Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

Diposting pada

Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC – Apa itu VOC? VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan kongsi dagang di Nusantara yang paling besar untuk membuat perdagangan rempah dari wilayah timur bersatu sehingga kedudukan Belanda semakin kokoh di Indonesia. Pada mulanya kedatangan Belanda tersebut disambut baik oleh bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia menganggap bahwa Belanda akan membuat Indonesia tersebut semakin berkembang.

Pada tahun 1596, bangsa Belanda datang ke Indonesia. Penjajahan Belanda di Indonesia sendiri telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Mendaratnya Belanda ke Nusantara ini membawa dampak, penderitaan, dan akibat yang sangat besar karena Indonesia juga mengalami kerugian. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC? Di kala itu pada mulanya Belanda datang untuk menjajah Banten dengan pimpinan Cornelius de Hutman serta didampingi oleh De Keyser. Bangsa Belanda tersebut memiliki tujuan asli untuk memperoleh rempah rempah.

jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat penjajahan pada masa voc
Penderitaan di Masa Penjajahan VOC

Setelah Belanda menjajah Indonesia, kemudian tujuannya datang semakin membabi buta karena apa yang mereka inginkan harus dipenuhi bagaimanapun caranya. Hal ini dikarenakan rakyat Indonesia menghasilkan rempah rempah terbaik yang ada didunia serta dihargai sangat mahal dan sangat diminati oleh bangsa Eropa. Maka dari itu Belanda mendirikan VOC pada tahun 1602 sebagai organisasi perdagangan atau kongsi dagang miliknya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat penjajahan pada masa VOC. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Bagaimana Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

Seperti yang kita tahu bahwa ketika Belanda menjajah Indonesia banyak sekali kebijakan yang berlaku. Salah satunya adanya tanam paksa. Dampak positif dan negatif tanam paksa tersebut telah saya jelaskan sebelumnya. Datangnya VOC di Indonesia tersebut menjadi malapetaka yang sangat menakutkan. Hal ini dikarenakan kehidupan bangsa Indonesia memang jauh dari kata adil sejak dijajah oleh Belanda. Bahkan rakyat Indonesia dibuat kelelahan dan menderita, baik dari segi nyawa, fisik, keluarga hingga ekonominya.

Baca Juga  Sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) Lengkap

Dikala itu Gubernur Jendral VOC yang pertama yaitu Pieter Both yang memimpin penjajahan VOC. Organisasi VOC memang bertujuan untuk mengendalikan harta negara Indonesia dan menguasai bangsa Indonesia, baik dari hasil tumbuh tumbuhan maupun tanahnya. Lantas jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat penjajahan pada masa VOC? VOC tidak hanya merampas semua sumber daya Indonesia, karena perdagangan di wilayah tersebut juga dimonopoli atau dikuasai.

Di kala itu VOC juga melakukan beberapa hal seperti mencetak uang sendiri, memungut pajak, membentuk angkatan perang, menyatakan perang, dan mengangkat pegawai. Jika membahas tentang materi ini, maka kita akan menemukan salah satu soal seperti di bawah ini:

Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC?

Jawabannya adalah di kala itu Indonesia mengalami berbagai bentuk tindak kekerasan. Setelah itu penduduk Indonesia dibuat semakin pecah belah karena terjadi tindakan politik devide et impera.

Seperti yang kita tahu bahwa Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) adalah kongsi dagang Belanda yang telah berdiri sejak tanggal 20 Maret 1602. Organisasi VOC ini memiliki beberapa hak istimewa seperti di bawah ini:

  • Hak monopoli adalah hak yang digunakan untuk menguasai perdagangan di sebuah negara.
  • Hak kedaulatan adalah hak yang digunakan untuk membuat dan menetapkan peraturan seperti peraturan untuk menduduki sebuah wilayah, pajak, dan lain lain.

Dari sini kita tahu bahwa jawaban dari pertanyaan jelaskan bagaimana penderitaan bangsa indonesia akibat penjajahan pada masa voc adalah membuat kesengsaraan untuk bangsa Indonesia karena di kala itu Indonesia mengalami berbagai bentuk tindak kekerasan. Setelah itu penduduk Indonesia dibuat semakin pecah belah karena terjadi tindakan politik devide et impera. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.