Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu

Diposting pada

Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu – Seperti yang kita tahu bahwa dalam tubuh kita terdapat bagian leher yang berupa tenggorokan dengan bagian laring dan faring di dalamnya. Tenggorokan ini mempunyai suatu selaput otot yang disebut dengan epiglotis. Fungsi epiglotis adalah mencegah minuman dan makanan masuk ke dalam saluran pernapasan serta memisahkan esofagus dari dalam trakea. Apakah tenggorokan berbeda dengan kerongkongan?

Tenggorokan dan kerongkongan adalah dua organ tubuh yang berbeda, tetapi letak keduanya saling berbeda. Apa perbedaan tenggorokan dan kerongkongan? Lalu tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja? Kerongkongan dan tenggorokan ini terdapat dalam jalur yang sama seperti jalur makanan yang masuk. Akan tetapi fungsi dari kedua organ ini berbeda.

Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu
Bagian Bagian Tenggorokan

Seperti yang kita tahu bahwa tenggorokan adalah saluran yang mempunyai panjang sekitar 12 cm. Saluran tersebut menjalar dari belakang hidung sampai kerongkongan. Tenggorokan ini terdiri dari belakang lidah, langit langit lunak, amandel dan sebagainya. Tenggorokan ini memiliki cabang yang berupa kerongkongan yang berguna untuk membawa makanan dari trakea menuju perut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tenggorokan Terbagi Menjadi Beberapa Bagian Yaitu

Di tenggorokan memang terjadi aktivitas menelan sebagai bentuk kendali tubuh dan hasil refleksi. Makanan akan di dorong oleh lidah dan langit langit lunak menuju tenggorokan sampai kerongkongan. Lantas apa itu tenggorokan? Pengertian tenggorokan adalah organ yang letaknya dibagian belakang mulut, di atas kerongkongan, di bawah lubang hidung, dan berada di trakea atau jalur udara.

Tenggorokan sendiri dalam jalur medis dinamakan dengan faring. Lantas tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu apa saja? Bagian bagian tenggorokan apabila diurutkan dari atas ke bawah dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

Baca Juga  Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan Adalah
  • Di bagian atas terdapat nasofaring.
  • Di bagian tengah terdapat orofaring.
  • Di bagian bawah terdapat laringofaring atau hipofaring.

Laringofaring dan nasofaring adalah bagian dalam sistem pernapasan. Kemudian untuk orofaring adalah bagian yang terdapat dalam sistem pernapasan dan pencernaan.

Bagian bagian tenggorokan ini secara detail dapat terdiri dari bagian laring (pangkal tenggorokan), trakea (batang tenggorokan), dan bronkus (cabang batang tenggorokan). Jika membahas tentang materi tenggorokan ini, maka kita akan menemukan salah satu soal seperti di bawah ini:

Tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu . . .
A. Akar, batang, dan cabang tenggorok
B. Pangkal, batang, dan cabang tenggorok
C. Akar, cabang, dan ranting tenggorok
D. Pangkal, batang, dan ranting tenggorok

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Pangkal, batang, dan cabang tenggorok.

Seperti yang kita tahu bahwa tenggorokan termasuk dalam saluran organ pernapasan. Bentuk tenggorokan ini adalah pipa dengan kegunaan yaitu menyalurkan udara yang berasal dari rongga hidung ke bagian paru paru. Kemudian tenggorokan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu pangkal, batang, dan cabang tenggorok. Adapun penjelasan mengenai masing masing bagian tenggorokan yaitu:

  • Pangkal tenggorokan (laring) yang didalamnya terdapat epiglotis dan pita suara. Saat sedang makan epiglotis akan menutup, sedangkan saat bernafas akan terbuka.
  • Batang tenggorokan (trakea) adalah saluran yang memiliki cincin pada tulang rawan, dimana digunakan untuk menghubungkan paru paru dengan tenggorokan.
  • Bronkus (cabang batang tenggorokan) adalah organ yang berada sebelum paru paru dan setelah tenggorokan.