Subjek Utama dalam Hukum dan Hubungan Internasional Adalah

Diposting pada

Subjek Utama dalam Hukum dan Hubungan Internasional Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa hukum dapat diartikan sebagai adat atau peraturan yang dianggap mengikat secara resmi dan dikukuhkan oleh pemerintah atau penguasa. Selain itu adapula pengertian hukum adalah peraturan, undang undang, dan sebagaimana mestinya untuk mengatur pergaulan hidup pada masyarakat. Jika membahas tentang hukum, maka tidak dapat dilepaskan dari adanya hubungan internasional.

Apa itu hubungan internasional? Pengertian hubungan internasional adalah ilmu yang membahas tentang hubungan antar negara, termasuk organisasi non pemerintah internasional, perusahaan multinasional, antar pemerintah, peran sejumlah negara, maupun organisasi non pemerintah. Jika membahas tentang hukum Internasional tentunya akan dikaitkan dengan hukum Nasional. Hubungan antara hukum Internasional dan hukum Nasional tersebut telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Lantas subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah apa saja?

Subjek Utama dalam Hukum dan Hubungan Internasional Adalah
Subjek Utama Hukum dan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional memang termasuk jenis hukum yang sifatnya global sehingga batas batas ketatanegaraan dapat dilampaui. Hubungan internasional tersebut memiliki konsepsi yang hampir sama dengan hubungan luar negeri, politik internasional, dan politik luar negeri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan yang sering muncul pada materi tersebut seperti subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Subjek Utama dalam Hukum dan Hubungan Internasional Adalah

Dalam menjalin hubungan Internasional tentunya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai hukum hukum di dalamnya. Selain itu adapula beberapa subjek yang terlibat di dalamnya. Apakah anda tahu pengertian hukum Internasional itu? Hukum Internasional adalah hukum yang digunakan dalam dunia Internasional untuk mengatur hubungan antar negara. Hukum Internasional ini memiliki sifat Universal yaitu berlaku untuk siapa saja yang terlibat dengan perjanjian Internasional tersebut.

Hukum Internasional bermanfaat untuk memperkenalkan konsep baru yaang digunakan seperti konsep negara kepulauan atau archipelagic state. Hukum ini juga berguna untuk negara lain seperti untuk sarana intervensi domistik, pengubah konsep, dan alat untuk menekan negara berkembang (misalnya Indonesia). Hukum ini sering dikaitkan dengan subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah apa saja.

Baca Juga  Kumpulan dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian

Hukum dan hubungan Internsional saling terjalin dengan adanya beberapa subjek di dalamnya. Subjek tersebut sering muncul dalam soal soal ujian pendidikan kewarganegaraan. Adapun contoh soal yang sering muncul yaitu sebagai berikut:

Subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah individu, negara, dan organisasi Internasional.

Seperti yang kita tahu bahwa individu, negara, dan organisasi Internasional termasuk dalam subjek hukum dan hubungan Internasional yang utama. Komponen komponen tersebut saling membentuk satu kesatuan karena dihubungkan satu sama lain. Sebuah negara diharuskan untuk memiliki wilayah tertentu, kemampuan menjalin hubungan dengan negara lain, penduduk yang tetap, dan pemerintah yang sah.

Kemudian negara dalam subjek utama tersebut harus berdaulat, tidak termasuk bagian dari negara lain, dan merdeka. Sedangkan untuk organisasi internasional tidak harus memiliki kewajiban dan hak yang ditetapkan dalam beberapa konvensi Internasional. Pada umumnya organisasi tersebut memiliki anggota beberapa negara yang dilengkapi dengan badan usaha atau badan hukum di dalamnya. Inilah yang menjadi alasan subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah negara, individu, dan organisasi Internasional.

Di berbagai organisasi Internasional tentunya terdapat beberapa peran negara Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki komitmen dalam mewujudkan hubungan Internasional untuk menciptakan perdamaian dunia. Adapun beberapa organisasi Internasional yang diikuti oleh bangsa Indonesia yaitu sebagai berikut:

Demikianlah jawaban dari pertanyaan subjek utama dalam hukum dan hubungan internasional adalah negara, individu, dan organisasi Internasional. Ketiga komponen ini dapat membentuk hubungan satu sama lain karena saling berhubungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.