Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia Terlengkap

Diposting pada

Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia Terlengkap – Persatuan dan kesatuan pada dasarnya mempunyai makna dan arti penting untuk negara Indonesia. Kata persatuan dan kesatuan asalnya dari kata satu yang maknanya tidak terpecah belah dan utuh. Sedangkan keberagaman Indonesia berasal dari adanya perbedaan ras, bahasa daerah, suku bangsa, agama, dan suku bangsa. Maka dari itu persatuan dan keberagaman adalah kumpulan beberapa jenis perbedaan dalam sebuah bangsa dengan satu cita cita dan tujuan yang sama.

Apa hubungan persatuan dan keberagaman itu? Terbentuknya negara Indonesia sejak merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 berasal dari adanya konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Negara Indonesia adalah negara yang bentuknya republik sesuai dengan pasal 1 UUD 1945.

Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia
Pentingnya Persatuan dan Keberagaman

Kemudian kita juga dapat menjumpai kata persatuan Indonesia dalam Pancasila sila ke tiga. Maka dari itu bagi bangsa Indonesia, makna persatuan dan kesatuan ini memang sangat penting, meskipun tidak terlepas dari adanya keberagaman. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa Indonesia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia Terlengkap

Sebelum menjelaskan apa hubungan persatuan dengan keberagaman ini. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai makna pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa terlebih dahulu. Persatuan dan kesatuan memang sangat penting dengan maksud:

  • Dapat menjalin rasa kebersamaan satu sama lain sehingga dapat melengkapi.
  • Dapat menumbuhkan sikap toleransi dan menjalin rasa kemanusiaan sehingga secara harmonis dapat saling berdampingan.
  • Menjalin rasa kekeluargaan, tolong menolong, dan persahabatan antar sesama serta menumbuhkan sikap Nasionalisme.

Pembentukan persatuan dan kesatuan pada umumnya tidak terlepas dari adanya sejarah. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang mengingatkan masyarakat agar selalu bersatu untuk kedaulatan bangsa Indonesia yaitu meliputi:

  1. Dasar negara Indonesia adalah Pancasila.
  2. Bendera kebangsaan Indonesia adalah sang Merah Putih.
  3. Bahasa Persatuan adalah Bahasa Indonesia.
  4. Lambang negara Indonesia adalah Burung Garuda.
  5. Lagu kebangsaan Indonesia adalah Lagu Indonesia Raya serta lagu perjuangan yang lain.

Baca juga : Arti Lambang Pancasila Sila 1 Sampai 5 dan Penjelasannya

Hubungan Persatuan dan Kesatuan

Seperti yang kita tahu bahwa wujud kebhinekaan bangsa Indonesia adalah perbedaan dan keberagaman ras, budaya, suku bangsa, agama dan bahasa. Meskipun berbeda, bangsa kita tidak boleh saling terpecah belah. Ditengah keberagaman suku dan bangsa Indonesia ini kita dapat saling menjalin hubungan satu sama lain dengan menerapkan konsep persatuan dan kesatuan bangsa. Maka dari itu persatuan dan keberagaman adalah hal yang tidak boleh terpisahkan dan saling berhubungan.

Baca Juga  Makna dan Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Persatuan dan keberagaman secara umum adalah hubungan sebab akibat. Potensi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa berasal dari adanya perbedaan dan keberagaman itu sendiri. Lantas apa hubungan persatuan dan kesatuan itu? Di bawah ini terdapat penjabaran hubungan persatuan dengan keberagaman yaitu meliputi:

Munculnya Persatuan Karena Adanya Keberagaman

Sebenarnya munculnya persatuan berasal dari adanya keberagaman atau perbedaan itu sendiri. Munculnya sikap dan rasa persatuan ini berasal dari latar belakang yang berbeda dengan maksud untuk bersama. Seharusnya dengan banyaknya keberagaman dan perbedaan Indonesia ini membuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat.

Keberagaman Berbanding Lurus Dengan Toleransi Untuk Mewujudkan Persatuan

Kita dapat melihat banyak keberagaman Indonesia dari keadaan historis, geografis dan demografisnya. Perbedaan yang semakin banyak inilah harus diimbangi dengan sikap toleransi antar ras, agama, suku bangsa, dan budaya. Maka dari itu keberagaman di Indonesia yang semakin banyak akan membuat sikap toleransi dan keinginan bersatu menjadi semakin tinggi pula.

Keberagaman di Indonesia ini dapat menimbulkan konflik yang besar, terlihat dari sejarah penjajahan Indonesia dalam waktu yang lama. Terjadinya penjajahan di Indonesia ini dapat dilakukan dengan memecah belah keberagaman bangsa sehingga terdapat persaingan antar suku bangsa.

Baca juga : Contoh Analisis Kebijakan Publik, Arti, dan Bentuknya

Apabila hubungan persatuan dan keberagaman tidak dipelihara dengan baik, maka akan mengakibatkan terjadinya beberapa masalah seperti di bawah ini:

  • Persaingan antar suku bangsa dalam memperoleh mata pencaharian.
  • Memaksa unsur kebudayaan yang berbeda antar suku satu dengan suku lainnya.
  • Memaksa nilai dan unsur agama yang berbeda antar suku satu dengan suku lainnya.
  • Potensi berlangsungnya konflik antar suku tertentu yang cukup lama.
  • Dominasi suku tertentu kepada suku lain yang termasuk minoritas.

Jika kita dapat menjaga hubungan persatuan dengan keberagaman ini maka kemajuan bangsa juga akan tercipta. Hubungan antara persatuan dan keberagaman ini memang sangat penting untuk menjaga integrasi bangsa dalam mengantisipasi dan menyiasati ATHG kesatuan bangsa. ATHG sendiri merupakan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Sekian penjelasan mengenai apa hubungan persatuan dan keberagaman bagi bangsa Indonesia terlengkap. Persatuan dan keberagaman memiliki hubungan sebab akibat karena jika keberagaman itu ada, maka terciptanya persatuan tentu akan terbangun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.