Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari – Jari 10 cm Adalah

Diposting pada

Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari – Jari 10 cm Adalah – Apa itu lingkaran? Lingkaran adalah bangun datar yang berasal dari susunan kurva dan bukan garis lurus sehingga tidak tergolong dalam kategori poligon. Lingkaran tersebut juga dapat diartikan sebagai elips yang memiliki eksentrisitas nol dan dua titik fokus yang bertepatan. Lingkaran tersebut merupakan salah satu bangun yang tidak mempunyai siku siku.

Kita dapat menemukan contoh benda berbentuk lingkaran seperti alas cangkir, piring, jam dinding, ban mobil, koin, dan sebagainya. Lingkaran memiliki ciri ciri berupa diameter yang membaginya harus seimbang dua sisinya dan jumlah sudut yang dimiliki besarnya 180 derajat. Selain ciri ciri adapula rumus lingkaran yang dapat dikuasai, baik rumus luas lingkaran maupun rumus keliling lingkaran. Lantas keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah berapa?

Lingkaran pada dasarnya memiliki simetri lipat yang tidak terhingga. Selain itu simetri putar yang dimiliki bangun lingkaran juga jumlahnya tidak terhingga. Namun dalam pembahasan kali ini saya akan lebih menekankan pada rumus keliling lingkaran. Lantas keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah berapa? Bagaimana cara menghitung keliling lingkaran? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari – Jari 10 cm Adalah

Pengertian keliling lingkaran dalam ilmu geometri adalah panjang garis yang digunakan untuk mengelilingi lingkaran. Adapula yang mengartikan keliling lingkaran sebagai panjang lingkaran apabila bangun tersebut dibuka dan diluruskan sehingga bentuknya dapat berupa ruas garis. Keliling lingkaran ini dapat dihitung menggunakan rumus tertentu. Rumus keliling lingkaran ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Kita dapat menemukan berbagai contoh soal keliling lingkaran dalam buku paket maupun di internet. Keliling lingkaran ini memiliki rumus yang berguna untuk menghitung panjang pada titik A di garis kelilingnya menuju titik kembalinya. Dalam rumus ini terdapat beberapa unsur lingkaran seperti garis tengah atau diameter (d) maupun radius atau jari jari (r). Lantas keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah berapa?

Baca Juga  Tanggapan atau Pertanyaan Dalam Diskusi Disampaikan Dengan Bahasa
keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah
Menghitung Keliling Lingkaran

Bagaiman cara menghitung keliling lingkaran itu? Keliling lingkaran ini bisa dihitung menggunakan diameter, jari jari maupun nilai phi (π). Maka dari itu rumus keliling lingkaran ini dapat berupa K = πd atau K = 2πr. Keliling ini dapat disimbolkan dengan huruf K. Sedangkan phi dalam rumus tersebut bernilai 3,14 dan 22/7. Jika membahas tentang materi keliling lingkaran ini, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah . . .

Jawaban.
Jari jari (r) = 10 cm
Phi (π) = 3,14
Keliling lingkaran = 2πr
Keliling lingkaran = 2 x 3,14 x 10
Keliling lingkaran = 62,8 cm
Jadi keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah 62,8 cm.

Keliling lingkaran tersebut merupakan panjang ruas garis yang mengelilinginya. Untuk menentukan besar keliling lingkaran ini, kita dapat menggunakan rumus seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.