Sikap Kritis Terhadap Perubahan Sosial Budaya Terlengkap

Diposting pada

Sikap Kritis Terhadap Perubahan Sosial Budaya Terlengkap – Perubahan sosial budaya dalam masyarakat pada dasarnya telah dipelajari oleh setiap orang melalui gerakan terjadinya perubahan tersebut. Maka dari itu akan mengakibatkan adanya beberapa faktor penghambat. Setelah faktor tersebut ditinggalkan, maka gerakan perubahan akan cenderung merujuk pada sebuah bentuk yang terdapat dimasa lampau.

Inilah yang menjadi contoh perubahan sosial budaya yang perlu diterima dengan sikap kritis. Lantas bagaimana bentuk sikap kritis terhadap perubahan itu? Pada dasarnya setiap orang memiliki sikap berbeda sesuai dengan pandangannya masing-masing.

Sikap Kritis Terhadap Dampak Perubahan Sosial Budaya
Sikap Kritis Terhadap Dampak Perubahan Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia melakukan beberapa upaya untuk memperbarui pendidikan, sistem militer, ekonomi dan pemerintahan. Usaha tersebut bertujuan untuk memunculkan kembali kepribadian masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan contoh kegiatan dalam masyarakat yang berlangsung dari dua arah dengan persamaan waktu.

Perubahan sosial budaya yang berpengaruh terhadap masyarakat dapat disikapi dengan beberapa metode secara moderat, konservatif dan progresif. Hal hal tersebut merupakan bentuk sikap kritis perubahan sosial budaya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sikap Kritis Terhadap Perubahan Sosial Budaya Terlengkap

Berubahnya kebiasaan masyarakat menjadi suatu fenomena yang kini sudah dianggap biasa.  Perubahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dan sedikit banyak pasti akan mempengaruhi kebiasaan sehari-hari. Hal inilah yang perlu mendapat sorotan karena tak semua perubahan yang terjadi di bidang sosial budaya menuju ke arah lebih baik.

Materi yang sedikit banyak membahas faktor perubahan sosial budaya memang sudah mulai diajarkan pada siswa saat menginjak bangku SMA. Cakupan pembahasan yang tak begitu luas harusnya membuat kita bisa menguasainya dengan mudah. Selain bersumber dari penjelasan guru, siswa pun bisa belajar secara mandiri karena materinya telah terangkum dalam buku pedoman.

Tapi fakta berkata lain, masih ada beberapa orang yang kesulitan ketika diminta menjelaskan sikap kritits terhadap perbuahan sosial budaya. APakah kalian salah satunya? jika iya, maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Baca juga : Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa sikap kritis perubahan sosial budaya dapat berbentuk konservatif, progresif, dan moderat. Selain itu masih ada beberapa sikap kritis lainnya terhadap dampak perubahan sosial budaya.

Konservatif

Sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya yang pertama dapat berbentuk konservatif. Konservatif merupakan sikap yang digunakan untuk mempertahankan tradisi, keadaan dan kebiasaan dalam masyarakatt yang berlaku.

Sikap konservatif dalam diri seseorang tersebut dapat timbul karena disesuaikan dengan perubahan sosial budayanya. Dengan begitu pola lama dapat dipertahankan dengan upaya dijadikan sebuah tradisi sehingga sikap masa bodoh dan kerusakan bisa dihindari setelah pembaharuan dan perubahan telah datang.

Progresif

Sikap kritis perubahan sosial budaya selanjutnya dapat berbentuk progresif. Sikap progresif ini timbul karena dalam diri manusia terdapat hasrat untuk mengganti tradisi lama menjadi tradisi baru. Seseorang yang mempunyai sikap progresif akan memiliki pemikiran yang future oriented atau berorientasi kepada masa depan karena berhubungan dengan perubahan dan dinamika dalam masyarakat. Seseorang yang bersikap seperti ini pada dasarnya dapat menempatkan diri terhadap perubahan.

Moderat

Sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya selanjutnya dapat berbentuk moderat. Seseorang yang memiliki sikap moderat pada dasarnya akan menjauhi ungkapan atau perilaku ekstrim, memiliki pandangan yang memberikan pertimbangan kepada keperluan orang lain, dan cenderung merujuk pada jalan tengah.

Dengan kata lain moderat merupakan sifat yang mendahulukan hal baru dibandingkan sebuah tradisi, khususnya ilmu pengetahuan positif yang diterapkan. Maka dari itu sikap modernisasi dapat dijadikan sebagai sebuah pikiran yang berguna untuk mengharmonisasikan antara ilmu pengetahuan dengan lembaga lama.

