Panjang Seluruh Lengkung Lingkaran disebut

Diposting pada

Panjang Seluruh Lengkung Lingkaran disebut – Apa itu lingkaran? Lingkaran adalah garis melengkung yang saling bertemu kedua ujungnya dengan jarak sama seperti suatu titik tertentu di bidang tersebut. Titik ini dinamakan dengan titik pusat lingkaran. Seperti yang kita tahu bahwa bentuk lingkaran memang sangat simetris. Masing masing garis yang melewati pusat akan membentuk garis simetri refleksi dan mempunyai simetri putar di setiap sudut pada pusatnya.

Panjang seluruh lengkung lingkaran disebut apa? Lingkaran memiliki makna simbolis yang digunakan sebagai lambang persatuan dan harmoni. Contohnya lima lingkaran dalam simbol olimpiade dengan warna yang berbeda. Simbol ini melambangkan lima benua di dunia yang bersatu dengan semangat untuk melakukan persaingan sehat. Jika membahas tentang lingkaran tentunya kita mengenal beberapa sifat bangun datar tersebut.

Panjang Seluruh Lengkung Lingkar
Unsur Unsur Bangun Lingkaran

Lingkaran pada dasarnya memiliki beberapa unsur di dalamnya. Unsur unsur lingkaran ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Salah satu unsur tersebut adalah keliling lingkaran. Apa itu keliling lingkaran? Pengertian keliling lingkaran dalam ilmu geometri adalah linier atau panjang lingkaran yang mengelilinginya. Adapula definisi lain dari keliling lingkaran adalah panjang lingkaran yang membentuk ruas garis apabila diluruskan dan dibuka. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban terkait panjang seluruh lengkung lingkaran disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Panjang Seluruh Lengkung Lingkaran disebut

Secara umum keliling dalam arti Bahasa Indonesia tidak hanya mengarah pada bidang melingkar saja. Tetapi juga untuk bidang datar seperti segitiga ataupun persegi. Kemudian adapula arti keliling dalam Bahasa Inggris yang mengarah pada bidang melingkar dan bentuk bidang lainnya. Pada dasarnya keliling lingkaran berhubungan dengan konstanta Matematika yang cukup penting. Konstanta yang dimaksud adalah phi dengan simbol huruf Yunani berbentuk π.

Baca Juga  Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitungnya

Nilai phi (π) mini biasanya terdapat dalam rumus lingkaran, baik rumus luas maupun rumus keliling. Phi tersebut bernilai 22/7 maupun 3,14 tergantung panjang diameter atau jari jari yang digunakan. Selain rumus tentunya anda juga paham mengenai panjang seluruh lengkung lingkaran disebut apa?

Dalam artikel ini saya akan mengulas kembali tentang rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran tersebut. Lingkaran ini memiliki rumus luas dan rumus keliling seperti berikut:

L = πr²
K = 2πr atau K = πd

Keterangan :
L = Luas lingkaran
K = Keliling lingkaran
π = phi, nilainya 22/7 atau 3,14
r = Jari jari lingkaran
d = Diameter lingkaran

Dari penjelasan di atas tentunya anda dapat menjawab pertanyaan yang sering muncul di bawah ini:

Panjang seluruh lengkung lingkaran disebut ​. . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah keliling lingkaran

Seperti yang kita tahu bahwa keliling lingkaran adalah panjang semua lengkung yang terdapat dalam bangun tersebut. Sekian penjelasan mengenai materi keliling lingkaran tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan teriima kasih telah berkunjung di blog ini.