Pengertian Spora, Jenis Jenis dan Contoh Tumbuhan Spora

Diposting pada

Pengertian Spora, Jenis Jenis dan Contoh Tumbuhan Spora – Beberapa tumbuhan, bakteri, alga dan jamur pada umumnya akan mempertahankan hidupnya dengan kemampuan membentuk spora. Dengan kata lain tumbuhan ini berkembang biak dengan cara spora karena sebenarnya jamur, lumut dan tumbuhan paku termasuk contoh tumbuhan tidak berbiji. Lantas apa itu spora?

Pembahasan mengenai pengertian spora, jenis jenis spora dan contoh tumbuhan spora sendiri merupakan materi pembelajaran Sains yang pernah diajarkan ketika dibangku sekolah. Materi ini berisi cara tumbuhan yang berkembang biak dengan cara spora tersebut. Spora merupakan sel reproduksi yang dapat digunakan tumbuhan untuk berkembang tanpa peleburan gamet atau fusi menjadi individu baru. Maka dari itu spora dapat dinamakan dengan agen aseksual atau reproduksi vegetatif.

Bentuk spora sendiri seringkali berwujud bulat dimana strukturnya menyerupai kapsul yang didalamnya terdapat isi dan selubung. Selubung sporangium ini disebut juga dengan sporangia yang digunakan untuk melindungi cadangan makanan dan materi genetik di dalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian spora, jenis jenis spora dan contoh tumbuhan spora. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Spora, Jenis Jenis dan Contoh Tumbuhan Spora

Seperti yang kita tahu bahwa dalam pelajaran Sains atau Biologi tentunya berisi pembahasan tentang sifat dan keadaan makhluk hidup, baik tumbuh tumbuhan, manusia maupun hewan. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang tumbuhan dan perkembangbiakannya.

Tumbuhan secara vegetatif alami dapat melakukan perkembangbiakan dengan menggunakan beberapa cara seperti spora, akar tinggal, umbi batang, membelah diri, tunas, umbi lapis dan lain lain. Salah satu jenis perkembangbiakan tumbuhan yang seringkali dipertanyakan adalah perkembangbiakan secara spora.

Spora sendiri merupakan inti sel yang fungsinya berubah menjadi alat perkembangbiakan tumbuhan. Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai pengertian spora, struktur spora, jenis jenis spora dan contoh tumbuhan spora. Berikut penjelasan selengkapnya:

Contoh Tumbuhan Spora
Contoh Tumbuhan yang Berkembangbiak Dengan Spora

Baca juga : Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya

Pengertian Spora

Apa itu spora? Spora menurut KBBI adalah alat perkembangbiakan yang terdiri dari satu atau beberapa sel pada tumbuhan rendah yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa cara. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara spora tersebut merupakan jenis tumbuhan non vaskuler seperti jamur, palu, alga dan lumut. Dalam tumbuhan paku pada umumnya spora termasuk dalam bagian penting di dalamnya karena digunakan sebagai alat perkembangbiakan dalam proses pergantian sel sel rusak menjadi jaringan sel baru (proses regenerasi).

Pembentukan spora terjadi dalam kotak spora yang dinamakan dengan sporangium. Kumpulan sporangium ini akan membentuk suatu sorus yang ada di bawah permukaan daun. Spora ini secara umum dapat dinamakan dengan tahap perkembangbiakan generatif pada tumbuhan paku.

Bentuk Spora

Bentuk spora dalam tumbuhan pada umumnya memang beraneka ragam jenisnya, tetapi bentuk spora sebagian besar berwujud bilateral atau elips, tetrahedral dan isobilateral. Spesies tumbuhan yang satu dengan spesies lainnya memiliki ukuran bentuk spora yang berbeda beda. Ukuran spora yang tergolong kecil sekitar <10 μm. Golongan spora sedang berukuran 25 – 50 μm. Sedangkan golongan spora besar berukuran 50 – 100 μm. Adapula golongan spora sangat besar sekitar 100 – 200 μm dan spora raksasa sekitar 200 μm. Lantas apakah anda tahu contoh tumbuhan spora itu?

Baca Juga  Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Jenis Jenis Spora

Setelah menjelaskan tentang pengertian spora. Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis spora dan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara spora. Spora dapat dibedakan menjadi beberapa jenis menurut cara pembentukan dan fungsinya yaitu diantaranya:

Berdasarkan Fungsinya

Di bawah ini terdapat macam macam spora berdasarkan fungsinya yaitu:

  • Diaspora adalah jenis spora yang berguna sebagai alat persebaran tumbuhan dengan pembuluh non biji. Misalnya fungsi, lumut dan sebagainya.
  • Endospora adalah spora yang mempunyai struktur dorman (berhubungan dengan perkembangan yang terhambat sementara waktu, sedangkan kondisi lingkungan dengan cahaya dan air cukup baik) yang biasanya terbentuk dalam sel.
  • Eksospora adalah spora yang berasal dari bakteri tertentu untuk alat pertahanan diri dalam keadaan cuaca ekstrim.
  • Klamidospora adalah alat untuk mempertahankan hidup, namun hanya berasal dari fungsi saja.
  • Zigospora adalah spora yang digunakan untuk alat persebaran haploid dari hasil fungi. Jenis spora ini mempunyai dinding tebal sehingga tumbuhnya mampu menjadi konidium.

Berdasarkan Pembentukannya

Di bawah ini terdapat macam macam spora berdasarkan pembentukannya yaitu:

  • Meispora adalah spora yang memiliki hasil berbentuk meiosis. Spora ini dapat menumbuhkan organisme haploid (paku air dan lumut) dari sel telur dan spermatozoid. Misalnya tanaman rane, lumut, paku cairan dan sebagainya.
  • Mitospora adalah spora yang memiliki hasil berbentuk mitosis. Setelah dewasa spora ini dapat tumbuh menjadi protalus dan bentuknya berubah menjadi protalium. Misalnya tanaman fungi dan paku pakuan.

Baca juga : 8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Struktur Spora

Selain pengertian spora, jenis jenis spora, bentuk spora dan contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara spora ini. Adapula beberapa struktur dalam spora itu sendiri. Spora secara umum memiliki beberapa struktur seperti di bawah ini:

  1. Lapisan luar (eksim) yang memiliki apertura yakni daerah yang tipis dan terbuka. Apertura ini termasuk dalam zona germinasi yang berguna sebagai organ pengatur mekanisme perubahan volume pada cairan sel.
  2. Lapisan dalam (intim) yang memiliki protein didalamnya sehingga dapat menahan aksi atau bahan kimia dan enzimatik yang masuk.
  3. Korteks yaitu struktur yang berguna untuk melindungi tumbuhan dari suhu tinggi lingkungan dan dehidrasi.
  4. Dinding yang berguna untuk melindungi inti pusat spora dari bahan kimia yang bisa membuat tumbuhan rusak.
  5. Korestasi pusat spora yang berisi komponen 40% asam dipiclonic (DPA), sedikit RNA, DNA dan sebagainya.

Contoh Tumbuhan Spora

Di bawah ini terdapat contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan spora yaitu diantaranya:

  • Jamur
  • Tumbuhan paku air
  • Tumbuhan pakis
  • Lumut
  • Tumbuhan rane
  • Suplir
  • Tumbuhan paku
  • Ganggang
  • Tanaman Azolla
  • Tanaman kiambang

Sekian penjelasan mengenai pengertian spora, jenis jenis spora dan contoh tumbuhan spora. Spora merupakan alat perkembangbiakan yang terdiri dari satu atau beberapa sel pada tumbuhan rendah yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa cara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.