Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya – Apa yang dimaksud diksi itu? Apa saja syarat diksi? Apa saja fungsi diksi? Sebutkan jenis jenis diksi? Secara umum penggunaan bahasa ialah untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui media komunikasi dalam kehidupan sehari hari, baik secara tulisan maupun lisan. Akan tetapi hasil tulisan dari penulis ini membutuhkan penggunaan diksi yang baik dan benar sehingga penempatannya menjadi lebih tepat dan tulisan dapat dipahami dengan mudah. Diksi atau kosakata yang digunakan secara berlebihan akan membuat pesan yang disampaikan penulis akan sulit dipahami oleh orang lain.

Dalam pembahasan terkait materi diksi ini terdapat pembahasan mengenai pengertian diksi, syarat diksi, fungsi diksi, jenis jenis diksi dan contoh diksi. Diksi mengarah pada gaya dan pemilihan kata seorang penulis yang diterapkan dalam ide atau gagasan. Diksi secara sederhana dapat diartikan sebagai pilihan kata yang selaras dan tepat untuk digunakan dalam menyampaikan gagasan sesuai dengan harapan sehingga dapat menimbulkan efek tertentu. Penempatan dan pemilihan kata yang tepat dalam kalimat akan mempengaruhi keberhasilan dari tulisan itu sendiri.

Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya
Penggunaan Diksi Pada Tulisan

Seorang penulis menggunakan kata yang berbeda dalam menuangkan gagasannya dibandingkan penulis lain. Memadukan suatu kata memang sudah menjadi kemampuan dari seorang penulis seperti kata konkret dan abstrak, kata ilmiah dan populer, kata khusus dan umum, makna denotatif dan konotatif, serta panjang pendeknya kata. Kata kata tersebut yang membuat maknanya menjadi menakjubkan meski kata katanya sedikit. Apa saja syarat diksi itu? Apa saja contoh diksi? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian diksi, fungsi diksi dan jenis jenis diksi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah diksi, terutama bagi anda yang dekat dengan dunia sastra atau literasi. Penggunaan diksi sendiri harus dilakukan dengan tepat dan benar sesuai dengan tempatnya sehingga para pembaca lebih mudah memahami maksud bacaan tersebut. Hal ini disebabkan banyak orang yang sulit memahami pesan yang disampaikan karena penggunaan kosakata yang berlebihan. 

Dalam dunia kepenulisan tentunya terdapat hal penting yang berhubungan dengan penggunaan diksi ini. Biasanya pemilihan diksi tersebut banyak digunakan dalam karya tulis seperti novel, puisi, laporan, karya ilmiah dan sebagainya. Lantas apa pengertian diksi itu? Apa saja fungsi diksi? Apa saja jenis jenis diksi? Secara umum diksi mengarah pada gaya dan pemilihan kata seorang penulis dalam menerapkan ide dan gagasan tertentu.

Secara sederhana, diksi merupakan pilihan kata yang selaras dan tepat yang biasa digunakan dalam pengungkapan gagasan untuk memperoleh efek tertentu sesuai dengan harapan. Materi diksi ini tentunya dapat dipelajari dengan mudah, bahkan ketika dibangku sekolahpun para siswa telah diajarkan tentang materi tersebut. Meski begitu masih adapula beberapa orang yang tidak paham dengan apa itu diksi.

Pengertian Diksi

Apa yang dimaksud diksi itu? Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata yang selaras dan tepat untuk digunakan dalam menyampaikan cerita atau gagasan untuk memperoleh efek sesuai harapan seperti ungkapan, gaya bahasa, pilihan kata dan sebagainya. Jika kosa kata yang digunakan terbatas maka maksud yang akan disampaikan oleh seseorang menjadi lebih sulit dipahami orang lain. Akan tetapi jika kosa kata yang digunakan berlebihan, maka pesan yang disampaikan juga akan lebih sulit dipahami orang lain.

Baca juga : Contoh Kalimat Subjek Predikat Objek (SPO) yang Baik dan Benar

Definisi diksi sendiri tidak hanya secara umum saja, namun adapula pengertian diksi menurut para ahli. Di bawah ini terdapat beberapa arti diksi menurut para ahli yaitu diantaranya:

Harimurti

Diksi menurut Harimurti dapat diartikan sebagai kejelasan lafal dan pilihan kata yang digunakan untuk mendapatkan efek tertentu dalam mengarang atau berbicara di depan umum. 

Gorys Keraf

Definisi diksi menurut Gorys Keraf ialah pilihan kata yang berguna dalam penyampaian kata, gagasan dan ungkapan secara tepat sesuai dengan situasinya. 

