Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya – Ketika dibangku sekolah menengah atas (SMA) kelas 11 tentunya kita telah mempelajari mengenai materi cepat rambat gelombang dalam pelajaran Fisika. Seperti yang telah kita ketahui bahwa gelombang dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Kedua jenis gelombang tersebut berhubungan dengan rumus dan contoh soal cepat rambat gelombang. Selain itu adapula pengertian cepat rambat gelombang yang tidak kalah penting untuk dipelajari. Apabila rumus tersebut tidak diketahui, maka kita akan kesulitan dalam mengerjakan soal soal yang tersedia. Untuk itu anda harus memahami betul mengenai cepat rambat gelombang ini, baik dalam gelombang longitudinal maupun transversal.

Sebelum memahami mengenai pengertian cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang dan contoh soal cepat rambat gelombang tersebut, Maka anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian gelombang, baik longitudinal maupun transversal. Pengertian gelombang longitudinal ialah gelombang yang mempunyai arah rambat dan arah getarannya sejajar. Sedangkan gelombang transversal ialah gelombang dengan arah rambat dan arah getaran yang tegak lurus. Dari pengertian ini tentunya kedua jenis gelombang tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Contoh Soalnya
Pemantulan Bunyi pada Kedalaman Laut

Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan materi cepat rambat gelombang dengan berbagai hal yang terdapat didalamnya. Materi ini mencakup pengertian, rumus dan contoh soal yang tersedia. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan soal soal cepat rambat pada gelombang itu? Apa saja rumus yang digunakan? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus cepat rambat gelombang beserta contoh soal cepat rambat gelombang. Selain itu saya juga akan menyertakan pembahasan mengenai pengertian cepat rambat gelombang sekaligus.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara (Bunyi) Beserta Contoh Soalnya

Pada umumnya perambatan suara terjadi pada medium tertentu seperti zat gas, zat cair dan zat padat. Ketika bunyi melalui media tertentu maka akan mempengaruhi cepat rambat gelombang yang dimilikinya. Apa yang dimaksud bunyi itu? Pengertian suara (bunyi) ialah terjadinya sebuah gelombang longitudinal yang disebabkan oleh adanya rambatan dan getaran sehingga dapat didengar telinga makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Berbagai suara di sekeliling kita dapat didengar oleh telinga yang baik fungsinya.

Baca juga : Pengertian Induksi Elektromagnetik, Penerapan, Rumus dan Contoh Soal

Sebelum membahas tentang pengertian cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang dan contoh soal cepat rambat gelombang tersebut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai bunyi karena berhubungan dengan cepat rambat gelombang. Apakah kamu tahu bahwa bunyi dapat merubah emosi seseorang? Contohnya saja ketika suara yang sunyi sedang didengarkan oleh seseorang. Dalam hal ini kita akan memperoleh ketenangan ketika dalam keadaan emosi. Hal ini disebabkan karena bunyi berisik atau bising yang menyebabkan emosi bertambah menjadi tidak ada.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa media zat padat, gas dan cair dapat membantu cepat rabat suara untuk sampai ke telinga. Akan tetapi perambatan bunyi pada zat padat lebih cepat daripada zat gas maupun zat cair. Di bawah ini terdapat besar cepat rambat gelombang suara pada berbagai medium yaitu sebagai berikut:

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Contoh Soalnya

Rumus Cepat Rambat Gelombang Suara

Taukah anda bahwa bunyi yang sering kita dengar memiliki kecepatan tertentu. Kecepatan bunyi tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti material, jarak, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan suara petir selalu datang 1 2 detik lebih lambat dari kilatnya. Maka dari itu, kita akan belajar cara menghitung cepat rambat gelombang bunyi dengan menggunaan rumus umum.

Pengertian cepat rambat gelombang ialah jarak gelombang yang ditempuh dalam waktu satu detik. Lambang cepat rambat gelombang tersebut berupa huruf  v, dimana satuan cepat rambat gelombang dalam sistem Internasional ialah m/s. Penelitian adanya cepat rambat gelombang ini dilakukan oleh Moll dan Van Beek yang merupakan ilmuan dari Belanda. Berdasarkan kedua ilmuan itu, cepat rambat gelombang memiliki rumus seperti di bawah ini:

v = s / t

Keterangan:
v = Kecepatan (m/s)
s = Jarak (m)
t = Waktu (s)

Baca juga : Pengertian Usaha dan Energi Beserta Rumus dan Contoh Soal

Selain rumus dasar cepat rambat gelombang di atas, adapula rumus lainnya apabila diketahui panjang gelombang (λ), periode (T) maupun frekuensi (f). Berikut rumus yang digunakan yaitu diantaranya:

v = λ / T atau v = λ x f

Keterangan:
v = Kecepatan (m/s)
λ = Panjang Gelombang (m)
f = Frekuensi (Hz)
T = Periode (s)

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang

Setelah memahami pengertian cepat rambat gelombang beserta rumus cepat rambat gelombang di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal cepat rambat gelombang terkait rumus di atas. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu sebagai berikut:

1. Diketahui cepat rambat bunyi sekitar 100 m/s dengan panjang gelombang 10 meter. Hitunglah periode dan frekuensi gelombang suara tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : λ = 10 meter; v = 100 m/s
Ditanyakan : T dan f = ?
Jawab :
Untuk menghitung periode dapat menggunakan rumus di bawah ini:
v = λ / T
T = λ / v
   = 10 / 100
   = 0,1 sekon

Kemudian frekuensi gelombang dapat diketahui menggunakan rumus di bawah ini:
v = λ x f
 f = v / λ
   = 100 / 10 
   = 10 Hz
Jadi besar periode dan frekuensi gelombangnya ialah 0,1 sekon dan 10 Hz.

2.  Kedalaman laut diukur oleh sebuah kapal menggunakan perangkat suara. Apabila penembakan bunyi dilakukan ke dalam dasar laut dan setelah 10 detik menerima bunyi pantulnya dengan cepat rambat bunyi 1500 m/s. Maka berapakan kedalaman laut tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : t = 10 s; v = 1500 m/s
Ditanyakan : s = ?
Jawab :
Dalam hal ini kapal akan memperoleh dua gelombang seperti saat memantul dan kembali lagi. Untuk itu rumusnya harus dibagi dua. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
s = v x t
   = 1.500 x 10 
   = 15.000 m
Jadi jarak kedalaman laut ialah 15.000 meter.

Inilah penjelasan mengenai rumus cepat rambat gelombang beserta contoh soal cepat rambat gelombang. Pengertian cepat rambat gelombang ialah jarak gelombang yang ditempuh dalam waktu satu detik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi cepat rambat gelombang di atas.

Baca Juga  Contoh Soal Katrol Beserta Pembahasan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.