Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial

Diposting pada

Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial – Seperti yang kita tahu bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan dengan begitu kompleks dan multidimensi. Hal ini disebabkan karena manusia merupakan makhluk sosial, makhluk ekonomi, dan makhluk budaya. Antara satu manusia dengan manusia lainnya tentunya akan saling melakukan interaksi sosial. Terjadinya interaksi tersebut disebabkan adanya dorongan emosional, mengikat dirinya, ekonomi dan biologis sehingga termasuk dalam fitrah yang dirinya tidak dapat membantahnya.

Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial? Adanya interaksi sosial ini memang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia sehari hari. Hal ini disebabkan manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam mempertahankan hidupnya. Lantas apa itu interaksi sosial? Pengertian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain ataupun satu individu dengan individu lainnya.

Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial
Alasan Terjadinya Interaksi Sosial

Kemudian adapula arti interaksi sosial lainnya yaitu proses yang dilakukan untuk saling mempengaruhi satu sama lain menggunakan simbol dan bahasa. Terjadinya interaksi sosial dilakukan dengan beberapa syarat. Adapun syarat interaksi sosial tersebut adalah komunikasi dan kontak sosial. Berlangsungnya kontak sosial dapat melalui perantara atau tatap muka. Sedangkan terjadinya komunikasi dapat melalui gestur tubuh, lisan, maupun simbol simbol. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alasan mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian, syarat, fungsi dan ciri ciri interaksi sosial. Dalam artikel tersebut sudah tertera jelas mengenai apa yang dimaksud interaksi sosial tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa interaksi sosial terjadi karena beberapa faktor pendorong seperti identifikasi, sugesti, imitasi, dan empati.

Apakah anda tahu bentuk bentuk interaksi sosial itu? Interaksi sosial memiliki beberapa ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Biasanya pelaku di dalamnya berjumlah lebih dari satu.
  • Menggunakan simbol simbol tertentu untuk menjalin komunikasi antar pelaku.
  • Memiliki dimensi waktu seperti di masa depan, di masa lalu dan di masa kini.
  • Memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai.
Baca Juga  10 Penyimpangan Demokrasi Terpimpin Terhadap Pancasila dan UUD 1945

Jika membahas tentang interaksi sosial, maka kita pasti sering menemukan pertanyaan seperti di bawah ini:

Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial?

Jawabannya adalah karena tanpa adanya interaksi sosial tersebut kehidupan bersama tidak akan pernah ada.

Seperti yang kita tahu bahwa kehidupan bersama dapat diperoleh dengan adanya interaksi sosial tersebut. Inilah yang menjadi alasan mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial. Kelompok yang satu dengan kelompok lainnya atau individu satu dengan individu lainnya akan menghasilkan sebuah kelompok sosial melalui pergaulan hidup bersama yang biasanya disertai dengan aturan tertentu. Dengan begitu suatu lembaga akan lahir dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Interaksi sosial tersebut memang termasuk dalam hubungan sosial yang dinamis, baik berkaitan dengan hubungan antar kelompok dengan kelompok, individu dengan individu, maupun individu dengan kelompok. Berlangsungnya proses interaksi sosial ini dapat terjadi melalui interaksi disosiatif maupun interaksi asosiatif. Interaksi asosiatif adalah interaksi yang merujuk pada kesatuan pandangan, sedangkan interaksi disosiatif merujuk pada perenggangan solidaritas kelompok dan kontak konflik.

Dari penjelasan di atas tentunya kita tahu bahwa alasan mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial adalah tanpa interaksi sosial pasti kehidupan bersama atau aktivitas sosial tidak mungkin ada. Selain itu hubungan sosial antar satu dengan yang lainnya sekarang ini juga tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu manusia satu dengan manusia lainnya harus saling berinteraksi dengan baik agar tercipta hubungan sosial dan memenuhi hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.