Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD

Diposting pada

Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD – Ketika di bangku sekolah kelas 1 SD terdapat pembahasan mengenai materi konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di semester 2 kelas 1 SD ini berisi beberapa materi pelajaran. Salah satunya ialah materi penjumlahan dan pengurangan. Bagaimana konsep pengurangan kelas 1 SD itu? Konsep penjumlahan kelas 1 SD tersebut berisi beberapa hal yang dibahas, baik dari segi cara melakukan maupun contoh soalnya. 

Ketika masuk di semester baru, tentunya para siswa akan diberikan pelajaran yang baru pula. Para siswa diharapkan dapat memahami poin poin penting yang diajarkan seperti konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD tersebut. Sesuai dengan kurikulum 2013 dijelaskan bahwa kisi kisi materi pelajaran Matematika di kelas 1 SD semester 2 memuat materi konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan. Bagaimana konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan kelas 1 SD itu? 

Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan

Dalam materi penjumlahan terdapat beberapa pembahasan seperi penjumlahan bilangan bulat, penjumlahan bilangan desimal, penjumlahan bilangan cacah dan penjumlahan bilangan pecahan. Materi ini juga diajarkan dalam konsep pengurangan. Apa yang dimaksud penjumlahan itu? Apa yang dimaksud pengurangan itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD

Seperti yang kita tahu bahwa penjumlahan dan pengurangan merupakan contoh operasi bilangan yang biasanya disandingkan dengan perkalian maupun pembagian. Meski tergolong dasar, namun jika tidak teliti dalam mengerjakan penjumlahan ataupun pengurangan, maka akan salah menjawab soalnya. Bagaimana cara melakukan penjumlahan dan pegurangan itu?

Sebelum memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan kelas 1 SD tersebut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian penjumlahan dan pengurangan. Penjumlahan dapat diartikan sebagai operasi aritmatika dasar berisi penjumlahan dua bilangan atau lebih menjadi bilangan baru. Sedangkan penguragan dapat diartikan sebagai operasi aritmatika dasar yang berisi pengurangan dua bilangan atau lebih menjadi bilangan baru.

Baca juga : Contoh Soal Jajar Genjang, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Dalam konsep penjumlahan dan pengurangan tentunya terdapat angka dan bilangan di dalamnya. Apa perbedaan angka dan bilangan? Angka ialah sebuah lambang atau tanda yang berguna untuk melambangkan sebuah bilangan. Angka tersebut dapat dinamakan dengan digit. Angka dengan bilangan memang tidak sama, namun bilangan berasal dari angka angka. Misalnya bilangan dua puluh tiga yang dapat ditulis “23”, dimana bilangan ini terdiri dari dua angka. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD yaitu meliputi:

Penjumlahan Bilangan

Dalam konsep penjumlahan bilangan tentunya terdapat beberapa poin penting. Penjumlahan dua bilangan tersebut berisi poin tentang penjumlahan dua bilangan puluhan, dua bilangan ratusan maupun dua bilangan satuan. Adapun contoh penjumlahan dua bilangan yaitu 12 + 8 = 20. Dalam penjumlahan ini terdapat bilangan pertama yaitu 12 dan bilangan kedua yaitu 8. Kemudian adapula hasil penjumlahan tersebut yang berupa 20. 

Dalam penjumlahan terdapat teknik yang digunakan. Teknik tersebut digunakan untuk menjumlahkan angka puluhan dengan angka puluhan, angka ratusan dengan angka ratusan yang hasilnya tidak lebih dari angka 9 serta angka satuan dengan angka satuan. Penjumlahan dua bilangan dapat dilakukan dengan teknik menyimpan maupun tanpa teknik menyimpan. Misalnya 2 + 6 = 8 (tanpa teknik menyimpan), 17 + 25 = 42 (teknik menyimpan). Untuk teknik menyimpan biasanya angka didalamnya lebih dari 9, sedangkan untuk teknik tanpa menyimpan memiliki angka yang tidak lebih dari 9.

Baca juga : Contoh Soal Garis dan Sudut Beserta Jawabannya Terlengkap 

Pengurangan Bilangan

Dalam konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD juga terdapat pembahasan mengenai materi pengurangan bilangan. Dalam materi tersebut terdapat poin penting yang perlu dipahami. Poin tersebut yaitu hasil pengurangan bilangan asli yang positif akan berupa bilangan positif juga. Maka dari itu bilangan yang akan dikurangkan harus memiliki nilah lebih besar dibandingkan bilangan yang mengurangi.

Kita dapat melihat contoh pengurangan bilangan yaitu 9 – 2 = 7. Dalam pengurangan tersebut terdapat bilangan positif yang berjumlah lebih dari 2 yaitu 9. Selain itu 9 juga dapat disebut sebagai angka yang akan dikurangi. Adapula angka yang mengurangi yaitu 2 serta hasil pengurangan berupa 7.

Contoh Soal Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD

Setelah para siswa menguasai poin poin penting dalam konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD di atas. Selanjutnya saya akan membagikan evaluasi materi tersebut dalam bentuk soal soal. Selain itu permasalahan Matematika juga harus dapat dianalisa oleh para siswa walaupun bentuk soalnya cerita. Di bawah ini terdapat contoh soal dalam konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan kelas 1 SD yaitu meliputi:

1. Ana mempunyai 6 buah apel, sedangkan apel yang dimiliki Lita berjumlah 11 buah. Tentukan jumlah apel yang dimiliki Ana dan Lita?

Pembahasan.
Ana = 6 buah
Lita = 11 buah
Jumlah apel = 6 + 11 = 17 buah
Jadi jumlah apel yang dimiliki Ana dan Lita ialah 17 buah.

2. Riko memiliki kelereng yang berjumlah 18 buah. Kereng tersebut kemudian diberikan kepada adiknya sebanyak 5 buah. Tentukan banyaknya sisa kelereng yang dimiliki Riko?

Pembahasan.
Banyak kelereng = 18 – 5 = 13 buah
Jadi banyak sisa kelereng yang dimiliki Riko ialah 13 buah.

Demikianlah penjelasan mengenai konsep penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SD. Penjumlahan dan pengurangan dapat terjadi pada bilangan bulat, bilangan desimal, bilangan cacah dan bilangan pecahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal