Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh SoalSetiap orang sering kali menyamakan antara jarak dan juga perpindahan. Meskipun sebenarnya pengertian perpindahan dan jarak berbeda. Bahkan rumus perpindahan dan jarak serta contoh soal perpindahan dan jarak sangatlah berbeda. Jarak merupakan panjang lintasan pada pergerakan benda yang dapat ditempuh dalam waktu tertentu. Sedangkan perpindahan merupakan perubahan posisi atau kedudukan sebuah benda dalam waktu tertentu. Singkatnya jarak termasuk panjang lintasan sedangkan perpindahan termasuk perubahan posisi.

Kita tahu bahwa jarak dan perpindahan aalah dua hal yang tidak sama, meskipun banyak orang yang menyamakan kedua hal ini. Rumus perpindahan dan rumus jarak tersebut juga berbeda. Selain itu pengertian dan cara pengerjaannya juga berbeda. Lantas apa itu perpindahan? Bagaimana cara mencari perpindahan itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal perpindahan?

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Ilustrasi Perpindahan

Seperti yang sudah saya katakan bahwa jarak dan perpindahan pada dasarnya memang berbeda jika dilihat dari segi pengertian maupun rumusnya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian perpindahan, rumus perpindahan dan contoh soal perpindahan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Dalam ilmu Fisika tentunya kita akan mempelajari tentang gerak sebuah benda. Saat mempelajari tentang gerak tersebut kita juga akan memahami tentang adanya perpindahan. Perpindahan ini memang merupakan posisi suatu benda berubah dengan gerakan relatif menuju kerangka acuan. Dengan kata lain perpindahan tersebut merupakan perubahan benda pada posisi awal menuju posisi akhir.

Kita dapat menemukan contoh perpindahan benda seperti saat kita berjalan dari teras menuju kamar. Saat itu kita melakukan perpindahan sebanyak jarak teras menuju kamar tersebut. Perpindahan ini juga dapat kita lihat saat seseorang sedang berlari mengelilingi lapangan basket. Berlarinya orang tersebut berawal dari satu titik di pinggir lapangan. Setelah itu ia berhenti pada titik yang sama. Jika hal ini terjadi maka perpindahan orang tersebut tidak ada karena titik awal dan titik akhirnya tidak memiliki jarak apapun.

Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai materi perpindahan seperti definisi perpindahan, rumus perpindahan, maupun contoh soal perpindahan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Perpindahan

Pengertian perpindahan ialah perubahan kedudukan sebuah benda jika diukur dari titik awal sampai titik akhir sesuai dengan arahnya. Perpindahan memiliki arah dan nilai sehingga termasuk dalam besaran vektor.

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya

Rumus Perpindahan

Untuk menghitung perpindahan sebuah benda biasanya menggunakan satuan pengukuran seperti halnya yang terdapat dalam jarak. Adapun rumus perpindahannya yaitu:

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Rumus Perpindahan

Keterangan :
S = Perpindahan
x = Arah gerak benda yang pertama
y = Arah gerak benda yang kedua
Nilai y = 0, jika pergerakan benda hanya searah

Sebuah benda memiliki gerak netral karena hanya dapat melakukan gerakan maksimal dua arah saja yaitu sepanjang sumbu barat/timur ataupun selatan/utara. Selain rumus perpindahan di atas, adapula rumus lain yang menyatakan adanya perpindahan. Berikut rumusnya:

Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal
Rumus Perpindahan

Keterangan :
S = Perpindahan
u = Kecepatan benda awal ketika bergerak menuju arah tertentu
v = Kecepatan benda ketika bergerak ke lokasi terakhir
t = Waktu yang diperlukan

Baca juga : Rumus Momentum Sudut, Linier, Gaya dan Dimensi

Contoh Soal Perpindahan

Selain pengertian perpindahan dan rumus perpindahan di atas. Adapula beberapa contoh soal perpindahan yang akan saya bagikan. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Sebuah motor bergerak secara lurus sejauh 200 meter menuju arah utara. Setelah itu mobil bergerak lagi ke arah selatan sejauh 100 meter. Hitunglah perpindahan yang dilakukan oleh motor tersebut?

Jawab.
Besar Perpindahan = 200 m (utara) – 100 m (selatan) = 100 m menuju arah selatan.

2.  Lina ingin bepergian dari rumah menggunakan mobil. Jika spedometer awal mobil lina saat berangkat ialah 20.000 km. Kemudian spedometernya menunjukkan angka 20.500 km setelah kembali. Berapakan perpindahan dan jarak Lina tersebut?

Jawab.
Selisih angka spedometer mobil = 20.500 km – 20.000 km = 500 km
Jarak = 500 km.
Besar perpindahan 0 km karena Lina bepergian dan kembali lagi ke posisi awal (rumahnya).

3. Seekor kucing bergerak sejauh 5 m menuju arah utara dan bergerak lagi ke arah barat 3 m. Berapakah jarak dan perpindahan kucing tersebut?

Jawab.
Jarak yang ditempuh kucing ialah S = 5 + 3 = 8 m.
Perpindahan kucing ialah S = √(x²+y²) = √(5²+3²) = 4 m

Sekian penjelasan mengenai pengertian perpindahan, rumus perpindahan dan contoh soal perpindahan. Perpindahan ialah perubahan kedudukan sebuah benda jika diukur dari titik awal sampai titik akhir sesuai dengan arahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.