Susilo Mansurudin

Pengertian diksi menurut Susilo Mansurudin ialah pilihan kata. Untuk itu diksi digunakan untuk membantu menilai sebuah kata secara cermat, benar dan tepat. Dengan begitu kesalahan dalam penafsiran yang berbeda dapat dicegah.

Widyamartaya

Diksi menurut Widyamartaya dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk membedakan nuansa makna dalam penyampaian gagasan secara tepat. Selain itu diksi ini juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh pembaca/pendengar dan kelompok masyarakat sesuai dengan nilai rasa dan kehendak berdasarkan situasinya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Definisi diksi menurut KBBI ialah pemilihan kata yang mempunyai makna selaras dan tepat atau digunakan untuk menyampaikan gagasan dengan kecocokan dari pokok peristiwa, pilihan kata bagi pendengar atau pembaca serta pokok pembicaraan.

Fungsi Diksi

Setelah menjelaskan tentang pengertian diksi, selanjutnya saya akan membahas tentang fungsi pada diksi. Diksi berdasarkan pengertiannya diatas lebih mengarah pada cara penyampaian dan pemilihan kata secara tepat agar maksud yang disampaikan dapat dimengerti orang lain. Dengan kata lain diksi berfungsi untuk membuat sebuah kalimat menjadi lebih indah. Contohnya menyampaikan cerita secara runut menggunakan diksi, mendeskripsikan latar dan waktu, menjelaskan tokoh tokoh dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Kalimat Imperatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Selain itu adapula fungsi diksi lainnya. Adapun beberapa fungsi lain dari diksi yaitu meliputi:

  • Membantu pembaca atau audiens memahami apa yang diungkapkan pembicara atau penulis.
  • Menghasilkan kegiatan komunikasi yang efisien dan efektif.
  • Mengungkapkan ide atau gagasan secara tepat.
  • Sebagai lambang ekspresi sebuah gagasan.

Jenis Jenis Diksi

Selain pengertian diksi dan fungsi diksi di atas. Adapula macam macam diksi yang akan saya bagikan. Diksi secara umum dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan leksikal dan maknanya. Adapun jenis jenis dari diksi itu sendiri yaitu meliputi:

Berdasarkan Maknanya

Jenis jenis diksi berdasarkan maknanya dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti:

  • Makna denotatif yaitu makna sebenarnya dari sebuah kalimat atau kata.
  • Makna konotatif yaitu makna bukan sebenarnya dari sebuah kalimat atau kata.

Berdasarkan Leksikal

Macam macam diksi berdasarkan leksikal dapat dikategorikan menjadi beberapa kateori yaitu diantaranya:

  • Sinonim ialah kata dengan arti yang sama pada kata lainnya.
  • Antonim ialah kata dengan arti berlawanan pada kata lainnya.
  • Homonim ialah kata yang ejaan dan lafalnya sama tetapi berbeda arti dengan kata lainnya.
  • Homofon ialah kata yang lafalnya sama tetapi makna dan ejaan di dalamnya berbeda satu sama lain.
  • Homograf ialah kata yang ejaannya sama tetapi arti dan lafalnya berbeda.
  • Polisemi ialah kata yang mempunyai arti lebih dari satu.
  • Hiponim ialah kata yang bisa terwakili dari kata hipernim.
  • Hipernim ialah kata yang digunakan untuk mewakili banyak kata lain.

Syarat Diksi

Setelah menjelaskan tentang pengertian diksi, fungsi diksi dan jenis jenis diksi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang persyaratan dalam ketepatan diksi berdasarkan Gorys Keraf yaitu meliputi:

  • Kata denotasi dan konotasi digunakan secara cermat.
  • Kata sinonim atau maknanya yang hampir sama digunakan secara cermat.
  • Dapat membedakan kata kata dengan ejaan yang hampir sama.
  • Kata kerja digunakan secara idiomatis pada kata depan.
  • Ketepatan diksi dapat terjadi apabila kata umum dan khususnya dapat dibedakan dalam pidato atau tulisan. 
  • Memperhatikan pemilihan kata dalam pidato atau tulisan secara berkelanjutan dan tepat.

Sekian penjelasan mengenai pengertian diksi, fungsi diksi dan jenis jenis diksi. Diksi merupakan pilihan kata yang selaras dan tepat untuk digunakan dalam menyampaikan cerita atau gagasan untuk memperoleh efek sesuai harapan seperti ungkapan, gaya bahasa, pilihan kata dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu