Sewindu Berapa Tahun? Jawaban dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Sewindu Berapa Tahun? Jawaban dan Contoh Soalnya – Berjalannya kehidupan manusia setiap hari tentunya tidak dapat dilepaskan dari adanya waktu. Waktu sendiri merupakan suatu hal yang berharga selayaknya uang karena banyak yang menyebutkan pepatah bahwa waktu adalah uang. Waktu ini dikenal dengan adanya awal dan akhir dari suatu peristiwa. Waktu yang diberikan dalam kehidupan manusia hanya satu hari, 3.600 detik, 24 jam, dan 60 menit. Dalam Matematika tentunya kita mengenal istilah istilah dalam satuan waktu yaitu hari, detik, jam dan menit.

Dalam pembelajaran Matematika pastinyaa kita mengenal jenis satuan baku seperti satuan waktu tersebut. Satuan baku adalah satuan yang secara Internasional telah diakui dan selalu tetap pengukurannya. Satuan waktu ini dapat diukur menggunakan alat seperti jam dalam kehidupan manusia sehari hari. Kemudian adapula jenis satuan waktu lainnya seperti windu, tahun, bulan dan sebagainya. Apakah anda tahu sewindu berapa tahun?

Sewindu Berapa Tahun? Jawaban dan Contoh Soalnya
1 Tahun Berapa Windu

Sewindu berapa bulan? Sewindu berapa hari? Pertanyaan sewindu ada berapa tahun tersebut memang banyak dipertanyakan oleh beberapa siswa. Pasalnya banyak siswa yang tidak mengetahui jawaban satu windu berapa tahun tersebut dan bagaimana cara konversi windu ke tahun. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jawaban sewindu berapa tahun dan contoh soal konversi windu ke tahun. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sewindu Berapa Tahun? Jawaban dan Contoh Soalnya

Apa itu satuan waktu? Satuan waktu adalah salah satu jenis besaran pokok yang berlaku dalam satuan khusus pada sistem Internasional (SI). Seperti yang kita tahu bahwa dalam kehidupan sehari hari banyak jenis jenis satuan waktu yang dikenal oleh masyarakat. Satuan waktu yang akan saya bahas ini adalah windu. 1 windu berapa tahun? Sewindu berapa bulan? Ada berapa windu dalam setahun?

Pada awalnya windu termasuk dalam satuan waktu yang berstandar SI. Pada zaman dahulu, waktu ditentukan oleh kalender Jawa yang pengadaannya berubah mulai dari tahun 1633 Masehi / 1555 tahun Saka. Dalam satu pekan kalender Jawa terdapat pembagian waktu oleh Sultan Agung menjadi Pon, Kliwon, Legi, Pahing, dan Wage. Kemudian dalam satu tahun terdapat 12 bulan seperti dalam penanggalan pada umumnya. Pada kalender ini terdapat lamanya kurun waktu 1 tahun yang lebih sedikit dibandingkan tahun Masehi (menggunakan dasar Matahari).

Baca juga : Rumus Diskriminan Pada Persamaan Kuadrat dan Contoh Soalnya

Windu merupakan salah satu jenis satuan waktu yang memiliki 4 siklus seperti Kunthara, Sancaya, Windu Adi, dan Sengara. Sewindu berapa tahun? Jawaban 1 windu berapa tahun ini adalah 8 tahun. Di bawah ini terdapat pengertian windu, jawaban sewindu ada berapa tahun, dan contoh soal konversi windu ke tahun. Untuk lebih jelanya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Windu

Apa yang dimaksud windu? Windu adalah istilah yang memiliki selang waktu 8 tahun. Menurut Sultan Agung, dalam satu tahun terdapat 8 tahun yang telah disempurnakan dan dirubah berdasarkan penanggalan Jawa seperti Alip, Be, Dal, Ehe, Je, Jimakir, Jimawal, dan Wawu. Sistem penanggalan yang digunakan sebagai pembanding negara Tiongkok dan Jepang adalah siklus dua belas tahun, dimana lambang binatang yang digunakan dapat dijadikan ciri khas kehidupan yang bertahun tahun mungkin terjadi pada orang bersangkutan.

