Rumus Mencari Tinggi Balok Jika Diketahui Volume, Panjang, dan Lebarnya

Diposting pada

Rumus Mencari Tinggi Balok Jika Diketahui Volume, Panjang, dan Lebarnya – Dalam ilmu Matematika tentunya kita mengenal adanya bangun ruang. Bangun ruang ini terkenal dengan cirinya yaitu terdiri dari panjang, lebar dan tinggi sehingga memiliki ruang di dalamnya. Bangun datar tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah bangun balok. Apa itu balok?

Balok adalah bangun ruang yang memiliki batasan tiga pasang sisi sejajar berbentuk persegi panjang atau persegi dengan ukuran yang berbeda. Bangun ruang ini paling tidak memiliki satu pasang sisi sejajar yang ukurannya tidak sama. Selain itu balok juga memiliki ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri balok tersebut yaitu memilliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Lalu bagaimana rumus balok itu? Bagaimana rumus rumus mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya? Bagaimana rumus tinggi balok?

Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita pasti banyak menerapkan konsep balok. Benda benda yang berbentuk balok tersebut pasti sering kita jumpai seperti lemari, kemasan produk, kotak pensil, kulkas dan sebagainya. Balok memang termasuk bangun ruang yang memiliki rumus cukup mudah untuk dipahami, baik rumus luas permukaan maupun rumus volume balok. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Mencari Tinggi Balok Jika Diketahui Volume, Panjang, dan Lebarnya

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh gambar jaring jaring balok. Jaring jaring balok ini dapat anda peroleh jika bangun tersebut dibuka dan diluruskan menjadi gabungan beberapa bentuk bangun datar. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa balok memiliki beberapa rumus di dalamnya, baik rumus volume maupun luas permukaan. Sedikit mengingat kembali mengenai rumus luas permukaan balok tersebut yaitu sebagai berikut:

Luas Permukaan Balok = 2 x (p.l + l.t + p.t)

Keterangan:
p = Panjang balok
l = Lebar balok
t = Tinggi balok

Lalu bagaimana rumus mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya? Rumus tinggi balok ini dapat anda peroleh melalui rumus volumenya. Hal hal yang berhubungan dengan rumus balok ini dapat anda perdalam dengan cara berlatih contoh soal balok yang tersedia. Contoh soal ini dapat diperoleh melalui internet ataupun buku pelajaran Matematika itu sendiri. Di bawah ini terdapat rumus volume balok yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Rumus Diagram Lingkaran dan Cara Menghitung Terlengkap

Volume Balok = p x l x t

Keterangan:
p = Panjang balok
l = Lebar balok
t = Tinggi balok

Rumus Mencari Tinggi Balok Jika Diketahui Volume, Panjang, dan Lebarnya
Bangun Balok

Rumus volume balok di atas dapat digunakan mengetahui rumus mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah rumus tinggi balok = volume : (panjang x lebar).

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa rumus mencari tinggi balok adalah volume : (panjang x lebar). Selain itu adapula rumus balok lainnya yang berhubungan dengan volume, tinggi, panjang, dan lebar balok yaitu sebagai berikut:

  • Volume = panjang x lebar x tinggi
  • Tinggi = Volume : (panjang x lebar)
  • Panjang = Volume : (lebar x tinggi)
  • Lebar = Volume : (panjang x tinggi)

Agar anda lebih memahami rumus tinggi balok di atas, maka saya akan membagikan contoh soal yang berkaitan dengan cara mencari tinggi balok tersebut. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu:

Tentukan tinggi balok yang volumenya 12.000 cm³, panjang 25 cm, dan lebar 20 cm?

Pembahasan.
Diketahui : V = 12.000 cm³, p = 25 cm, l = 20 cm
Ditanyakan : t = ?
Jawab :
t = V : (p x l)
t = 12.000 : (25 x 20)
t = 12.000 : (500)
t = 24 cm
Jadi tinggi balok tersebut adalah 24 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus mencari tinggi balok jika diketahui volume, panjang, dan lebarnya. Rumus tinggi balok ini dapat ditentukan dengan cara menggunakan volume, panjang, dan lebar yang diketahui sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.