Proses Akhir Dari Pembuatan Sebuah Kerajinan Adalah

Diposting pada

Proses Akhir Dari Pembuatan Sebuah Kerajinan Adalah – Apa itu kerajinan? Secara umum pengertian kerajinan adalah kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan seseorang yang dimilikinya. Keterapilan yang dimiliki tersebut tentunya berhubungan dengan seni. Maka dari itulah kerajinan dapat digolongkan dalam cabang seni. Keterampilan pada dasarnya lebih menekankan pada keterampilan tangan yang tinggi ketika mengerjakannya. Kerajinan ini disebut juga dengan seni kriya.

Pengertian seni kriya sendiri telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Menurut bahasa Sansekerta asal kata “Kr” disini memiliki makna yaitu mengerjakan. Maka dari itulah akan terbentuk sebuah karya. Kemudian untuk kata kriya disebut juga dengan kerja. Kerajinan atau kriya ini dianggap sebagai seni yang kualitasnya tinggi atau unik. Lalu proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah apa?

Proses Akhir Dari Pembuatan Sebuah Kerajinan Adalah
Cara Membuat Kerajinan

Kerajinan pada dasarnya akan menciptakan sebuah barang. Barang ini mempunyai nilai fungsi didalamnya. Barang yang dihasilkan ini tidak hanya memiliki nilai fungsi, tetapi juga mempunyai nilai estetika yang tinggi. Maka dari itulah kerajinan tersebut sering kali menjadi pajangan. Kerajinan ini memang dapat diartikan sebagai barang yang didalamnya mempunyai unsur seni. Lalu bagaimana cara membuat kerajinan itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Proses Akhir Dari Pembuatan Sebuah Kerajinan Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa kerajinan dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan manusia. Contohnya saja produk kerajinan bahan lunak. Kerajinan tangan ini memiliki aksesoris yang pernak pernik dan beragam. Hal ini bertujuan agar kerajinan tersebut menjadi lebih indah dan enak untuk dipandang. Lalu bagaimana cara membuat kerajinan itu?

Baca Juga  Menurut UUD 1945 Kekuasaan Yudikatif Dilaksanakan Oleh

Selain memahami tentang cara membuat kerajinan tersebut, anda juga harus mengetahui cara mengemas dan merawat kerajinan itu sendiri. Kerajinan ini dapat diproduksi dengan beberapa tahap. Lalu proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah apa? Berikut tahapan produksi kerajinan yaitu meliputi:

  • Tahap pembahan yaitu tahap mempersiapkan semua bahan baku yang akan diproduksi.
  • Tahap pembentukan adalah tahap membentuk bahan baku menjadi bentuk dasar sesuai dengan jenis materialnya.
  • Tahap perakitan adalah proses menggabungkan beberapa komponen bentuk menjadi kerajinan yang diharapkan untuk menghias sesuatu.
  • Tahap finishing adalah memberikan bentuk penampilan produk yang memiliki nilai jual.

Jika membahas tentang cara membuat produk tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah . . .
A. Pemasaran
B. Produk
C. Kemasan
D. Finishing

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Finishing.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah finishing. Dalam finishing sendiri terdapat serangkaian proses yang digunakan untuk melapisi permukaan benda. Tujuan finishing adalah untuk membuat produk memiliki nilai tambah.