Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Diposting pada

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi – Kamu tentunya pernah mengirim surat kepada teman atau orang tua bukan? Bentuk surat ini adalah surat pribadi, dimana isinya berisi ungkapan perasaan dari penulis untuk pembacanya. Namun apakah anda tahu apa sebenarnya surat pribadi itu? Pengertian surat secara umum adalah sehelai kertas atau lebih yang berguna untuk alat komunikasi dari satu pihak ke pihak lain terkait informasi atau pernyataan yang akan disampaikan secara tertulis.

Informasi yang akan disampaikan dapat berbentuk pernyataan, permintaan, pemikiran, pemberitahuan, pertanyaan, sanggahan, laporan, dan sebagainya. Informasi yang disampaikan secara tertulis ini menggunakan bahasa surat pada umumnya. Bahasa surat sendiri merupakan bahasa yang terbentuk secara tertulis, indah, sopan, baik, ramah tamah, dan rapi. Berbeda lagi dengan adanya surat pribadi yaitu surat yang memiliki isi bersifat persahabatan, perkenalan, dan kekeluargaan. Lalu apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi? Apa saja bagian bagian surat pribadi?

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi
Surat Pribadi

Surat pribadi memang identik sebagai surat tidak resmi. Tetapi adapula surat pribadi yang memiliki sifat resmi seperti surat permohonan maupun surat lamaran kerja. Apa itu surat peribadi? Pengertian surat pribadi dalah surat yang sifatnya pribadi, dimana ditulis oleh individu atau seseorang untuk diberikan kepada orang lain. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Surat pribadi memang memiliki sifat yang tidak resmi (personal), menggunakan bahasa sehari hari, isinya berupa masalah pribadi dan bebas. Surat pribadi ini berisi macam macam hal seperti kabar dari dirinya sendiri untuk disampaikan kepada keluarga, mengirimkan undangan, ataupun karena bertemunya tidak lama. Surat pribadi (tidak resmi) tentunya berbeda dengan surat resmi. Perbedaan surat resmi dan tidak resmi ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Baca Juga  Rangkaian Peristiwa Dalam Cerita Disebut

Anda dapat memahami lebih lanjut mengenai jenis surat ini melalui contoh surat pribadi yang terdapat pada artikel sebelumnya. Kita tahu bahwa alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi untuk masing masing orang tersebut berbeda. Maka dari itu penulisan surat jenis ini mempunyai tujuan, alasan dan keinginannya sendiri. Sebenarnya banyak sekali latar belakang mengapa seseorang mengirimkan atau menulis surat untuk orang lain.

Materi surat pribadi ini tentunya tidak hanya digunakan sebagai bahan pembelajaran saja. Tetapi materi ini juga digunakan untuk bahan soal soal ujian seperti berikut:

Apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi?

Jawaban.
Tujuan atau alasan menulis surat pribadi tentunya berhubungan dengan masalah pribadi seperti mengucapkan terimakasih, menanyakan kabar, pemberitahuan akan berkunjung, permohonan maaf, maupun mengucapkan belasungkawa.

Dalam surat pribadi tersebut kita menggunakan bahasa yang tidak resmi dan tidak memiliki pola yang khusus sehingga penulisannya lebih mudah dibandingkan surat resmi. Dalam surat pribadi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti sopan santun atau tata etika, khususnya surat yang dikirimkan kepada orang yang baru dikenal maupun kepada orang yang lebih dewasa.

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui apa saja tujuan yang mungkin diungkapkan dalam surat pribadi tersebut. Surat pribadi memang merupakan bentuk surat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara tertulis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.