Lagu Yamko Rambe Yamko Dinyanyikan Dengan Tempo

Diposting pada

Lagu Yamko Rambe Yamko Dinyanyikan Dengan Tempo – Apa itu tempo? Secara sederhana tempo dapat diartikan sebagai durasi dari kecepatan birama suatu lagu. Tempo ini biasanya ditulis dalam bentuk notasi angka dan balok dalam perhitungan BPM. Tempo tersebut terdiri dari tempo cepat, tempo lambat, dan tempo sedang. Kita dapat menemukan salah satu contoh tempo cepat dalam lagu rock.

Seperti yang kita tahu bahwa tempo termasuk dalam unsur unsur seni musik. Pengertian tempo adalah kecepatan beat atau irama musik yang menghasilkan suatu harmoni. Maka dari itu musik dapat diubah menggunakan sesuatu yang diperhitungkan seperti tempo tersebut. Lantas lagu yamko rambe yamko dinyanyikan dengan tempo apa? Tempo memang berhubungan dengan cepat atau lambatnya penyajian sebuah musik. Unsur musik yang satu ini memang dapat menghasilkan sebuah harmoni sehingga cukup penting untuk seorang musisi.

Lagu Yamko Rambe Yamko Dinyanyikan Dengan Tempo
Penggunaan Tempo Pada Lagu

Tempo pada dasarnya berhubungan dengan unsur unsur musik lainnya. Salah satunya adalah tangga nada. Pengertian tangga nada sendiri telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Tempo memang termasuk dalam durasi kecepatan dalam birama lagu. Nilai tempo sebuah lagu akan semakin besar jika permainan lagu tersebut semakin cepat. Tempo memiliki makna sebagai waktu, sedangkan kecepatan merupakan ukuran dalam langkah tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang lagu yamko rambe yamko dinyanyikan dengan tempo apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Lagu Yamko Rambe Yamko Dinyanyikan Dengan Tempo

Dalam perhitungan beat per minute (BPM) pada umumnya terdapat penulisan tempo dalam bentuk notasi angka dan balok yang biasanya diletakkan pada bagian kiri atas lagu. Beat sendiri merupakan ketukan dasar yang menjelaskan tentang jumlah ketukan pada setiap satu menitnya. Contohnya beat dalam suatu lagu adalah 80 MM, maka dalam lagu tersebut ada 80 ketukan dalam satu menitnya.

Satuan MM dalam beat merupakan singkatan dari Metronome Malze. Kata Metronome adalah sebutan untuk alat yang digunakan untuk mengukur tempo. Sedangkan Malze adalah nama orang yang menciptakan alat tersebut. Apa saja jenis jenis tempo? Dalam sebuah musik tentunya ada macam macam tempo yang dikelompokkan berdasarkan penggunaannya. Lalu lagu yamko rambe yamko dinyanyikan dengan tempo apa?

Baca Juga  Sejarah Perkembangan Musik Eropa

Tempo memang terdiri dari tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Kecepatan yang dimiliki tempo lambat berada diantara 40 – 60 beat/langkah tiap menitnya. Tempo lambat ini terdiri dari leto, grave, largi, dan adagio. Lalu berapa beat/langkah pada tempo sedang dan tempo cepat? Jika membahas tentang materi tempo ini, pasti kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Lagu yamko rambe yamko dinyanyikan dengan tempo . . .
A. Lambat
B. Cepat
C. Agak cepat
D. Sangat Cepat

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Agak cepat.

Seperti yang kita tahu bahwa nada dasar lagu Yamko Rambe Yamko adalah Do = C, bertempo agak cepat, dan berirama 4/4. Jadi dapat disimpulkan bahwa lagu yamko rambe yamko dinyanyikan dengan tempo agak cepat. Jumlah ketukan pada lagu Yamko Rambe Yamko ini sekitar 120 – 168 BPM per menit, dimana jenis temponya allegro. Secara umum tempo lagu dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Tempo lambat (Largo) adalah tempo yang memiliki ketukan per menitnya berjumlah 40 – 60 BPM.
  • Tempo sedang (Moderato) adalah tempo yang memiliki ketukan per menitnya berjumlah 108 – 120 BPM.
  • Tempo cepat (Allegro) adalah tempo yang memiliki ketukan per menitnya berjumlah 120 – 168 BPM.

Kemudian tempo cepat ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam. Adapun jenis jenis tempo cepat yaitu meliputi:

  1. Presto adalah tanda tempo cepat, dimana ketukan per menitnya berjumlah 184 – 200 PBM.
  2. Vivace adalah tanda tempo riang dan hidup, dimana ketukan per menitnya berjumlah 160 – 176 PBM.
  3. Allegro adalah tanda tempo riang dan cepat, dimana ketukan per menitnya berjumlah 132 – 138 PBM.
  4. Allegretto tanda tempo cepat, dimana ketukan per menitnya berjumlah 108 – 116 PBM.