Sultan Demak Bintoro Yang Pertama Adalah

Diposting pada

Sultan Demak Bintoro Yang Pertama Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia banyak sekali berdiri kerajaan kerajaan, baik bercorak Islam, Hindu, ataupun Budha. Salah satunya dalah kerajaan Demak yang pernah berdiri di Indonesia dengan corak agama Islam. Kerajaan Islam ini tentunya memiliki latar belakang sejarah, bukti sejarah, peninggalan, dan raja yang pernah memerintah.

Pada artikel sebelumnya tentunya saya pernah membahas tentang sejarah kerajaan Islam di Jawa. Salah satu kerajaan yang akan saya bahas adalah kerajaan Demak. Letak kerajaan ini ada di bagian tepi pantai utara Pulau Jawa. Di tempat tersebut banyak pedagang Islam dan pedagang asing yang berkunjung untuk memberi madu, lilin, beras, dan sebagainya. Kerajaan Demak pada abad ke 15 dikuasai oleh Majapahit. Tetapi perkembangan Demak semakin pesat setelah Majapahit mundur dan digunakan sebagai lokasi perdagangan serta penyebaran agama Islam. Lantas sultan Demak Bintoro yang pertama adalah siapa?

sultan demak bintoro yang pertama adalah
Raja Kerajaan Demak (Raden Patah)

Raja raja yang pernah memerintah kerajaan Demak dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Salah satu raja kerajaan Demak adalah Raden Patah sebagai Sultan Demak Bintoro. Raden Patah ini termasuk raja kerajaan demak yang pertama. Selain itu masih banyak lagi daftar raja lainnya yang pernah memerintah. Masing masing raja memiliki kebijakan dan peninggalannya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sultan demak bintoro yang pertama adalah siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sultan Demak Bintoro Yang Pertama Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa Raden Patah merupakan raja yang pernah menyebarkan agama Islam. Beliau memperoleh bantuan dari para wali untuk memisahkan diri pada tahun 1500 dari kerajaan Majapahit. Kemudian kerajaan Demak tersebut menjadi kerajaan Islam di Pulau Jawa yang pertama. Gelar pertama yang dimiliki oleh raden patah adalah Sultan Alam Akbar al-Fatah (tahun 1500–1518).

Baca Juga  Sejarah Pembentukan BPUPKI Lengkap

Lalu sultan demak bintoro yang pertama adalah siapa? Demak semakin lama semakin berkembang berkat kerja keras para wali hingga menjadi pusat penyebaran agama Islam. Maka dari itu kebesaran kerajaan Demak ditunjukkan dengan membangun Masjid Agung Demak. Kemudian pada tahun 1511, Malaka jatuh ke tangan Portugis yang menyebabkan peran Demak semakin pentiing dalam perdagangan sehingga menjadi pesaing bagi Portugis yang ada di Malaka.

Raden patah merasa terancam akan hal itu, maka pada tahun 1513 beliau mengutus putranya Pati Unus untuk melakukan serangan ke Malaka. Penyerangan ini tidak berhasil dilakukan, namun Pati Unus memperoleh berbagai pengalaman yang nilainya tidak ada harganya. Masa pemerintahan Raden Patah ini berlangsung pada tahun 1481 sampai 1518. Di kala itu Demak bahkan menjadi pusat dari penyebaran Islam yang ada di Indonesia.

Pada masa kepemimpinan raden Patah, kerajaan Demak memang mengalami perkembangan yang ditunjukkan dengan adanya hubungan dagang dengan beberapa daerah lainnya. Jika membahas raja kerajaan Demak ini tentunya kita akan menemukan salah satu pertanyaan seperti di bawah ini:

Sultan Demak Bintoro yang pertama adalah . . .
A. Raden Patah
B. Sunan Prawoto
C. Sultan Trenggono
D. Adipati Unus

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan A. Raden Patah.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa sultan demak bintoro yang pertama adalah Raden Patah. Raja kerajaan Demak ini membawa perkembangan yang pesat dalam agama Islam karena dapat menjadi pusat penyebaran Islam di pulau Jawa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.