Tujuan Penulisan Teks Laporan Percobaan Adalah

Diposting pada

Tujuan Penulisan Teks Laporan Percobaan Adalah – Apa itu laporan? Pengertian laporan adalah sebuah bentuk dari hasil pengamatan yang dilakukan dengan tujuan menginformasikan hasil yang didapat untuk banyak orang. Kemudian adapula pengertian teks laporan adalah suatu bentuk tulisan yang menjelaskan sebuah fenomena dari hasil pengamatan untuk pembacanya. Dari pengertian itu, kita dapat mengetahui tujuan teks laporan tersebut.

Teks laporan pada dasarnya dapat dinamakan dengan teks klasifikasi. Hal ini disebabkan karena teks tersebut mengklasifikasi sesuatu menurut kriterianya. Jenis teks ini hampir serupa dengan teks deskripsi, tetapi yang membedakan diantara keduanya adalah sifat di dalamnya. Biasanya hal hal yang dibicarakan dalam teks deskripsi bersifat khusus, sedangkan teks laporan lebih membicarakan hal atau fenomena khusus yang luas. Lantas tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah apa saja?

Tujuan Penulisan Teks Laporan Percobaan adalah
Pembuatan Teks Laporan Percobaan

Apa yang dimaksud teks laporan percobaan? Pengertian teks laporan percobaan adalah teks yang isinya paparan mengenai proses, hasil percobaan dan tujuan. Teks laporan percobaan juga dapat diartikan sebagai teks yang berisi percobaan dari peneliti yang dilakukan. Pada umumnya teks laporan percobaan berguna untuk melaporkan hasil dari laporan praktikum, percobaan, dan karya ilmiah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Penulisan Teks Laporan Percobaan Adalah

Pada artikel sebelumnya tentunya saya telah membahas tentang pengertian teks laporan percobaan beserta struktur dan contohnya. Teks laporan percobaan memang berisi hasil dari suatu percobaan yang memaparkan hasil percobaan, tujuan, dan proses yang dilakukan peneliti. Pada umumnya teks laporan percobaan berisi struktur yang mencerminkan percobaan yang dilakukan secara jelas, runtut, dan rinci.

Baca Juga  Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Berdasarkan pengertian di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah memberikan informasi mengenai hasil percobaan yang dibuat untuk para pembaca. Jenis teks Bahasa Indonesia ini memiliki sifat yang universal atau umum. Jika telah membuat teks laporan percobaan tentunya selanjutnya kita dapat membuat teks laporan hasil observasi.

Seperti yang kita tahu bahwa percobaan yang dilakukan oleh peneliti dapat dipaparkan kepada masyarakat umum melalui teks laporan percobaan tersebut. Maka dari itu pelaksanaan teks ini dapat memungkinkan adanya replikasi percobaan ataupun pengembangan percobaan sehingga hasil percobaan lain dapat diperoleh dengan manfaat yang lebih. Jika membahas tentang teks laporan percobaan ini pastinya kita sering menemukan pertanyaan seperti di bawah ini:

Tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah untuk mendeskripsikan, menggambarkan, atau mengklasifikasikan serta memberikan informasi tentang hasil penelitian atau pengamatan secara aktual.

Teks laporan percobaan memang termasuk teks yang berisi penyajian informasi secara sistematis tentang pengetahuan hasil penelitian atau pengamatan. Di bawah ini terdapat struktur teks laporan percobaan ini yaitu meliputi:

  • Pernyataan umum yaitu pernyataan dan klasifikasi tentang sebuah aspek secara umum yang dibahas.
  • Uraian yaitu penggambaran hal hal khusus secara rinci.

Demikianlah jawaban dari tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah apa saja. Teks ini memang berupa teks hasil percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.