Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah

Diposting pada

Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah – Menyusun berita menjadi salah satu materi dasar yang harus dikuasai siswa. Bahkan tak jarang pula materi tersebut muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan.

Tak semua peristiwa yang terjadi di tengah masyrakat bisa diangkat menjadi berita. Ada parameter khusus yang wajib dipenuhi sebagai bagian dari kode etik jurnalistik. Seperti memperhatikan aspek aktualitas, human interest, kontroversi, objektivitas, dan lain sebagainya.

Memilah mana peristiwa yang tak tidak layak dijadikan berita adalah salah satu skill yang wajib kalian miliki. Agar berita mendapat atensi publik maka sang penulis harus peka terhadap standar kelayakan. Tapi hal ini terkadang malah sering dilupakan oleh reporter ataupun tim editor. Sebab pendengar hanya tertarik pada berita berbobot, menarik, dan menyangkut sesuatu yang penting.

Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah

Dalam konteks pendidikan materi yang membahas teks berita sudah mulai diberikan pada siswa ketik duduk di bangku sekolah menengah. Pembahasan yang sedikit banyak mengulas standar kelayakan berita pun telah tertulis di buku pedoman bahasa indonesia. Selain itu, guru biasanya juga akan menyampaikan penjelasan secara intensif sebagai bentuk pembekalan.

Ketika tiba waktu ujian kalian pasti sering menjumpai berbagai model pertanyaan yang menjebak. Tak sedikit siswa akhirnya salah menjawab dan kehilangan nilai karena soal yang terkesan sederhana. Misalnya “peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah …”

Sebenarnya soal ujian semacam itu cukup mudah untuk dijawab. Namun kita pun tak bisa menampik fakta bahwa masih ada beberapa siswa kebingungan memilih tema suatu berita. Apakah kalian salah satunya? tenang saya akan bantu menjawab soal tersebut.

Peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah …

A. kecelakaan beruntun di jakarta.
B. Demo hari buruh berakhir ricuh.
C. Indonesia menjuarai olimpiade bulu tangkis.
D. Anak jatuh dari sepeda.

Jawaban pertanyaan di atas adalah D yakni anak jatuh dari sepeda.

Baca Juga  24 Contoh Majas Metafora dan Pengertiannya

Penjelasan:

Menurut saya, anak jatuh dari sepeda adalah jawaban yang paling benar. Mengapa demikian? karena tajuk tersebut sama sekali tidak mencerminkan kaidah serta aspek jurnalistik. Sehingga tidak layak dijadikan berita sama sekali meskipun memakai teknik pengolahan data yang baik.

Lalu kejadian yang pantas dijadikan berita itu seperti apa? inilah pertanyaan yang akhirnya muncul di benak siswa. Kita harus menjaga beberapa aspek penting sesuai standar kelayakan publikasi. Meski materi itu sudah pernah saya bahas tapi tak ada salahnya kalau saya merangkumnya kembali.

Human Interest
Mengkaji minat masyarakat terkait suatu topik termasuk syarat mutlak yang harus kalia penuhi. Inilah alasan mengapa pemberitaan tentang kejadian di tengah masyarakat begitu populer. Sebab kejadianya berkenaan langsung dan dekat dengan kehidupan sehari hari. Jadi peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah isu kurang menarik di mata publik.

Aktualisasi
Aktual merujuk pada topik yang sedang hangat diperbincangkan. Jadi menyampaikan berita terbaru menjadi syarat penting untuk menarik atensi masyarakat. Tak jarang stasiun tv tanah air berlomba menghadirkan berita aktual selang satu dua jam pasca kejadian.

Sensasional

Berita sensasional umumnya dapat bertahan lama meskipun tergerus isu lain. Topik sensasional bersifat kesinambungan dan kontinus sebab perkembangannya akan diikuti oleh masyarakat. Sehingga berita semacam ini memiliki nilai rating lumayan bagus.

Secara garis besar masih ada beberapa aspek lain seperti prominence, conflict, proximity dan lain-lain. Tapi karena keterbatasn waktu saya akan mebahasnya di lain hari saja. Kalau info di atas masih terasa kurang maka simaklah contoh teks berita pada artikel sebelumnya. Lumayan dapat kalain pakai sebagai referensi saat belajar.