dan massa jenis itu? Kalau massa menjelaskan tentang jumlah partikel yang ada pada suatu benda, sedangkan massa jenis berisi penjelasan tentang seberapa padat, susunan partikel dan seberapa rapat. Massa tersebut memiliki satuan berbentuk kg dan volume memiliki satuan berbentuk m³.

Pada dasarnya massa jenis antara benda yang satu dengan benda lainnya berbeda beda. Hal ini dikarenakan massa jenis ini adalah banyaknya materi yang terdapat dalam masing masing satu volume benda. Massa jenis ini dapat dihitung dengan rumus massa yang dibagi volume bendanya.

Untuk pembahasan kali ini, saya akan menjelaskannya satu persatu, mulai dari rumus massa jenis (densitas). Kemudian saya lanjutkan pada pembahasan satuan massa jenis (densitas) dan diakhiri dengan contoh soal massa jenis (densitas). Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal

Rumus Massa Jenis (Densitas)

Sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu massa jenis? Pengertian massa jenis (densitas) ialah besaran kerapatan massa dari suatu benda yang diwujudkan dalam bentuk berat benda per volume benda itu sendiri. Berdasarkan pengertian tersebut dapat kita peroleh rumus massa jenis (densitas) yaitu :

Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Rumus Massa Jenis

Keterangan :
p = Massa Jenis
m = massa benda
v = volume benda

Satuan Massa Jenis (Densitas)

Setelah membahas tentang rumus massa jenis (densitas), selanjutnya saya akan menjelaskan satuan massa jenis (densitas). Seperti yang kita ketahui bahwa satuan massa jenis (densitas) ialah satuan massa per satuan volume. Untuk satuan massa jenis (densitas) berstandar Internasional (SI) ialah kg/m³. Namun sebenarnya setiap satuan massa dan satuan volume dapat digunakan untuk menyatakan satuan massa jenis. Berikut beberapa satuan massa jenis (densitas) lainnya:

  • kg/m³ (kilogram per meter kubik)
  • kg/L (kilogram per liter)
  • t/m³ (metric ton per meter kubik)
  • mg/dL (milligram per deciliter)
  • g/cc (gram per cubic centimeter)
  • g/mL (gram per milliliter)

Pada dasarnya setiap zat memiliki besar massa jenis yang berbeda beda. Di bawah ini terdapat beberapa daftar zat dengan besar massa jenisnya masing masing per satuan massa jenis (densitas).

Baca juga : Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Tabel Besar Massa Jenis Pada Setiap Zat

Contoh Soal Massa Jenis (Densitas)

Dibawah ini terdapat beberapa contoh soal massa jenis (densitas) beserta pembahasannya.

1. Sebuah kayu memiliki berat 2.700 kg dengan volume 3 m³. Berapakah besar massa jenis kayu tersebut?

Pembahasan
Diketahui : m = 2.700 kg; v = 3 m³
Ditanyakan : Massa jenis = ?
Jawab :
Massa Jenis = m/v
= 2.700/3
= 900 kg/m³
Jadi besar massa jenis kayu tersebut ialah 900 kg/m³.

2. Sebuah lumpur memiliki massa jenis 1,5 kg/L. Jika volume lumpur tersebut 4 L. Berapakah massa lumpur tersebut?

Pembahasan
Diketahui : p = 1,5 kg/L; v = 4 L
Ditanyakan : Massa = ?
Jawab :
Massa = p x v
= 1,5 x 4
= 6 kg
Jadi besar massa lumpur tersebut ialah 6 kg.

3. Sebuah benda dari bahan sintentik memiliki bentuk kubus dengan ukuran rusuknya 20 cm. Benda tersebut mempunyai berat 1,5 kg. Berapakah besar massa jenis benda tersebut?

Baca juga : Pengertian Gaya Normal Beserta Rumus dan Contoh Soalnya

Pembahasan
Diketahui : m = 1,5 kg; s = 20 cm
Ditanyakan : Massa jenis = ?
Jawab :
Sebelumnya kita harus menghitung volume bendanya terlebih dahulu
Volume = s x s x s (bentuknya kubus)
= 20 x 20 x 20
= 8000 cm³ = 0,008 m³
Kemudian kita menghitung massa jenis benda tersebut
Massa Jenis = m/v
= 1,5/0.008
= 187,5 kg/m³
Jadi besar massa jenis benda tersebut ialah 187,5 kg/m³.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus massa jenis (densitas), satuan massa jenis (densitas), beserta contoh soal massa jenis (densitas). Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Gaya Sentrifugal Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.