Contoh Cerita Sejarah Pribadi Beserta Strukturnya

Diposting pada

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Beserta Strukturnya – Seperti yang kita tahu bahwa sejarah adalah sebuah peristiwa yang tidak akan pernah dilupakan meskipun waktu terus berputar. Masing masing manusia tentunya mempunyai sejarah hidupnya sendiri sampai dapat menggapai titik seperti sekarang ini. Maka dari itu ketika di bangku sekolah, kita pernah diajarkan mengenai materi teks cerita sejarah yang berisi pengalaman pribadi maupun sejarah peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia.

Secara umum teks cerita sejarah bertujuan untuk membuat kita selalu teringat perjuangan di masa lampau sehingga cukup penting untuk dipelajari. Teks cerita ini memiliki beberapa ciri ciri dan karakteristiknya sendiri sehingga dapat dibedakan dengan jenis teks lainnya seperti disajikan secara kronologis menurut urutan kejadian dan urutan peristiwa, teksnya berbentuk recount atau cerita ulang, isinya adalah fakta yang sesungguhnya, menggunakan konjungsi temporal, dan sebagainya. Apa saja struktur cerita sejarah pribadi itu? Bagaimana bentuk contoh cerita sejarah pribadi?

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Beserta Strukturnya
Teks Cerita Sejarah Pribadi

Teks cerita sejarah memang didasarkan pada kenyataan yang terjadi dimasa lalu. Teks ini bukan hanya sekedar cerita saja di dalamnya. Namun memiliki maknanya sendiri sebagai pengingat sesuatu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh cerita sejarah pribadi beserta struktur cerita sejarah pribadi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi Beserta Strukturnya

Apa itu teks cerita sejarah? Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan sebuah kejadian, kisah hidup manusia, dan fakta yang diolah berdasarkan latar belakang sejarahnya. Biasanya teks ini ditulis untuk menyebutkan tokoh dan menggunakan kata lampau di dalamnya. Teks cerita sejarah ini juga mengandung kata kerja, menunjukkan latar, dan kata katanya dapat mendeskripsikan tokoh di dalamnya.

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa teks cerita sejarah ini memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Adapun ciri ciri teks cerita sejarah secara rinci tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Teksnya berbentuk cerita ulang atau recount.
  • Di dalamnya terdapat penggunaan konjungsi temporal.
  • Berisi sebuah fakta.
  • Penyajiannya dilakukan dengan kronologis.

Baca juga : Contoh Konjungsi Penerang Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Agar anda lebih paham apa itu teks cerita sejarah, maka terdapat beberapa hal yang akan saya bahas seperti struktur cerita sejarah pribadi dan contoh cerita sejarah pribadi. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:

Struktur Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah memiliki beberapa struktur seperti di bawah ini:

  • Orientasi adalah bagian pembuka atau pengenalan dalam teks cerita sejarah.
  • Urutan peristiwa adalah rekaman peristiwa sejarah yang telah terjadi. Pada umumnya bagian ini dijelaskan secara kronologis.
  • Reorientasi adalah bagian yang berisi komentar penulis secara pribadi yang berhubungan dengan cerita peristiwa sejarah. Teks cerita sejarah ini termasuk bagian yang opsional.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi

Seperti yang kita tahu bahwa teks cerita sejarah pribadi berisi fakta fakta atau peristiwa yang terdapat dalam kehidupan masa kecil seseorang sampai sekarang ini sehingga penulisannya dilakukan sendiri oleh orang yang mengalaminya. Selain penjelasan struktur cerita sejarah pribadi di atas, adapula beberapa contoh teks cerita sejarah pribadi yang akan saya bagikan. Berikut contoh teksnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Baca Juga  Teks Anekdot: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi 1

Aku lahir di Surakarta pada tanggal 20 Mei 1996. Namun sekarang ini aku tinggal di Yogyakarta dan menjadi salah satu siswa di SMA Bakti 21 kelas X, Jurusan IPA. Aku mempunyai hobi hobi yang berhubungan dengan olahraga terutama olahraga Voli dan tumbuh tumbuhan. Bagiku kesehatan dan tumbuhan adalah dua hal penting yang berhubungan satu sama lain.

Aku pernah tinggal di dekat sungai Bengawan Solo semasa kecil. Setiap musim hujan lebat pasti rumahku akan kebanjiran air luapan sungai tersebut. Kemudian aku bersama keluargaku akan mengungsi ke tempat pengungsian sementara hingga banjirnya mereda. Hal ini akan berulang terus dari tahun ke tahun seperti tidak ada pemecahan di dalamnya. Aku mulai sadar ketika tahun pertama di SMA bahwa masalah banjir sebenarnya bukan hanya sekedar tanggung jawab pemerintah saja.

Masalah tersebut juga harus diatasi oleh masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan tidak lagi membuang sampah ke sungai dan terus membuang sampah pada tempatnya. Sejak saat itu aku mulai bergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini melakukan gerakan sosialisasi setiap minggu dengan maksud menjunjung tinggi pola hidup sehat dan mencegah terjadinya banjir. Kadang kita tidak lupa juga mengadakan bakti sosial di masing masing kelurahan yang dikunjungi.

Sekarang ini aku lebih merasa bermanfaat untuk orang lain. Ternyata dengan berbagi tersebut, kita menjadi lebih tahu dan membuat orang lain juga menjadi lebih tahu.

Contoh Cerita Sejarah Pribadi 2

Namaku Dino, sekarang umurku sekitar 16 tahun. Sejak kecil aku memiliki cita cita menjadi pemain sepak bola yang hebat sampai membawa nama baik Indonesia di pentas dunia. Selain itu aku juga ingin sekali membuat orang tuaku, negaraku dan teman temanku bangga. Ketika usiaku menginjak 7 tahun, kakek membelikanku hadiah berbentuk bola karena aku memperoleh rangking 1 di Sekolah Dasar kelas 1.

Kakekku juga jago sekali bermain sepak bola sampai mengajariku bagaimana cara bermain sepak bola yang baik dan benar. Kakek juga menemaniku bermain setiap libur sekolah. Ketika usiaku menginjak 13 tahun, aku terpilih sebagai salah satu wakil sekolah untuk mengikuti kejuraan sepak bola antar sekolah dasar di Kecamatan Ambon. Inilah pertama kalinya aku mengikuti kejuaraan resmi.

Dalam kejuaraan tersebut bahkan aku berhasil masuk ke babak final meskipun aku harus menjadi juara 2 dan kalah pada babak tersebut. Meski begitu pertandingan ini akan selalu terkenang dan menjadi pengalaman berharga. Sekarang ini aku bergabung dalam salah satu sekolah sepak bola di kotaku. Aku berharap semakin lama kemampuanku semakin meningkat agar aku dapat mewujudkan mimpi yang aku idamkan.

Sekian penjelasan mengenai contoh cerita sejarah pribadi beserta struktur cerita sejarah pribadi. Teks cerita sejarah merupakan teks yang menjelaskan sebuah kejadian, kisah hidup manusia, dan fakta yang diolah berdasarkan latar belakang sejarahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.