Cara Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Diposting pada

Cara Mudah Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan – Seperti yang telah kita ketahui bahwa penjumlahan bilangan pecahan dan pengurangan bilangan pecahan merupakan materi pembelajaran Matematika dasar. Materi ini sudah mulai diperkenalkan dan dipelajari ketika berada dibangku sekoah dasar (SD). Materi pecahan akan terus ada sampai tingkat perguruan tinggi (kuliah). Bahkan materi ini terus berkembang dengan konsep konsep yang lebih tinggi. Untuk penjumlahan pecahan dan pengurangan pecahan menggunakan cara pengoperasian yang hampir sama, mulai dari pecahan campuran, pecahan setara, pecahan biasa, ataupun pecahan tidak setara.

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Rumus Penjumalahan dan pengurangan bilangan pecahan

Bilangan pecahan ialah bilangan yang tersusun oleh dua bilangan a dan b, dimana a dinamakan pembilang dan b dinamakan penyebut. Untuk bilangan pembilang terletak diatas bilangan penyebutnya. Jadi bentuk pecahannya akan menjadi a/b. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mudah menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan dan cara mudah menyelesaikan pengurangan bilangan pecahan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Pecahan termasuk salah satu jenis bilangan yang sudah mulai diperkenalkan pada siswa bahkan sejak dini. Rumus pecahan memang terkesan sederhana tapi faktanya masih banyak siswa yang kesulitan menghitung bilangan tersebut. Hal ini terjadi karena setiap jenjang memiliki level soal yang berbeda baik dari aspek penjumlahan, penguran, perkalian, dan pembagian.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi yang membahas rumus bilangan pecahan di buku pedoman matematika. Guru pun pasti sudah membahasnya dalam berbagai kesempatan mengingat penjumlahan ataupun pengurangan menjadi materi dasar semua jenjang. Sayangnya masih ada banyak siswa yang kesulitan ketika bertemu soal bilangan pecahan tersebut.

Baca juga : Pengertian Himpunan Semesta dan Himpunan Bagian Beserta Contoh

Pecahan dalam Matematika dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti pecahan biasa (contoh ½), pecahan bilangan bulat, dan pecahan campuran (contoh 8½). Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan dan cara mudah menyelesaikan pengurangan bilangan pecahan.

Cara Penjumlahan Pecahan

Operasi penjumlahan bilangan pecahan dapat diselesaikan menggunakan rumus yang ada. Meskipun bentuk pecahannya berbeda (pecahan biasa dan pecahan campuran), namun operasi perhitungannya hampir sama. Berikut rumus umum penjumlahan pecahan yaitu:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Rumus penjumlahan bilangan pecahan

Seperti yang telah saya bahas diatas bahwa penjumlahan bilangan pecahan dapat dibagi menjadi dua cara yaitu untuk penjumlahan pecahan biasa dan penjumlahan pecahan campuran.

Penjumlahan Pecahan Biasa

Cara menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan biasa, jika penyebutnya memiliki angka yang sama yaitu cukup menjumlahkan pembilangnya saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Tetapi bagaimana jika penjumlahan bilangan pecahan memiliki penyebut yang berbeda? Jika penyebut kedua pecahan berbeda, maka anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Dengan begitu operasi penjumlahan pecahannya dapat diselesaikan. Perhatikan contoh dibawah ini!

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Berdasarkan contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa penjumlahan bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda maka harus disamakan terlebih dahulu. Cara menyamakan penyebut tersebut yaitu dengan mencari KPK antar penyebutnya. Setelah itu KPK (angka yang sama pada penyebut) dikalikan dengan penyebut dan pembilang pada pecahan tersebut.

Penjumlahan Pecahan Campuran

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mudah menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan campuran. Jika pecahannya berbentuk campuran maka sebelumnya anda harus mengubahnya ke bentuk pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu menyamakan penyebutnya dan menjumlahkan kedua pecahan tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh di bawah ini:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Contoh soal penjumlahan bilangan pecahan

Cara Pengurangan Pecahan

Operasi pengurangan bilangan pecahan dapat diselesaikan menggunakan rumus yang ada. Meskipun bentuk pecahannya berbeda (pecahan biasa dan pecahan campuran), namun operasi perhitungannya hampir sama. Berikut rumus umum pengurangan pecahan yaitu:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Rumus pengurangan bilangan pecahan

Seperti yang telah saya bahas diatas bahwa pengurangan bilangan pecahan dapat dibagi menjadi dua cara yaitu untuk pengurangan pecahan biasa dan pengurangan pecahan campuran.

Pengurangan Pecahan Biasa

Cara menyelesaikan pengurangan bilangan pecahan hampir sama dengan penjumlahan pecahan. Jika penyebutnya memiliki angka yang sama yaitu cukup mengurangkan pembilangnya saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Baca juga :  Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Tetapi bagaimana jika pengurangan bilangan pecahan memiliki penyebut yang berbeda? Jika penyebut kedua pecahan berbeda, maka anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Dengan begitu operasi pengurangan pecahannya dapat diselesaikan. Perhatikan contoh dibawah ini!

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Berdasarkan contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa pengurangan bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda maka harus disamakan terlebih dahulu. Cara menyamakan penyebut tersebut yaitu dengan mencari KPK antar penyebutnya. Setelah itu KPK (angka yang sama pada penyebut) dikalikan dengan penyebut dan pembilang pada pecahan tersebut.

Pengurangan Pecahan Campuran

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara mudah menyelesaikan pengurangan bilangan pecahan campuran. Jika pecahannya berbentuk campuran maka sebelumnya anda harus mengubahnya ke bentuk pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu menyamakan penyebutnya dan mengurangkan kedua pecahan tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh di bawah ini:

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Contoh soal pengurangan bilangan pecahan

Sekian penjelasan mengenai cara mudah menyelesaikan penjumlahan bilangan pecahan dan cara mudah menyelesaikan pengurangan bilangan pecahan. Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan pada dasarnya menggunakan konsep yang hampir sama yaitu menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Setelah itu menjumlahkan/mengurangkan pembilangnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Contoh Soal Skala Beserta Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.