Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan

Diposting pada

Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan – Apa itu radian? Radian sama halnya seperti derajat seksagesimal. Radian sendiri merupakan satuan untuk mengukur sudut pada bidang dalam sistem Internasional. Maka dari itu sudut ini dapat diukur dengan radian atau rad seperti halnya massa menggunakan gram dan panjang menggunakan meter. Radian sendiri asalnya dari sepertiga abad ke 19 akhir. Radian pertama kali digunakan oleh Fisikawan dan insinyur saudara Lord Kelvin bernama James Thompson.

Lantas besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa? Radian adalah satuan ukur sudut yang berguna dalam sistem trigonometri. Rumus trigonometri ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Radian tersebut berguna untuk menggantikan derajat. Dalam lingkaran penuh pada dasarnya terdapat minimal 6 radian atau 360 derajat. Maka dari itu lingkaran ini mempunyai 2π radian atau sekitar 6,28.

besar sudut 3/4π rad sama dengan
Besar Radian pada Lingkaran

Anda perlu tahu bahwa keliling lingkaran memiliki rumus 2πr atau sekitar 6,28 radian. Hal ini dikarenakan dalam lingkaran penuh terdapat 360°, dimana setiap radian sama dengan 57,296°. Apakah radian dan derajat itu sama? Jawabannya adalah berbeda karena derajat berguna untuk satuan pengukuraan sudut seperti 90 derajat pada sudut siku siku, 180 derajat sudut segitiga penuh, dan 360 derajat pada lingkaran penuh. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Besar Sudut 3/4π rad Sama Dengan

Satuan radian dapat digunakan untuk mengukur sudut, namun besarnya berbeda dengan derajat. Misalnya π ÷ 2 radian sudut siku siku, π radian pada sudut segitiga penuh, dan 2 × π (pi) radian pada lingkaran penuh. Seperti yang kita tahu bahwa radian merupakan satuan dalam sistem Internasional untuk mengukur sudut bidang. Penyajian radian dalam pengukuran sudut dari pusat menuju keliling tersebut sama dengan rasio antara panjang busur yang terdiri dari panjang jari jari dan keliling. Radian ini termasuk dalam satuan pelengkap sistem SI pada tahun 1995 bersamaan dengan steradian.

Baca Juga  Rumus Limit Tak Hingga Beserta Contoh Soal Lengkap

Satuan radian pada dasarnya memang berguna untuk materi goniometri, fisika, trigonometri, kalkulus sangat kecil dan sebagainya. Lalu besar sudut 3/4π rad sama dengan berapa? Radian juga dapat diartikan sebagai satuan untuk mengukur sudut menggunakan simpul di bagian tengah lingkaran yang memiliki lengkungan keliling untuk memotong sisi sisinya serta mempunyai panjang sama seperti jari jari.

Jika membahas tentang materi radian ini tentunya kita akan menemukan beberapa soal terkait materi tersebut. Berikut salah satu bentuk soalnya yaitu:

Besar sudut 3/4π rad sama dengan . . .
A. 270°
B. 210°
C. 135°
D. 105°
E. 75°

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. 135°.

Pembahasan.
Sudut dapat dinyatakan dengan satuan radian dan derajat. Satuan radian dapat diubah menjadi satuan derajat, dimana 1 π radian = 180°. Maka:
3/4π rad = 3/4 x 180° = 135°
Jadi besar sudut 3/4π rad sama dengan 135°.