Konversi Windu ke Tahun

Ada berapa tahun dalam sewindu? Menurut penjelasan di atas, jawaban 1 windu berapa tahun adalah 8 tahun. Agar anda lebih paham mengenai jawaban satu windu berapa tahun ini, maka saya akan membagikan contoh konversi satuan windu ke tahun dan satuan kalender lainnya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Konversi Satuan Volume Dalam Kubik dan Liter
  • 1 windu sama dengan 8 tahun
  • 1 windu sama dengan 96 bulan
  • 1 windu sama dengan 32 triwulan
  • 1 windu sama dengan 24 caturwulan
  • 1 windu sama dengan 16 semester
  • 1 windu sama dengan 0,008 milenium (8/1.000 milenium)
  • 1 windu sama dengan 0,08 abad (8/100 abad)
  • 1 windu sama dengan 0,8 dekade (8/10 dekade)
  • 1 windu sama dengan 0,8 dasawarsa (8/10 dasawarsa)
  • 1 windu sama dengan 1,6 lustrum (8/5 lustrum)

Baca juga : Cara Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Selain jawaban sewindu berapa tahun di atas, adapula beberapa contoh konversi satuan waktu kalender ke windu seperti di bawah ini:

  • 1 tahun sama dengan 0,125 windu (1/8 windu)
  • 1 semester sama dengan 0,0625 windu (1/16 windu)
  • 1 triwulan sama dengan 0,03125 windu (1/32 windu)
  • 1 caturwulan sama dengan 1/24 windu
  • 1 lustrum sama dengan 5/8 windu
  • 1 bulan sama dengan 1/96 windu
  • 1 dekade sama dengan 1,25 windu (10/8 windu)
  • 1 dasawarsa sama dengan 1,25 windu (10/8 windu)
  • 1 abad sama dengan 12,5 windu (100/8 windu)
  • 1 milenium sama dengan 125 windu (1000/8 windu)

Contoh Soal Konversi Windu ke Tahun

Setelah menjelaskan jawaban satu windu berapa tahun dan satu tahun ada berapa windu di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal windu ke tahun seperti di bawah ini:

1. Konversikan satuan windu berikut:
a. 2,25 windu = . . . caturwulan
b. 1,5 windu = . . . semester
c. 1/4 windu = . . . bulan
d. 1/2 windu = . . . triwulan
e. 5 windu = . . . tahun
f. 6 windu = . . . lustrum
g. 12 windu = . . . dekade
h. 12 windu = . . . abad
i. 5 windu = . . . dasawarsa

Jawaban.
Contoh soal di atas dapat diselesaikan dengan konsep jawaban sewindu berapa tahun dan bentuk konversi di atas. Adapun cara menghitung satuan windu tersebut yaitu:
a. 2,25 windu = 2,25 x 24 = 54 caturwulan
b. 1,5 windu = 1,5 x 16 = 24 semester
c. 1/4 windu = 1/4 x 96 = 24 bulan
d. 1/2 windu = 1/2 x 32 = 16 triwulan
e. 5 windu = 5 x 8 = 40 tahun
f. 6 windu = 6 x 8/5 = 9,6 lustrum
g. 12 windu = 12 x 8/10 = 9,6 dekade
h. 12 windu = 12 x 8/100 = 0,96 abad
i. 5 windu = 5 x 8/10 = 4 dasawarsa

2. Pak Ridwan sudah dua windu tinggal di Jepang. Berapa tahun Pak Ridwan bertempat tinggal di Jepang?

Jawaban.
Contoh soal windu ke tahun ini dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
1 windu = 8 tahun
2 windu = 2 x 8 tahun = 16 tahun
Jadi Pak Ridwan bertempat tinggal di Jepang sudah 16 tahun.

3. Usia motor jadul itu sudah 5 windu. Tentukan berapa tahun usia motor jadul tersebut?

Jawaban.
Contoh soal konversi windu ke tahun ini dapat diselesaikan dengan rumus seperti berikut:
1 windu = 8 tahun
5 windu = 5 x 8 tahun = 40 tahun
Jadi usia motor jadul tersebut sudah 40 tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai jawaban sewindu berapa tahun dan contoh soal konversi windu ke tahun. Menurut kalender, jumlah 1 windu sama dengan 8 tahun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.