8 Contoh Gelombang Longitudinal Dalam Kehidupan Sehari Hari

Diposting pada

8 Contoh Gelombang Longitudinal Dalam Kehidupan Sehari Hari – Pernahkah kalian memperhatikan pegas (slinki) yang bergerak maju mundur? gerak bolak balik itulah yang akhirnya disebut sebagai longitudinal. Penerapan gelombang longitudinal bahkan banyak sekali dipakai oleh para ahli untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Gelombang longitudinal adalah suatu gelompang dengan arah getaran sama seperti arah rambatan. Dari pengertian ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa gerakan gelombang maupun medium bisa sama atau berlawanan.

Contoh gambar gelombang longitudinal
gambar gelombang longitudinal

Meski mampu menyebutkan pengertian ataupun menghitung cepat rambatnya. Tapi ternyata tak semua orang bisa menyebutkan contoh gelombang longitudinal daam kehidupan sehari hari. Hal ini menurut saya cukup lumrah karena materi ini memang membutuhkan pemahaman konsep yang tinggi.

Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini kita akan berfokus mendalami gelombang longitudinal saja. Tujuannya agar kalian memiliki pemahaman konsep lebih baik dan mampu menjawab segala soal ketika ujian.

8 Contoh Gelombang Longitudinal Dalam Kehidupan Sehari Hari

Fisika termasuk mata pelajaran yang dianggap sulit oleh mayoritas siswa sekolah menengah. Berbagai rumus serta teori kompleks harus dikuasai bila ingin menjadi ahli di mapel fisika. Materi tentang gaya, dinamika rotasi, hukum pascal, fluida, sampai gelombang trasnfersal dan longitudinal pun harusnya cukup familair.

Ketika duduk di bangku SMA guru akan mulai fokus membahas apa itu gelombang longitudinal. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan intensif yang diberikan hampir setiap pertemuan. Di lain sisi, guru pun tak henti hentinya meminta kita membaca rumus hitung dan teori yang terdapat di buku pedoman.

Ada banyak sekali contoh gelombang longitudinal dalam kehidupan sehari hari. Tapi mayoritas siswa tak menyadari hal tersebut karena minimnya pengetahuan. Padahal materi satu ini sudah pasti dibahas guru secara intensif. Di lain sisi kita pun dapat membaca semua penjelasan karena pengertian, rumus, dan contoh gelombang longitudinal tertulis di LKS.

Bicara Lewat Mikrofon

Pada berbagai kesempatan kita pasti pernah mendengar orang berbicara lewat mikrofon. Tanpa sadar ternyata persitiwa ini menjadi contoh gelombang longitudinal dalam kehidupan sehari hari. Mengapa demikian? ucapan di mokrofon mengudaran di frekuensi yang berlainan. Partikel suara dari transmiter akan bergerak sama dengan udara lalu masuk ke receiver untuk menghasilkan suara.

Ketika duduk di bangku sekolah kita bahkan diajarkan bagaimana cara menghitung cepat rambatnya. Saya pun sudah menuliskan rumus gelombang longitudinal pada artikel sebelumnya. Bila penasaran kalian bisa pergi dan membaca penjelasan tersebut.

Baca Juga  Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Terjadinya Gempa

Gempa termasuk bencana alam yang sering terjadi khususnya di Indonesia. Penyebabnya pun beragam dan mayoritas murni karena fenomena alam. Ternyata gempa yang terkenal destruktif mampu memancarkan gelombang yang dinamakan sebagai P Seismik. Beberapa pakar sependapat bahwa contoh gelombang longitudinal ini hanya bisa dirasakan oleh hewan karena indera mereka jauh lebih peka daripada manusia.

Berdasarkan proses kejadiannya, P seismik adalah gelombang gempa tercepat. P seismik mampu menyebabkan bagian lempeng teknotik bergerak maju serta mundur. Peristiwa ini tentunya sesuai dengan konsep longitudinal.

Getaran Kaca Jendela

Kilatan petir disertai suara guntur yang keras biasa terjadi saat turun hujan atau badai. Suara guntur yang terlewat keras biasanya akan membuat kaca jendela rumah kita bergetar sedemikian rupa. Nah, peristiwa ini bisa menjadi contoh gelombang longitudinal dalam kehidupan sehari hari.

Secara garis besar peningkatan suhu dan tekanan udara karena disebabkan oleh petir. Kilatan tersebut lalu menciptakan gelombang kejut suara dengan intensitas sangat keras. Shockwave mampu merambat lewat udara dan membuat kaca jendela bergetar.

Terjadinya Tsunami

Tsunami adalah bencana alam yang menakutkan karena bersifat destruktif dan mampu menelan banyak korban. Tak heran bila masyarakat pesisir pantai sangat takut dan mewaspadai tsunami. Tapi taukah kalian bagaimana proses terjadinya tsunami?

Mayoritas orang pasti mengaitkan fenomena ini sebagai gelombang transfersal. Padahal sesuai prosesnya, kita juga bisa memasukan tsunami sebagai contoh gelombang longitudinal dalam kehidupan sehari hari.

Mengapa demikian? saat air pasang sampai di pantai atau daerah yang lebih kecil maka gelombang pun juga akan mengecil serta lebih tipis. Peristiwa ini terjadi karena gelombang bergerak sejajar dengan partikel air.

Itulah sedikit penjelasan contoh gelombang longitudinal dan penerapan dalam kehidupan sehari hari. Bila kalian masih mengalami kesulitan atau memiliki pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar. Sekali lagi, terimakasih sudah mampir dan membaca artikel bermanfaat dari saya.