Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Diposting pada

Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat Bahasa Indonesia – Materi konjungsi ini mungkin telah anda pahami ketika dibangku sekolah, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata penghubung atau konjungsi ini memiliki fungsi untuk mengaitkan anak kalimat dengan induk kalimat sehingga dapat menciptakan kalimat yang baik. Konjungsi sendiri sebenarnya hanya digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata atau kalimat dengan kalimat sehingga tidak digunakan sebagai penerang kata ataupun penghubung dengan objek.

Apakah anda tahu macam macam konjungsi itu? Konjungsi secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti konjungsi penerang, konjungsi korelatif, koordinatif dan masih banyak lagi. Namun salah satu jenis konjungsi yang menarik untuk dibahas adalah konjungsi penerang. Bagaimana contoh konjungsi penerang dalam kalimat? Dengan konjungsi penerang ini kita dapat menghubungkan antar frasa, kalimat, kata maupun klausa.

Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat
Penggunaan Konjungsi Penerang dalam Kalimat

Konjungsi penerang biasanya digunakan sebagai keterangan kata yang mengikutinya. Dalam kalimat Bahasa Indonesia sendiri terdapat penulisan konjungsi yang disesuaikan dengan kalimat kalimatnya. Lantas apa pengertian konjungsi penerang secara umum? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh konjungsi penerang dalam kalimat Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mapel pelajaran yang mudah dipahami. Namun di dalamnya terdapat kosa kata yang banyak sehingga cakupan pengetahuan di dalamnya cukup luas. Seperti halnya penggunaan konjungsi penerang yang baik dan benar. Tidak semua jenis kalimat dapat menggunakan konjungsi yang sama. Penggunaan konjungsi tersebut harus disesuaikan dengan isi dan maksud kalimatnya.

Dalam keseharian hidup bermasyarakat sebenarnya kita sering menemukan contoh konjungsi penerang ini. Penggunaan konjungsi ini cukup intens di beberapa daerah, terutara yang masih menjunjung tinggi budaya dan adat. Biasanya kata hubung yang satu ini sering digunakan untuk mempresentasikan kata ganti orang.

Baca juga : Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Seperti yang kita tahu bahwa materi ini sebenarnya telah diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah. Meski guru telah mengajarkan materi konjungsi penerang di beberapa kesempatan, namun masih adapula beberapa siswa yang belum mengetahui bagaimana contoh dari konjungsi tersebut. Di bawah ini terdapat penjelasan apa itu konjungsi penerang dan contoh konjungsi penerang dalam kalimat yaitu meliputi:

Apa itu Konjungsi Penerang?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian konjungsi adalah ungkapan atau kata yang digunakan sebagai penghubung antar frasa, klausa, kalimat dan kata. Kemudian adapula pengertian konjungsi penerang adalah sebuah penghubung yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan sebuah kejadian atau peristiwa dalam sebuah kalimat, baik berbentuk negatif, ataupun positif.

Penggunaan konjungsi penerang secara umum terdapat dalam kalimat langsung yang selanjutnya diubah menjadi kalimat tidak langsung.

Contoh Konjungsi Penerang

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari konjungsi penerang dalam kalimat Bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut:

Contoh Kalimat dengan Konjungsi “yakni”

Salah satu contoh dari konjungsi penerang yang berbentuk yakni. Adapun contoh penggunaan konjungsi ini dalam kalimat yaitu:

  • Indah memiliki seorang kakak yakni bernama Anton.
  • Rembulan memang berasal dari luar negeri yakni dari Inggris.
  • Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik yakni tentang dunia percintaan.
  • Hendra divonis menderita penyakit yang mematikan yakni kanker darah.
  • Ada bumbu yang membuat masakan ini sangat enak yakni bumbu rahasia khas keluarga Cina.
Baca Juga  Contoh Silogisme dan Entimen Beserta Pengertian, Struktur dan Rumusnya

Contoh Konjungsi Penerang “yaitu” dalam Kalimat

Konjungsi penerang juga menggunakan kata penghubung berbentuk “yaitu”. Konjungsi ini digunakan untuk menerangkan sesuatu sehingga penggunaannya hampir sama dengan kata hubung “yakni”. Adapun bentuk contoh konjungsi dalam kalimat tersebut yaitu:

  • Setelah bulan Mei yaitu Juni.
  • Berat badanku naik setelah minum susu penggemuk badan yaitu 50 kg.
  • Salah satu penyebab penyakit maag yaitu pola makan yang tidak teratur.
  • Hukuman pantas bagi anak yang telat masuk sekolah yaitu menyapu halaman sekolah.

Baca juga : Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Contoh Kalimat dengan Konjungsi Penerang Jenis Aditif

Konjungsi aditif adalah konjungsi yang berguna untuk menghubungkan dua unsur yang gramatikal seperti lagipula, serta, dan. Adapun contoh kalimat yang menggunakan konjungsi ini yaitu sebagai berikut:

  • Ibu ke supermarket membeli telur dan minyak goreng.
  • Hari ini kakak berencana untuk pergi ke Surabaya serta ke Bandung.
  • Andi memiliki hobi membaca dan menggambar.
  • Sebaiknya kamu menjauhi dia, lagipula dia sudah punya suami.

Contoh Konjungsi Penerang Jenis Disjungtif

Konjungsi disjungtif adalah konjungsi yang menghubungkan dua unsur sederajat tetapi hanya salah satu fungsi saja yang dipilih dari dua hal. Biasanya kata sambung yang digunakan seperti kata entah…entah, atau, maupun, ataupun. Berikut contoh kalimatnya yaitu:

  • Kalau disuruh memilih, kamu akan ikut ekstrakulikuler paduan suara atau PKS?
  • Hari ini aku akan belajar Bahasa Indonesia maupun Matematika.
  • Entah menang entah tidak, aku akan terus berusaha sampai babak final.
  • Entah karena beban mental, entah karena beban fisik, dia terlihat sangat kurus beberapa bulan ini.

Contoh Kalimat dengan Konjungsi Penerang Jenis Pertentangan

Konjungsi yang satu ini identik dengan kata sementara itu, sebaliknya, sedangkan, tetapi. Adapun penggunaan konjungsi penerang jenis pertentangan dalam kalimat yaitu sebagai berikut:

  • Sebenarnya saya ingin datang ke acara pertunanganmu kemarin, tetapi sayangnya saya ada kepentingan mendadak.
  • Deni masih saja sakit walaupun sudah diperiksakan ke dokter.
  • Saya memang memiliki tabungan cukup banyak, tetapi saya gunakan untuk biaya membeli rumah.
  • Indah sangat menyukai kucing, sementara Rendi sangat menyukai anjing.
  • Istrinya sudah bangun sejak pagi tadi, sedangkan suaminya masih tidur sampai siang.

Contoh Kalimat dengan Konjungsi Final

Jenis konjungsi ini biasanya menggunakan kata supaya, agar, untuk. Adapun contoh kalimat yang menggunakan konjungsi ini yaitu:

  • Besok aku akan berusaha sebaik mungkin agar diterima diperusahaan XXX.
  • Bianka belajar sungguh sungguh dari pagi sampai malam agar mendapatkan juara 1 umum disekolah.
  • Dia sengaja memberikan hadiah boneka untuk menyenangkan hati adiknya.
  • Pergi saja sekarang, supaya tidak terlambat menemui kakakmu.

Demikianlah contoh konjungsi penerang dalam kalimat Bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan. Konjungsi penerang merupakan sebuah penghubung yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan sebuah kejadian atau peristiwa dalam sebuah kalimat, baik berbentuk negatif, ataupun positif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.