Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia Lengkap

Diposting pada

Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia Lengkap – Dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis tulang dengan fungsi masing masing. Salah satunya ialah tulang hasta. Jenis tulang ini memiliki struktur tertentu yang berguna dalam tubuh manusia. Lantas apa saja fungsi dari tulang hasta? Apa sebenarnya pengertian tulang hasta itu? Tulang hasta merupakan tulang yang berguna untuk membentuk sel darah dan menyimpan mineral di sumsum tulang. Letak tulang hasta searah dengan sisi di bagian jari kelingking, sejajar dengan tulang pengumpil, sebelah medial lengan bawah dan sekat dengan siku.

Apa fungsi tulang hasta itu? Seperti yang kita tahu bahwa tulang hasta atau ulna adalah salah satu tulang yang digunakan untuk menyusun lengan bagian bawah pada seluruh vertebrata yang hidupnya ada di darat, termasuk juga untuk manusia. Letak tulang hasta sendiri ada di lengan bagian bawah, sejajar dengan kelingking dan memanjang dari siku siku menuju pergelangan tangan.

Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia Lengkap
Gambar tulang hasta pada tubuh manusia

Tulang hasta dapat dinamakan dengan Ulna. Tulang hasta bagaikan sebuah pipa dengan dua ujung di bagian batangnya. Di sebelah medial lengan bawah terdapat tulang hasta yang berukuran lebih panjang dibandingkan tulang pengumpil atau radius. Di bagian bawah terdapat kepala tulang hasta tersebut. Ulna atau tulang hasta dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti ujung bawah Ulna, ujung atas Ulna dan batang Ulna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi tulang hasta pada tubuh manusia lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia Lengkap

Apa itu tulang? Secara umum, tulang adalah organ keras yang terdapat di semua jaringan tubuh dengan sifat yang sulit dibengkokkan, kuat, maupun kaku. Tulang sendiri merupakan susunan jaringan dari matriks kolagen dan sel. Tulang tersebut pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah tulang hasta.

Manusia dilahirkan dengan dua tangan yang berfungsi untuk menunjang hidupnya. Tulang hasta inilah yang menjadi kerangka dari tangan kita. Namun selain berfungsi sebagai tempat melekatnya otot dan sebagai kerangka keras tubuh, fungsi tulang hasta masih banyak lagi. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pengertian tulang hasta ialah tulang yang berguna untuk membentuk sel darah dan menyimpan mineral di sumsum tulang.

Tulang hasta pada dasarnya memiliki fungsinya sendiri. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari tulang hasta seperti di bawah ini:

  • Mendukung kerangka tangan pada manusia.
  • Memberikan bantuan untuk melakukan putaran pada pergelangan tangan.
  • Menciptakan tulang lengan bawah.
  • Mendukung gerakan pada lengan bawah.
  • Menghasilkan sel darah dan menyimpan mineral di sumsum tulang.
  • Penyusun lengan bawah di bagian tangan manusia karena bekerja sama dengan tulang pengumpil.
  • Membantu melakukan gerakan pada lengan bawah.
  • Tempat menempelnya berbagai otot di lengan.
  • Untuk menarik otot.
  • Sebagai alat pada sendi siku yang fleksibel.
Baca Juga  12 Perbedaan Jaringan Hewan dan Jaringan Tumbuhan

Hal hal di atas merupakan fungsi tulang hasta secara umum. Pada dasarnya pertumbuhan tulang pada anak yang berusia 4 tahun bermula dari tengah dibagian kepala tulangnya. Setelah itu pertumbuhan berlanjut pada olecranon saat berusia 10 tahun. Lalu humerus akan memiliki sendi pada bagian superior tulang yang sesungguhnya pada usia 16 tahun. Pada usia 20 tahun akan terjadi pertumbuhan di bagian bawahnya. Di bawah ini terdapat gambar tulang hasta pada manusia yaitu sebagai berikut:

Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia Lengkap
Gambar Tulang Hasta

Setelah memahami tentang pengertian tulang hasta dan fungsi tulang hasta di atas, tentunya kita tahu bahwa jenis tulang manusia ini menunjang pembentukan lengan bawah. Apabila terjadi keretakan pada tulang hasta, maka otot otot yang melekat kepadanya menjadi non aktif sehingga menimbulkan bagian jari jari terasa sakit. Dengan kata lain gerakan jari jari dan lengan sangat dipengaruhi oleh tulang hasta. Adapun beberapa otot yang menempel pada tulang hasta yaitu sebagai berikut:

  • Otot extensor indicis.
  • Otot pronator teres.
  • Otot flexor digitorum profundus.
  • Otot flexor carpi ulnaris.
  • Otot brachialis.
  • Otot extensor pollicis longus.
  • Otot extensor carpi ulnaris.
  • Otot pronator quadratus.
  • Otot flexor pollicis longus.
  • Otot abductor pollicis longus.
  • Otot supinator.
  • Otot anconeus.

Tulang hasta juga digunakan untuk penyeimbang, sehingga tidak hanya berguna sebagai tempat melekatnya otot otot di atas. Penyeimbang yang dimaksud ialah untuk menyeimbangkan jari, tangan dan lengan pada manusia. Bahkan tulang hasta dapat difungsikan untuk mengendalikan pergerakan lengan dan tangan. Maka dari itu tulang hasta dapat menjadi pengontrol gerakan jari jemari setiap saat.

Sebenarnya fungsi tulang hasta cukup banyak seperti untuk menguatkan lengan. Jika tulang hasta tidak ada, maka kelumpuhan akan terjadi pada tangan. Hal ini dikarenakan tangan akan memiliki bentuk yang lemas dan juga kecil. Seperti yang kita ketahui bahwa sendi siku akan terkontrol dan stabil gerakannya apabia kepala distal humerus melakukan artikulasi dengan kepala proksimal dari Ulna (proses olecranon).

Sekian penjelasan mengenai fungsi tulang hasta pada tubuh manusia lengkap. Pengertian tulang hasta ialah tulang yang berguna untuk membentuk sel darah dan menyimpan mineral di sumsum tulang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi tulang hasta di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.