Perbedaan AM dan PM Untuk Menunjukkan Waktu

Diposting pada

Perbedaan AM dan PM Untuk Menunjukkan Waktu – Apakah anda tahu perbedaan waktu AM da PM itu? Apa pengertian AM? Apa pengertian PM? Bagaimana penggunaan AM untuk menunjukkan waktu? Bagaimana penggunaan PM untuk menunjukkan waktu? Pada dasarnya format jam di berbagai negara tersebut tidak sama. Contohnya saja Indonesia menggunakan format 24 jam, sedangkan negara di benua Barat menggunakan format 12 jam seperti Eropa dan Amerika. Format 12 jam ini lebih dikenal dengan nama format AM – PM.

Penggunaan waktu AM dan PM memang sering tertukar oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan banyak yang belum mengetahui betul apa perbedaan AM dan PM untuk menunjukkan waktu tersebut. Apakah anda tahu perbedaan waktu AM dan PM itu? Waktu AM dan waktu PM dapat dibedakan berdasarkan pengertian dan penggunaannya. Lantas apa pengertian AM itu? Apa pengertian PM? Bagaimana penggunaan AM? Bagaimana penggunaan PM?

Perbedaan AM dan PM Untuk Menunjukkan Waktu
Perbedaan Waktu AM dan PM

Waktu AM dan PM merupakan jenis jenis format jam yang digunakan di beberapa negara. Penggunaan format waktu ini berlaku untuk format 12 jam saja. Maka dari itu kita tidak dapat menyamakan format waktu 24 jam dan 12 jam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan AM dan PM untuk menunjukkan waktu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan AM dan PM Untuk Menunjukkan Waktu

AM dan PM memiliki singkatannya sendiri. Singkatan AM dan PM tersebut akan memudahkan anda dalam memahami perbedaan waktu AM dan PM ini. Perbedaan antara AM dan PM tersebut mencakup beberapa pembahasan di dalamnya yaitu mulai dari pengertian maupun penggunaan di dalamnya.

AM dalam Bahasa Inggris maknanya Before Midday atau dinamakan dengan waku sebelum tengah hari. Waktu ini dimulai dari jam 00.00 sampai 11.59. Maka dari itu AM termasuk dalam jenis waktu dari tengah malam sampai siang hari. Kemudian adapula PM yang dimulai dari waktu siang hari sampai tengah malam atau 12 jam. AM dan PM tersebut sebenarnya berasal dari Bahasa Latin, dimana AM bermakna sebelum noon atau Ante Meridiem dan PM bermakna setelah siang atau Post Meridiem.

Baca juga : Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya

Dari penjelasan sedikit tentang AM dan PM tersebut, apakah anda sudah paham mengenai pengertian AM dan pengertian PM itu? Lantas bagaimana penggunaan AM itu? Bagaimana penggunaan PM itu? Di bawah ini terdapat perbedaan AM dan PM untuk menunjukkan waktu yaitu sebagai berikut:

Pengertian AM dan PM

Menurut Bahasa Latin, AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem. Dalam Bahasa Inggris, AM berarti Before Midday yang artinya sebelum tengah hari. Kemudian menurut bahasa Latin, PM singkatan dari Post Meridiem. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, PM berarti After Midday yang maknanya setelah jam 12 siang. Waktu Am dan PM ini dapat ditulis dalam berbagai bentuk. Bentuk bentuk penulisan AM dan PM tersebut yaitu meliputi:

  • AM – PM
  • am – pm
  • a.m. – p.m.
  • A.M. – P.M.

Format jam am – pm yang digunakan oleh beberapa negara tersebut menggunakan konsep waktu hanya 12 jam. Maka dari itu waktu yang mereka tulis hanya mengenal angka 1 hingga 12 dan disertai dengan am ataupun pm. Contohnya penulisan waktu di Indonesia yaitu pukul 07.00 dan 19.00, sedangkan di negara lain menuliskan waktu tersebut dalam format 7 AM dan 7 PM.

Baca juga : Pengertian Politik Isolasi Beserta Dampaknya

Penggunaan AM dan PM

Perbedaan AM dan PM tersebut tidak hanya memuat pengertian AM dan pengertian PM saja. Tetapi adapula pembahasan mengenai penggunaan wakti AM dan penggunaan PM. Kita dapat menggunakan waktu AM pada pukul 00.00 (tengah malam) hingga pukul 11.59 (siang). Kemudian untuk waktu PM digunakan dari pukul 12.00 (siang) hingga 23.59 (tengah malam).

Format waktu 12 jam ini dapat diaplikasikan dalam contoh seperti di bawah ini:

  • Jam 12.00 AM maksudnya jam 12 malam tepat atau jam 24.00 dalam format 24 jam.
  • Jam 02.00 AM maksudnya jam 2 dini hari.
  • Jam 09.00 AM maksudnya jam 9 pagi.
  • Jam 02.00 PM maksudnya jam 2 siang.
  • Jam 10.00 PM maksudnya jam 10 malam.

Negara yang Menggunakan Format 12 Jam

Setelah menjelaskan perbedaan AM dan PM dalam bentuk pengertian AM, pengertian PM, penggunaan AM dan penggunaan PM di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang negara mana saja yang menggunakan format 12 jam. Format 12 jam pada dasarnya tidak digunakan oleh semua negara di luar Indonesia. Hal ini dikarenakan format 12 jam tersebut hanya digunakan oleh beberapa negara saja. 

Format 12 jam biasanya digunakan oleh negara Kanada (kecuali Quebec), New Zealand, Amerika Serikat, Filipina dan Australia. 

Sekian penjelasan mengenai perbedaan AM dan PM untuk menunjukkan waktu. Perbedaan waktu AM dan PM dapat dilihat dari segi pengertian dan penggunaan di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Sejarah, Latar Belakang dan Tujuan Berdirinya ASEAN