Sebutkan Arti Ulul Azmi dan Jelaskan

Diposting pada

Sebutkan Arti Ulul Azmi dan Jelaskan – Seperti yang kita tahu bahwa nabi dan rasul adalah orang yang dipercaya dan dipilih Allah SWT untuk menerima risalah serta wahyu dariNya. Setelah itu wahyu yang diperoleh tadi akan disampaikan kepada umat manusia di bumi. Hal seperti ini tentunya perlu kita pahami sebagai umat muslim. Selain itu kita juga harus mengetahui ataupun memahami jumlah nabi dan rasul yang telah diutus Allah SWT untuk menuju bumi.

Jumlah nabi dan rasul utusan Allah dalam Islam adalah 25 orang. Setiap nabi dan rasul memilki kisah hidupya sendiri ketika menegakkan tauhid maupun menyebarkan ajaram agama Islam. Selain itu adapula lima nabi dan rasul utusan Allah SWT yang diberikan keistimewaan khusus dari 25 nabi dan rasul tadi. Keistimewaan yang dimaksud adalah ketabahan yang luar biasa atau sering dinamakan dengan Ulul Azmi. Coba sebutkan arti ulul azmi tersebut?

Sebutkan Arti Ulul Azmi dan Jelaskan
Nabi Bergelar Ulul Azmi

Istilah gelar Ulul Azmi untuk beberapa nabi dan rasul ini tentunya diketahui oleh beberapa orang. Akan tetapi masih adapula beberapa orang yang belum mengetahui apa itu Ulul Azmi. Jika anda termasuk ke dalam orang yang mengetahui makna istilah itu, coba sebutkan arti ulul azmi? Sebenarnya pengertian Ulul Azmi adalah gelar spesial yang diberikan untuk beberapa nabi dan rasul karena mempunyai tingkat kesabaran dan ketabahan yang luar biasa. Apalagi mereka sedang menyebarkan agama Islam ataupun menjalankan dakwah dan ajaran Islam.

Sebutkan Arti Ulul Azmi dan Jelaskan

Istilah Ulul Azmi sebenarnya dapat dibagi menjadi dua kata yakni Ulul maknanya “memiliki” dan Azmi maknanya “keteguhan tekat dan hati yang kuat”. Maka dari itu Ulul Azmi dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki tekad, ketabahan, dan kesabaran yang kuat ketika menyebarkan serta menjalankan ajaran agama Islam. Meski begitu nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi tidak terlepas dari adanya halangan dan rintangan yang banyak sehingga perlu untuk dilewati.

Dari penjelasan di atas tentunya anda dapat menjawab pertanyaan sebutkan arti ulul azmi tersebut. Nabi dan rasul yang memiliki keteguhan hati dan sabar yang tangguh dalam menyebarkan ajaran Islam akan dipilih oleh Allah SWT sebagai nabi bergelar Ulul Azmi. Siapa saja nama nama nabi yang bergelar Ulul Azmi? Sebutkan arti ulul azmi?

Ketika nabi dan rasul melakukan dakwah tentunya banyak mengalami rintangan dan tantangan. Akan tetapi para nabi berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dan hidayah dalam menghadapi tantangan tersebut. Jika membahas tentang materi Ulul Azmi ini tentunya kita akan menemukan soal soal seperti di bawah ini:

Baca Juga  Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah
  1. Sebutkan arti Ulul Azmi?
  2. Amanah artinya dapat dipercaya. Jelaskan contohnya?
  3. Semua orang ingin cerdas / fatanah. Bagaimana caranya agar cerdas? Jelaskan!
  4. Semua rasul membawa ajaran tauhid. Apa itu tauhid? Jelaskan!
  5. Mengapa Nabi Muhammad SAW disebut rasul terakhir? Jelaskan!
  6. Ulul Azmi maksudnya teguh hati. Jelaskan contohnya?
  7. Rasul Ulul Azmi ada 5 orang. Sebutkan?
  8. Sebutkan sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW ketika masih muda?
  9. Jelaskan apa arti musyrik?

Jawaban dari pertanyaan di atas yaitu:

  1. Jawaban sebutkan arti Ulul Azmi adalah nabi dan rasul yang mempunyai keteguhan hati yang kuat dan kesabaran yang luar biasa. Dalam Al Quran tentunya kita dapat menjumpai gelar Ulul Azmi tersebut.
  2. Contoh dari amanah yaitu saat mengetahui rahasia saudaranya tetapi dia tetap menjaga rahasianya dengan hati yang kuat sampai mati. Selain itu kita juga melakukan tanggung jawab yang diberikan dengan sungguh sungguh.
  3. Cara agar cerdas adalah banyak membaca, kritis dan peka kepada lingkungan sekitar, berguru kepada orang berilmu, belajar, bergaul dengan orang cerdas dan lain lain.
  4. Tauhid artinya keyakinan bahwa Tuhan adalah Allah Yang Maha Esa secara penuh atau Allah SWT itu Tunggal.
  5. Nabi Muhammad SAW sebagai rasul terakhir karena di dalam Al Quran telah ditetapkan dan tidak ada nabi dan rasul lain lagi setelah Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu kitab penutup adalah Al Quran dan mempunyai pemberitahuan bahwa nama nabi penutup adalah Muhammad SAW.
  6. Contohnya kita akan tetap berpegang teguh akan kebenaran meskipun dicerca dan dihina. Selain itu kita juga tawakal, sabar, dan tabah dalam menghadapi cobaan.
  7. Nama nama nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi yaitu Muhammad SAW, Nuh, Musa, Ibrahim, dan Isa.
  8. Ketika nabi Muhammad masih muda memiliki banyak sifat mulia yaitu amanah dan jujur hingga dapat diberikan gelar Ulul Azmi.
  9. Musyrik artinya orang yang menduakan Allah SWT dibandingkan sesembahan yang lain. Perbuatan musyrik yang dilakukan seseorang ini dinamakan dengan syirik.

Sekian jawaban dari salah satu pertanyaan sebutkan arti ulul azmi tersebut. Ulul Azmi ini telah dibahas dalam Al Quran yang dimiliki oleh beberapa rasul dan nabi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.