Kebijakan Otonomi Daerah Dilatarbelakangi Oleh

Diposting pada

Kebijakan Otonomi Daerah Dilatarbelakangi Oleh – Menurut bahasa Latih kita dapat mengetahui istilah otonomi secara etimologi. Otonomi sendiri asalnya dari kata “autos” bermakna sendiri dan kata “nomos” bermakna aturan. Maka dari itu otonomi secara etimologi adalah pengaturan sendiri, mengatur atau memerintah sendiri. Pada dasarnya daerah otonom dan otonomi daerah merupakan dua hal yang tidak sama atau berbeda. Maka dari itu otonomi daerah dalam arti sempit dapat diartikan sebagai mandiri.

Otonomi daerah memang identik dengan kemandirian sebuah daerah. Kemandirian ini berhubungan dengan keputusan dan pembuatan tentang hal penting yang terletak di daerah tersebut. Otonomi daerah tersebut juga dapat diartikan sebagai suatu kewenangan otonomi daerah. Kewenangan tersebut berguna untuk mengurus dan mengatur kepentingan dari masyarakat setempat. Hal ini didasarkan pada aspirasi masyarakat dan pelaksanaannya sendiri. Lalu kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh apa?

kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh
Otonomi Daerah

Berjalannya otonomi daerah memang didasarkan pada peraturan Undang Undang. Daerah otonom adalah suatu kesatuan masyarakat secara hukum. Kesatuan ini mempunyai batas daerah tertentu. Daerah tersebut mempunyai wewenang dalam mengatur daerahnya, Kemudian juga memiliki wewenang untuk mengurus kepentingan dari masyarakat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kebijakan Otonomi Daerah Dilatarbelakangi Oleh

Dalam otonomi daerah tentunya terdapat salah satu aspek penting yaitu pemberdayaan masyarakat. Hal ini menyebabkan adanya hak berpartisipasi yang dapat mereka miliki. Materi otonomi daerah tersebut tentunya sudah saya bahas lengkap dalam artikel sebelumnya. Materi tersebut dijelaskan dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Seperti yang kita tahu bahwa kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh terjadinya proses pemindahan kekuasaan pusat menuju daerah. Otonomi daerah memang merupakan sebuah kewenangan daerah otonom dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan aspirasi masyarakat menurut UU No. 22 Tahun 1999 mengenai Pemerintah Daerah.

Baca Juga  Pengertian Pemilu Langsung dan Pemilu Tidak Langsung Terlengkap

Jika membahas tentang materi otonomi daerah tersebut, maka kita akan menemukan salah satu soal seperti berikut:

Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh . . .
A. Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah
B. Pemerintah pusat tidak dibebani lagi dengan memberikan anggaran daerah
C. Putera putera daerah dapat berpartisipasi dalam pembangunan didaerahnya.
D. Daerah daerah lebih kreatif dalam mengembangkan sumber dayanya.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah.

Pemindahan kekuadaan dari pusat ke daerah memang bertujuan agar sebuah daerah bisa memimpin daerahnya sendiri tanpa memperoleh campur tangan dari pusat atau daerah lain serta dapat menyejahterakan rakyat. Kebijakan otonomi daerah ini dilakukan agar putra daerah bisa melakukan partisipasi dalam pembangunan daerah secara aktif.

Penyelenggaraan otonomi daerah secara khusus dilatarbelakangi oleh beberapa aspek seperti:

  • Aspek pemerintahan yang baik
  • Aspek fisik kewilayahan
  • Aspek penduduk
  • Aspek legal konstitusional

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerah. Otonomi daerah sendiri merupakan suatu kewenangan otonomi daerah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.