Contoh Gerak Fotonasti Pada Tumbuhan dan Pengertiannya

Diposting pada

Contoh Gerak Fotonasti Pada Tumbuhan dan Pengertiannya – Seluruh hidup tumbuhan mayoritas akan dihabiskan pada satu tempat saja. Hal ini dikarenakan akar akar tumbuhan tersebut tertancap di dalam tanah tempat mereka tumbuh dan bertahan hidup. Namun apakah anda pernah melihat gerak tumbuhan fotonasti? Jenis gerakan tumbuhan ini terjadi karena beberapa macam tumbuhan melakukan tanggapan terhadap kondisi lingkungan disekitarnya.

Apa pengertian gerak fotonasti pada tumbuhan? Apa saja contoh gerak fotonasti pada tumbuhan? Contoh tumbuhan fotonasti ini dapat kita jumpai disekeliling rumah. Namun banyak orang tidak sadar bahwa gerakan tumbuhan yang dilakukan tersebut merupakan proses terjadinya gerak fotonasti. Pada dasarnya tumbuhan memang dapat melakukan gerakan seperti halnya hewan dan manusia. Gerakan tumbuhan ini merupakan bentuk tanggapan atas rangsangan yang diterimanya.

Contoh Gerak Fotonasti Pada Tumbuhan
Contoh Tanaman yang Melakukan Gerak Fotonasti

Tumbuhan melakukan gerakan yang terbatas pada bagian tertentu saja seperti gerakan pada daun, akar, tunas, ataupun batang. Contoh gerak tumbuhan ini dinamakan dengan gerak nasti. Salah satu jenis gerak nasti yang akan kita bahas adalah gerak fotonasti. Apa itu gerak fotonasti? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh gerak fotonasti pada tumbuhan dan pengertian gerak fotonasti pada tumbuhan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Gerak Fotonasti Pada Tumbuhan dan Pengertiannya

Gerak fotonasti merupakan fenomena refleksi tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan dari luar. Namun datangnya rangsangan ini tidak mempengaruhi arahnya sama sekali. Gerak ini dapat terjadi karena adanya tekanan air dinding sel yang berubah pada bagian tulang daunnya.

Pada dasarnya rangsangan dari luar yang mempengaruhi gerak fotonasti dapat berbentuk suhu, kondisi gelap, singgungan atau sentuhan, cahaya, dan bahan kimia. Organ yang melakukan pembengkokan ke atas dinamakan hiponasti, sedangkan organ yang melakukan pembengkokan ke bawah dinamakan epinasti. Daun tumbuhan pada umumnya dapat melakukan gerak nasti karena adanya pulvinus di anak daun, pangkal daun, ataupun helai daun. Namun terjadinya gerak fotonasti terdapat pada bagian daun yang tidak mempunyai pulvinus. Sebenarnya apa pengertian gerak fotonasti tumbuhan itu? Apa saja contoh gerak fotonasti pada tumbuhan?

Rangsangan contoh tumbuhan nasti menurut jenisnya dapat diklasifikasikan menjadi 6 kelompok. Jenis jenis gerak nasti ini dapat berupa gerak tigmonasti, gerak tesmonasti, gerak fotonasti, gerak nasti kompleks, gerak kemonasti, dan gerak niktinasti. Ketika di bangku sekolah materi gerakan tumbuhan ini bahkan telah dipelajari secara detail. Namun ada beberapa siswa yang belum memahami apa saja contoh gerakan tumbuhan tersebut.

Baca juga : Fungsi Jaringan Palisade Pada Daun dan Tumbuhan Lengkap

Baca Juga  Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata dan Invertebrata Lengkap

Tidak semua siswa memiliki kemampuan menghafal yang sama dengan cakupan pembahasan yang berbeda beda. Materi gerak fotonasti ini sebenarnya dapat dipelajari dengan mudah, karena di dalamnya hanya terdapat pembahasan apa itu gerak fotonasti dan contoh gerak fotonasti pada tumbuhan saja. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai contoh tumbuhan fotonasti dan pengertiannya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Gerak Fotonasti

Dalam kehidupan sehari hari pada umumnya kita dapat mengamati tumbuhan yang melakukan gerak fotonasti ini. Tetapi konsep gerak nasti ini tidak banyak disadari oleh kebanyakan siswa. Maka dari itu saya akan menjelaskan apa yang dimaksud gerak fotonasti terlebih dahulu. Gerak fotonasti adalah gerakan tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan dari luar, tetapi arahnya tidak dipengaruhi oleh rangsangan yang datang itu. Gerak secara umum dapat diartikan sebagai reaksi rangsangan yang disebabkan oleh adanya cahaya.

Dalam sel sel pulvinus tumbuhan pada umumnya terdapat mekanisme fotonasti yang dijelaskan dalam bentuk distribusi hormonnya. Penemuan auksin pada daerah atas pulvinus memang jumlahnya lebih besar karena terbukanya daun dan bombastisnya struktur sel dalam tumbuhan. Jika gerak fotonasti terjadi, maka redistribusi auksin akan dibatalkan pada malam hari demi menurunkan sisi melalui perubahan turgour yang menyebabkan lipatan.

Baca juga : Pengertian Spora, Jenis Jenis dan Contoh Tumbuhan Spora

Contoh Gerak Fotonasti

Selain pengertian gerak fotonasti di atas, adapula contoh tumbuhan fotonasti yang akan saya bagikan. Materi gerak nasti ini dapat anda temukan dalam buku pedoman ataupun di internet. Di bawah ini terdapat beberapa contoh tumbuhan yang melakukan gerak fotonasti yaitu meliputi:

  • Bunga (Mirabilis jalapa) yang bergerak mekar pada pukul empat sore atau sore hari yang disebabkan karena cukupnya periode terang yang diperoleh dari cahaya matahari.
  • Bunga waru (Hibiscus tiliaceus) yang bergerak mekar.
  • Bunga kupu kupu yang bergerak mekar.
  • Bunga tulip yang bermekaran pada suhu tertentu (contoh thermonasti yaitu gerak nasti yang memperoleh rangsangan berbentuk suhu).
  • Mekarnya bunga kembang sepatu di waktu siang hari.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh gerak fotonasti pada tumbuhan dan pengertian gerak fotonasti pada tumbuhan. Contoh tumbuhan fotonasti ini dapat kita temui dikeliling rumah seperti bunga kembang sepatu dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.