Pilih Jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia? Ini Jawabannya

Diposting pada

Pilih Jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia? Ini JawabannyaTKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan MM (Multimedia) merupakan jurusan yang ada di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Dan dari ketiga jurusan ini, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, memang sedikit bingung ketika menentukan ingin memilih jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia.

Pilih Jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia? Ini Jawabannya
Pilih Jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia?

Setelah lulus SMP kita dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu antara SMA dan SMK. Dan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah SMK. tepatnya memilih jurusan antara TKJ, RPL, dan MM. Untuk dapat memilihnya, Anda harus mengerti dahulu, apa sih perbedaan dari jurusan-jurusan tersebut.

Pilih Jurusan TKJ, RPL, atau Multimedia? Ini Jawabannya

Memilih jurusan menjadi salah satu hal penting yang harus kita lakukan sebagia calon siswa sekolah kejuruan. Karena jurusan tersebut akan menjadi pusat pembelajaran kita untuk tiga tahun mendatang. Secara tak langsung pilihan kita juga menentukan tingkat kesuksesan di masa mendatang.

Walaupun semua jurusan ini sama-sama berhubungan dengan komputer, namun materi yang dipelajari berbeda. Jadi, jangan sampai salah dalam memahami jurusan dan materi yang akan dibahas. Untuk itu, silahkan simak sedikit penjelasan mengenai jurusan TKJ, RPL, dan Multimedia berikut.

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

TKJ merupakan sebuah jurusan SMK yang materi pelajarannya membahas mengenai cara merakit komputer, cara instalasi sistem operasi, cara instalasi program aplikasi, dan juga materi mengenai komputer jaringan lainnya.

Jurusan TKJ ini hanya dapat ditemui SMK saja, jurusan ini tidak ada di SMA. TKJ juga merupakan jurusan yang sangat popular dan banyak dipilih siswa-siswi SMK, termasuk saya. Saya memilih jurusan TKJ karena sejak kecil memang sudah suka dengan hal yang berhubungan dengan komputer, jadi saat masuk SMK saya putuskan untuk memilih TKJ.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Lain halnya dengan TKJ, RPL lebih menjurus ke materi mengenai pendalaman cara-cara mengembangkan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen pengembangan, dan manajemen kualitas.

Peminat jurusan RPL juga tidak kalah banyak dengan TKJ. Banyak siswa yang memilih jurusan RPL ketika sudah masuk SMK. Memang tidak salah, karena setiap orang bebas memilih apapun yang diinginkan.

Baca Juga  Susunan Kabel Straight dan Cross Beserta Fungsinya

Multimedia (MM)

Multimedia berasal dari dua suku kata, yaitu multi yang berarti banyak dan media yang berarti alat, sarana, atau perantara. Jadi, multimedia adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi baik berupa tulisan, suara, maupun gambar. Jurusan multimedia di SMK lebih mengarah ke desain grafis, seperti editing video, vector, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Susunan Kabel Straight dan Cross Beserta Fungsinya

Teman saya ada yang masuk jurusan Multimedia, dan saya sempat menanyakan yang dibahas apa saja, dan dia menjawab Vegas, Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain. Jadi dari situ sudah bisa kita simpulkan, bahwa multimedia memang cenderung mempelajari desain grafis.

TKJ vs RPL vs Multimedia Bagus mana

Mengenai keputusan yang terbaik yang mana antara TKJ, RPL, dan Multimedia itu adalah kembali kepada Anda masing-masing. Karena begini, misal dari jurusan tersebut yang menurut saya paling bagus adalah TKJ, belum tentu menurut Anda yang bagus adalah TKJ.

Jadi, pikirkan matang-matang sebelum Anda memilihnya. Dan pastikan pilihan Anda adalah yang memang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Jangan sampai Anda memilih jurusan SMK kok hanya ikut-ikutan teman, ini salah besar.

Jurusan di SMK ini fungsinya untuk mengembangkan bakat yang memang benar-benar Anda inginkan. Jadi pastikan Anda memilih yang memang sesuai dengan keinginan Anda.

Kalau alasan saya memilih TKJ sudah saya jelaskan sedikit di atas, yaitu karena sejak kecil saya memang sudah suka dengan hal yang berhubungan dengan komputer. Jadi saya mantapkan memilik jurusan TKJ saat masuk SMK.

Pada intinya, semua jurusan itu bagus semua. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan diri dengan jurusan tersebut dan bagaimana kita mengoptimalkan kemampuan kita untuk mempelajari materi yang ada dalam jurusan tersebut. Percuma jurusan terbaik, kalau yang menjalani tidak benar-benar punya niat masuk jurusan tersebut.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saja bagikan mengenai jurusan TKJ, RPL, dan Multimedia. Semoga bisa menjadi referensi Anda untuk memilih dan menentukan mana jurusan yang cocok. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

10 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.