Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya Terlengkap – Dalam hidup bermasyarakat tentunya kita tak akan pernah lepas dari apa itu sosial dan budaya. Sebagai negara kepulauan dengan beragam suku bangsa tentu akan menimbulkan sifat majemuk. Ada kalanya kebudayaan dan keadaan sosial masyarakat mengalami perubahan baik secara signifikan maupun perlahan. Faktor penyebabnya pun beragam mulai dari terbawa arus perkembangan jaman sampai terjadinya asimilasi.

Sebenarnya contoh perubahan sosial budaya bisa kita jumpai dengan mudah di tengah masyarakat. Meski demikian hanya sedikit yang menyadarinya karena tak mengetahui apa yang dimaksud perubahan sosial budaya. Saya lebih suka mengartikannya sebagai perubahan tatanan kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek. Misalnya kebiasaan bermain kini sudah mulai tergantinkan oleh sosial media, berkirim surat beralih ke whatsapp, dan lain sebagainya. Sejatinya kehidupan yang dinamis merupakan tanda bahwa perubahan sosial budaya memang terjadi di masyarakat. Perubahan sendiri memang dapat kita alami sebagai individu, baik secara intelektualitas maupun fisik.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya Terlengkap
Contoh Terjadinya Perubahan Sosial Budaya

Kumpulan individu juga mengalami perubahan yang disertai dengan beberapa pola interaksi. Hal inilah yang sering disebut dengan masyarakat. Perkembangan dalam masyarakat memang sering dialami, baik menjadi lebih baik maupun tidak. Untuk itulah kehidupan masyarakat terjadi secara dinamis. Hal ini berhubungan dengan perubahan sosial budaya. Dengan kata lain kehidupan masyarakat memiliki bagian yang berupa perubahan sosial budaya. 

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya dan Contohnya Terlengkap

Apa yang dimaksud perubahan sosial budaya? Perubahan sosial budaya merupakan terjadinya perubahan dalam lingkup kebudayaan dan sosial. Dari pengertian ini tentunya sudah jelas arti sebenarnya dari perubahan sosial dan budaya itu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor penyebab perubahan sosial budaya dan contoh perubahan sosial budaya.

Perubahan sosial budaya memang berpengaruh terhadap struktur dan perubahan sistem karena mengakibatkan berubahnya pola perilaku. Terjadinya perubahan yang mengandung unsur sosial tersebut dinamakan dengan perubahan sosial. Dalam perubahan sosial biasanya mencakup unsur lain yang berupa fungsi sosial dan struktur sosial sehingga mencakup beberapa hal di dalamnya seperti penemuan, perilaku dan pola pikir. 

Baca juga : Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Kemudian adapula perubahan budaya yang merupakan perubahan karena adanya unsur budaya secara otomatis. Dalam perubahan tersebut terdapat unsur budaya non materi dan materi itu sendiri. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa pengertian perubahan sosial budaya yaitu perubahan tata kehidupan dalam masyarakat yang mencakup perubahan budaya dan perubahan sosial. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai faktor penyebab perubahan sosial budaya dan contoh perubahan sosial budaya yaitu sebagai berikut:

Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Secara garis besar faktor yang menyebabkan perubahan sosial budaya bisa kita jumpai pada mata pelajarna sosiologi dan IPS. Guru biasanya juga akan menyampaikan pembahasan secara detail mengingat materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor penyebab perubahan sosial budaya masyarakat. Meski seluruh materinya sudah tertulis rapi di buku pedoman tapi faktanya masih ada sebagian siswa yang kesulitan menjelaskannya. Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk membuat rangkuman maka simaklah beberapa alasan kenapa proses perubahan budaya sosial bisa terjadi pada poin berikut:

  • Kebudayaan lain yang masuk sehingga berpengaruh terhadap kebudayaan asli.
  • Perubahan yang terjadi dilingkungan.
  • Terjadinya konflik.
  • Perubahan pada jumlah penduduk.
  • Banyaknya penemuan baru yang muncul di masyarakat.

Contoh Perubahan Sosial Budaya

Selain faktor penyebab perubahan sosial budaya di atas, adapula contoh terjadinya perubahan sosial budaya. Terjadinya perubahan sosial budaya memang akan selalu muncul di zaman digital sekarang ini. Sebenarnya perubahan sosial dapat dibagi menjadi beberapa bentuk seperti di bawah ini:

  • Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan.
  • Perubahan yang berdampak kecil dan besar.
  • Perubahan yang lambat dan cepat.

Baca juga : Pengertian Konflik Beserta Jenis Jenisnya Lengkap

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai contoh pada jenis jenis perubahan sosial budaya di atas yaitu diantaranya:

Perubahan yang Direncanakan dan Tidak Direncanakan

Ada kalanya kebiasaan hidup masyarakat berubah karena suatu hal yang memang direncakan ataupun tidak sama sekali. Kita dapat menemukan contoh perubahan sosial budaya yang direncanakan dalam bentuk pembangunan pelabuhan yang terjadi di Pantai Sine, Tulungagung. Sedangkan contoh perubahan yang tidak direncanakan dapat berupa terjadinya prostitusi di daerah wisata.

Perubahan Berdampak Kecil dan Besar

Contoh perubahan yang berdampak besar yaitu bencan alam. Dampak yang ditimbulkan tersebut berpengaruh terhadap mata pencaharian dan sistem sosial. Sedangkan contoh yang berdampak kecil ialah potongan rambut anak anak sekolah yang berubah saat masuk di hari libur panjang. Sebagai siswa kita harus pandai dalam memberi tanggapan serta sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya di tengah masyarakat.

Perubahan yang Lambat dan Cepat

Contoh perubahan sosial budaya yang cepat dapat berupa revolusi Industri di Amerika. Hal ini dikarenakan perubahan cepat dapat dinamakan dengan revolusi. Sedangkan perubahan yang lambat dapat dinamakan evolusi yakni terjadinya perubahan karena adanya transaksi finansial. Untuk itu contoh perubahan yang lambat dapat dijumpai pada bentuk transaksi seperti barter pada awalnya dan kemudian berganti menjadi uang kertas, sampai pada akhirnya secara lambat berubah menjadi uang digital.

Dampak perubahan di masyarakat memang dapat bersifat positif ataupun negatif. Hal ini karena disesuaikan dengan kemampuan dari masyarakat untuk menyikapi perubahan tersebut. Sekian penjelasan mengenai faktor penyebab perubahan sosial budaya dan contoh perubahan sosial budaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Jenis Jenis Penelitian Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap