Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut

Diposting pada

Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut – Seperti yang kita tahu bahwa mencari jarum yang jatuh memang sulit dilakukan karena memakan waktu yang lama. Namun kita dapat menemukannya dengan menggunakan magnet yaitu cukup mendekatkannya ke lantai dan magnet akan menarik logam seperti jarum tersebut. Dengan begitu jarum dapat dicari dengan mudah.

Jika magnet diletakkan diantara serbuk besi, maka dikedua ujung magnet akan menempel banyak sekali serbuk besi. Namun menempelnya serbuk besi ini akan semakin sedikit jika letaknya semakin tengah. Dengan kata lain gaya tarik paling kuat tersebut berada di kedua ujung magnetnya. Berbeda lagi dengan bagian tengah magnet yang hanya memiliki gaya netral atau tidak mempunyai gaya tarik magnet. Lantas magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa?

magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut
Magnet

Magnet merupakan benda yang bisa menarik benda disekitar kita asalkan berasal dari bahan tertentu. Bahan yang dapat ditarik magnet ini berasal dari logam seperi nikel, besi, baja, ataupun campruran dari ketiganya. Bentuk magnet sendiri cukup beragam seperti magnet jarum, magnet U, magnet batang, dan magnet silinder. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian magnet beserta sifat sifatnya. Magnet tersebut mempunyai dua kutub yang berupa kutub selatan dan kutub utara. Magnet akan saling tarik menarik jika kedua kutub yang berbeda saling didekatkan. Sedangkan magnet akan saling tolak menolak jika kedua kutub yang sama saling didekatkan. Kedua kutub magnet ini saling berinteraksi sehingga menyebabkan gaya magnet. Magnet tersebut dapat kita jumpai pada alat kompas, dimana berfungsi untuk menunjukkan arah selatan dan utara.

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Nada Disebut

Apakah anda tahu cara membuat magnet itu? Magnet pada umumnya dapat dibuat dengan cara induksi, elektromagnetik atau aliran arus listrik, dan digosok. Ketiga cara ini dapat membuat benda dengan bahan tertentu berubah menjadi magnet, meskipun sifatnya sementara ataupun permanen. Maka dari itulah kita mengenal adanya magnet buatan dan magnet alam. Lantas magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa?

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi magnet tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah magnet elementer.

Seperti yang kita tahu bahwa magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut magnet elementer. Magnet magnet elementer ini saling tersusun rapi, beraturan, dan searah sehingga kutub kutub magnet dapat tercipta. Jika susunan magnet elementernya tidak rapi maka sifat kemagnetannya akan hilang. Hal ini dapat kita lihat dalam benda yang bukan magnet, dimana magnet elementer yang dimilikinya tidak teratur dan acak sehingga kutub magnetnya tidak terbentuk.