Makna Kebhinekaan Dalam Pergaulan Sehari – Hari

Diposting pada

Makna Kebhinekaan Dalam Pergaulan Sehari – Hari – Apa itu Bhineka Tunggal Ika? Pengertian bhineka tunggal ika secara harfiah adalah berbeda beda tetapi tetap satu. Dengan kata lain didalamnya terdapat makna bahwa bangsa Indonesia pada hakikatnya akan tetap satu kesatuan meskipun berbeda beda. Semboyan tersebut berguna untuk menjelaskan kesatuan dan persatuan Negara dan Bangsa Indonesia terhadap keberagaman bahasa daerah, agama, budaya, kepercayaan, ras, dan suku bangsa.

Lantas makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari – hari itu apa? Semboyan Bhineka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia memang termasuk dasar untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. Dalam kehidupan sehari hari tentunya semboyan tersebut dapat diwujudkan dengan cara hidup saling menghargai antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya sehingga tidak memandang warna kulit, suku bangsa, bahasa, agama, adat istiadat, dan sebagainya.

makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari - hari
Makna Kebhinekaan

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang berasal dari beribu ribu pulau dengan keberagaman bahasa, kebiasaan, adat istiadat, aturan, dan sebagainya. Meski begitu sebagai masyarakat Indonesia terdapat sikap kebhinekaan di dalamnya sehingga timbul sifat toleransi di dalamnya. Maka dari itu sikap mementingkan diri sendiri dapat di buang jauh jauh dari dalam diri kita sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari – hari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Makna Kebhinekaan Dalam Pergaulan Sehari – Hari

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia terkenal dengan keberagamannya. Hubungan persatuan dan keberagaman bangsa Indonesia tersebut telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Pada dasarnya bhineka tunggal ika dijadikan sebagai jati diri bangsa Indonesia sebelum bangsa tersebut merdeka atau lebih tepatnya pada zaman majapahit. Bhineka tunggal ika ini dijadikan sebagai semboyan atau moto bangsa Indonesia.

Baca Juga  Hubungan Persatuan dan Keberagaman Bagi Bangsa Indonesia Terlengkap

Kata bhineka memiliki makna berbeda beda atau beraneka ragam. Kemudian menurut bahasa Sansekerta, kata “neka” bermakna macam dan dalam Bahasa Indonesia dijadikan sebagai pembentuk kata aneka. Kemudian kata “tunggal” bermakna satu dan “ika” bermakna itu. Bhineka tunggal ika tersebut terdapat dalam lambang burung Garuda Pancasila. Lalu makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari – hari itu apa?

Jika membahas tentang materi bhineka tunggal ika tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari – hari adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah mekipun berbeda beda latar belakang tetapi identitas yang dimiliki akan tetap sama yaitu sebagai bangsa Indonesia dengan tujuan untuk menyejahterakan kehidupan bersama.

Wujud nyata Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari hari tersebut adalah sebagai berikut:

  • Saling bertoleransi, tolong menolong, menghormati satu sama lain, saling mengasihi, bertenggang rasa, dan sebagainya.
  • Menjaga segala keberagaman sebaik mungkin dan memandangnya sebagai karunia Tuhan.
  • Saling bekerja sama untuk menggapai cita cita bersama.

Dari sini kita tahu apa makna kebhinekaan dalam pergaulan sehari – hari. Bhineka tunggal ikla tersebut memang memiliki arti berbeda beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini terdapat dalam kain yang digenggam oleh burung garuda. Keberagaman yang terdapat di negara Indoesia tersebut didasarkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.