Hal hal di atas merupakan sikap kritis perubahan sosial budaya. Perubahan sosial budaya yang terjadi di era modern sekarang ini harus dapat diatasi dan disesuaikan dengan diri kita melalui sikap kritis yang perlu ditumbuhkan. Maka dari itu dampak perubahan sosial di dalam masyarakat dapat dicegah melalui beberapa metode penanggulangan. Adapun cara menanggulangi dampak perubahan sosial yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan

  1. Sumber daya manusia lebih ditingkatkan.
  2. Kesadaran nasioal atau Nasionalismenya lebih diperkuat.
  3. Memegang teguh norma norma sosial dalam masyarakat yang berlaku.
  4. Nilai nilai budaya bangsa lebih dijunjung tinggi.

Cara Menyikapi Perubahan Sosial dan Budaya

Perubahan sosial budaya dalam masyarakat dapat terjadi karena dorongan interaksi antar sesama yang saling membutuhkan. Jika kebutuhan tersebut disadari maka akan terjadi penyesuaian diri di dalam individu terhadap munculnya berbagai keberagaman di masyarakat.

Namun perubahan tersebut akan memberikan hasil berupa konflik jika kalian tak memiliki sikap adaptasi. Maka dari itu, guru selalu memberi penekanan bagaimana cara memberi sikap terhadap perubahan sosial budaya. Jika kalian belum mengetahuinya, maka simaklah penjelasan di bawah:

Identifikasi Perubahan yang Terjadi

Identifikasi perubahan yang terjadi dapat digunakan sebagai bentuk sikap kritis perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa komunikasi yang timbul sangat dipengaruhi oleh interaksi antar individunya. Hal ini tentunya menyebabkan gagasan di masyarakat akan menyebar ke masyarakat lainnya, baik secara kelompok ataupun individual. Sebuah gagasan tersebut akan bermanfaat atau tidak jika dilakukan sebuah identifikasi. Langkah ini termasuk cara awal dalam menyikapi terjadinya perubahan itu.

Selektif  dalam Memilih

Sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya selanjutnya juga dapat dilakukan dengan metode selektif dalam memilih. Di era modern sekarang ini banyak sekali jenis jenis perubahan yang terjadi. Untuk itu kita harus lebih selektif memilihnya sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan. Kita tidak boleh memaksakan diri karena hanya ingin mengikuti mode trend atau perkembangan zaman saja sehingga perubahan tersebut dilakukan meskipun kita harus melakukan sesuatu hal yang tidak cocok atau tidak perlu untuk diri kita sendiri.

Berpikir Logis dan Rasional dalam Menentukan Perubahan

Sikap kritis perubahan sosial budaya selanjutnya juga dapat dilakukan dengan berpikir logis serta rasional dalam menentukan sebuah perubahan. Hendaknya kita melakukan perubahan dengan berdasar pada pikiran yang logis dan rasional. Dengan kata lain perubahan dilakukan sesuai dengan kemampuan kita, baik dari segi mental ataupun sikap. Arti logis disini maksudnya ialah keharusan kita untuk melakukan perubahan tersebut, namun harus disesuaikan juga dengan kenyataan kita sekarang ini.

Partisipasi dalam Perubahan

Partisipasi dalam perubahan juga tergolong sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya. Apabila kita menganggap penting sebuah perubahan dalam masyarakat, maka perubahan tersebut akan dilakukan meskipun kita tidak mau sekalipun. Hal ini dikarenakan kita sebagai manusia dapat bertahan hidup secara terus menerus kaena sebuah kebudayaan dan kondisi yang tetap.

Namun nilai nilai yang telah tersedia harus tetap ada dan tidak boleh hilang meski melakukan perubahan tersebut. Pengadopsian perubahan baru ini harus dapat membuat nilai nilai yang tersedia menjadi lebih kaya sehingga kualitas nilai nilai dalam masyarakat akan lebih meningkat.

Toleran Terhadap Perubahan

Sikap kritis perubahan sosial budaya selanjutnya juga dapat dilakukan dengan bersikap toleran terhadap perubahan. Dalam masyarakat memang terdapat perubahan sosial budaya yang tidak semua dapat diterima oleh anggotanya dengan positif. Terkadang perubahan tersebut kurang disetujui dan kurang disenangi oleh beberapa anggota.

Maka dari itu kita harus memiliki sikap toleransi terhadap perubahan karena setiap orang memiliki sikap dan prioritas yang berbeda beda. Dengan sikap inilah para anggota yang memiliki kepentingan berbeda akan lebih menghormati kewajiban dan hak masing masing anggota masyarakat. Selain tu juga menghindarkan pertentangan dan konflik antar anggota meskipun perubahan sosial budaya telah terjadi.

Sekian penjelasan mengenai sikap kritis terhadap perubahan sosial budaya terlengkap. Pada umumnya sikap kritis terhadap dampak perubahan sosial budaya dapat berbentuk konservatif, progresif, dan moderat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.