Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah

Diposting pada

Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah – Dalam sekujur tubuh kita pada dasarnya tidak hanya terdapat air di dalamnya, tetapi adapula darah yang juga mengalir. Oksigen dan sari sari makanan pada umumnya akan kesulitan untuk diantar ke seluruh tubuh jika darah tidak ada. Tetapi apakah anda tahu komponen komponen penyusun darah itu? Komponen darah ini tentunya memiliki peran dan fungsinya masing masing.

Lantas pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa saja? Darah memang disusun dari kombinasi sel sel darah dengan plasma darah yang keduanya menyebar di seluruh tubuh. Sel sel darah yang tersedia ini masih dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti sel darah putih, trombosit, dan sel darah merah. Maka dari itu darah manusia secara keseluruhan terdiri dari empat komponen yaitu sel darah merah, trombosit (keping darah/platelet), plasma darah, dan sel darah putih.

pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah
Komponen Penyusun Darah

Komponen komponen dalam darah memang memiliki fungsi dan tugasnya masing masing. Hal ini dikarenakan setiap komponen dapat mendukung kerja darah dalam tubuh manusia. Maka dari itu cegah penyakit yang berhubungan dengan darah melalui pola hidup yang sehat agar kesehatan tubuh dapat kita jaga. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang sistem peredaran darah dalam tubuh manusia. Lalu apa itu darah? Pengertian darah adalah bagian tubuh manusia yang berperan untuk mengangkut oksigen, hormon, zat atau bahan makanan, dan sisa sisa metabolisme tubuh. Darah memang memiliki peran yang penting dalam tubuh. Namun semua itu tidak terlepas dari adanya dukungan berbagai jenis komponen penyusun darah tersebut.

Baca Juga  Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Darah memang hanya berwujud cairan merah, namun didalamnya terkandung beberapa komponen yang cukup kompleks. Susunan darah ini merupakan kombinasi dari sel sel darah dan plasma darah yang beredar di seluruh bagian tubuh. Lantas pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa saja?

Materi tentang darah tersebut memang sudah dijelaskan ketika di bangku sekolah. Materi ini tidak hanya dijadikan sebagai bahan ajar saja. Tetapi juga digunakan sebagai bahan soal soal ujian seperti berikut:

Pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah . . .
A. Eritrosit mempunyai inti sel, selnya berbentuk bulat pipih dan bagian tengahnya cekung (bikonkaf).
B. Trombosit mempunyai inti sel dan bergranula, bentuk selnya beraneka ragam, bulat, oval, dan memanjang.
C. Leukosit tidak mempunyai inti sel, selnya mempunyai bentuk yang tidak tetap atau bersifat ameboid.
D. Plasma darah adalah cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Plasma darah adalah cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya.

Berdasarkan jawaban di atas kita apat menyimpulkan bahwa pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah plasma darah merupakan cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya. Berikut uraian penjelasan dari jawaban di atas yaitu:

  • Pernyataan A dinyatakan SALAH karena eritrosit tidak mempunyai inti sel.
  • Pernyataan B dinyatakan SALAH karena trombosit tidak mempunyai inti sel dan granula.
  • Pernyataan C dinyatakan SALAH karena leukosit mempunyai inti sel.