Berikut yang Termasuk Struktur Teks Laporan Hasil Observasi adalah

Diposting pada

Berikut yang Termasuk Struktur Teks Laporan Hasil Observasi adalahSeperti yang kita tahu bahwa dalam Bahasa Indonesia banyak sekali jenis jenis teks. Salah satunya adalah teks laporan hasil observasi ini. Apa itu teks laporan hasil observasi? Pengertian teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjelasan umum atau pelaporan hasil pengamatan dari sesuatu hal. Isi teks tersebut adalah klasifikasi macam macam hal tersebut menurut kriteria tertentu. Teks laporan hasil observasi pada umumnya dapat digunakan untuk mendeskripsikan sebuah objek menurut sifatnya, ciri ciri umum, ataupun bentuknya.

Dalam artikel sebelumnya tentunya saya telah membahas tentang pengertian teks laporan hasil observasi beserta contohnya lengkap. Nah pada artikel ini saya akan lebih menekankan pada struktur teksnya. Biasanya dalam teks laporan hasil observas terdapat objek yang diamati seperti benda, hewan, tumbuhan, berbagai peristiwa, dan manusia. Teks tersebut juga mengandung kenyataan dan fakta yang objektif. Lantas struktur teks laporan hasil observasi adalah bagaimana?

Berikut yang Termasuk Struktur Laporan Hasil Observasi adalah
Laporan Hasil Observasi

Secara umum pengertian laporan adalah cara melakukan komunikasi antar peneliti atau para ahli dalam menyampaikan informasi. Pembuatan laporan tersebut berasal dari seluruh dokumen yang isinya informasi dan fakta tentang sebuah masalah. Kemudian adapula pengertian observasi adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur proses kegiatan atau tingkah laku individu yang sedang diamati. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban berikut yang termasuk struktur teks laporan hasil observasi adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut yang Termasuk Struktur Teks Laporan Hasil Observasi adalah

Seperti yang kita tahu bahwa observasi merupakan pencatatan dan pengamatan sistematik mengenai gejala yang terdapat dalam objek penelitian. Isi catatan ini adalah fakta fakta yang dapat didengar dan dilihat oleh pengamat. Teks laporan hasil observasi tersebut hampir sama seperti teks deskripsi. Kedua teks ini memiliki persamaan yaitu informasi yang disampaikan sesuai dengan faktanya. Namun teks laporan hasil observasi dengan teks deskripsi memiliki perbedaan dalam hal letak hasil wawancaranya. Hal ini dapat anda lihat dalam contoh teks laporan hasil observasi ilmiah, hewan dan tumbuhan.

Hasil wawancara dalam teks hasil observasi ini bersifat umum sesuai dengan deskripsi dan faktanya. Sedangkan hasil dalam teks deskripsi bersifat individual dan lebih unik sehingga lebih spesifik serta lebih menjurus. Struktur teks laporan hasil observasi adalah faktor lain yang dapat dijadikan pembeda dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Jika membahas tentang materi teks laporan hasil observasi tentunya kita akan sering menemukan pertanyaan pertanyaan terkait unsur unsur dalam teks tersebut, baik dalam segi pengertian, struktur hingga contohnya. Adapun contoh soal teks laporan hasil observasi yang berkaitan dengan strukturnya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Berikut yang termasuk struktur teks laporan hasil observasi adalah ….

A. Definisi dan aspek yang dilaporkan
B. Aspek dan informasi yang dilaporkan
C. Definisi dan konjungsi
D. Latar belakang dan definisi
E. Aspek, definisi, dan konjungsi

Jawaban soal di atas yang tepat adalah pilihan A.

Mengapa jawaban yang diperoleh adalah pilihan A? Maka simaklah penjelasan di bawah ini:

Seperti yang kita tahu bahwa soal di atas berbunyi “berikut yang termasuk struktur teks laporan hasil observasi adalah”, dalam soal ini tentunya yang dicari adalah struktur dalam teks tersebut. Teks laporan hasil observasi sendiri merupakan teks yang isinya penjelasan atau informasi mengenai sesuatu hal menurut fakta hasil pengamatan yang diperoleh. Teks laporan hasil observasi tersebut memiliki beberapa struktur seperti dibawah ini:

  • Definisi umum (pernyataan umum) adalah bagian yang berisi informasi umum tentang informasi waktu observasi, lokasi observasi, objek observasi, dan asal usul.
  • Deskripsi bagian (isi) adalah bagian yang isinya penjelasan atau inti dengan aspek aspek yang dilaporkan dalam hasil observasinya.
  • Deskripsi manfaat adalah bagian yang isinya manfaat observasi dan penutup dari laporan hasil observasi tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa struktur teks laporan hasil observasi adalah definisi dan aspek yang dilaporkan. Definisi sendiri maknanya serupa dengan definisi umum, sedangkan aspek yang dilaporkan serupa dengan deskripsi bagian. Maka dari itulah pilihan jawaban yang paling tepat adalah A.