Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase, dan Mozaik

Diposting pada

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik – Seni budaya memiliki banyak sekali cabang ilmu yang terdiri dari seni rupa, seni musik, tempel, dan lain sebagainya. Mayoritas orang hanya mengenal seni rupa karena contohnya mudah dijumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tapi sebenarnya, masih ada jenis seni tempet yang notabenya tak kalah menarik untuk kita pelajari.

Karya seni tempel sendiri tercipta dari pemanfaatan bahan atau material di sekitar kita. Berdasarkan wujud kita bisa membaginya menjadi tiga aliran yakni seni tempel montase, kolase, dan mozaik. Masing-masing memiliki pengertian, unsur unsur, cara pembuatan, serta contoh yang berbeda.

Bahkan hasil karya seni mozaic, kolase, atau montase bisa dikategorikan sebagai media daur ulang yang sehat. Hal ini dikarenakan bahan atau material diperoleh dari lingkungan sekitar. Apa yang dimaksud seni tempel montase, kolase dan mozaik itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni tempel montase, pengertian seni tempel kolase dan pengertian seni tempel mozaik.

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase, dan Mozaik

Kesenian menjadi salah satu mata pelajaran yang digemari banyak siswa. Selain menyenangkan, setiap kegiatannya juga bersifat edukatif karena mengenalkan siswa pada kekayaan budaya tanah air. Kegiatan yang didominasi oleh praktikum juga menjadi daya terik tersendiri mengapa banyak siswa bersemangat saat masuk jam kesenian.

Kita bisa menjumpai materi yang membahas apa itu montase, kolase, dan mozaik di jenjang sekolah menengah. Dalam konteks pendidikan, ketiganya masuk dalam kategori seni tempel yang materinya bisa kita baca di buku LKS. Di lain sisi, guru pun biasanya akan memberi pembahasan secara lengkap sebagai bentuk pembekalan.

Baca juga : Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme

Tidak hanya sebatas teori serta tugas tertulis saja. Siswa bahkan sering diminta untuk menyebutkan atau bahkan membuat seni tempel itu sendiri. Kendati demikian, ternyata masih banyak yang kesulitan menyebutkan perbedaan montase, kolase, dan mozaik. Padahal materi itu sudah pasti muncul sebagai butir soal saat ujian nanti.

Seni Tempel Montase

Pengertian montase adalah karya seni yang berasal dari kumpulan gambar jadi yang dirangkai menjadi satu. Sehingga terciptalah pencampuran unsur dari berbagai sumber. Jaman dahulu karya montase hanya berupa seni dua dimensi saja. Tapi seiring berjalannya waktu, montase telah berkembang dan menghasilkan karya seni tiga dimensi.

Karya montase memang kurang terkenal di tengah masyarakat karena hampir sama dengan seni patung, seni lukis dan seni kriya. Bahkan karya ini dianggap menjadi salah satu jenis dari karya karya tersebut.

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik
Contoh Seni Tempel Montase

Berdasarkan pengertian seni tempel montase di atas, dapat kita simpulkan bahwa karya montase berasal dari komposisi gambar yang satu dengan yang lainnya. Misalnya gambar rumah yang terdapat dalam majalah. Gambar tersebut dipotong dan ditempelkan pada alas permukaan gambar lainnya. Maka dari itu akan menciptakan hasil karya seni baru.

Hasil karya seni montase sering disebut sebagai karya lukis. Karena materialnya berasal dari gambar yang sudah jadi kemudian dipadukan dengan gambar lainnya. Adapula beberapa fungsi dari seni tempel montase yaitu:

  1. Digunakan untuk dekorasi yang berasal dari benda benda sehari hari (fungsi praktis).
  2. Untuk mengembangkan kreativitas, daya pikir, estetika, emosi dan daya serap otak kita (fungsi edukasi).
  3. Sebagai media ekspresi menggunakan berbagai tipe tekstur dan bahan (fungsi ekspresi).
  4. Untuk mengurangi beban psikologis dengan menuangkan emosi dan ide dalam bentuk karya seni (fungsi psikologis).
  5. Untuk menyediakan lapangan pekerjaan dengan bermodalkan kreativitas (fungsi sosial).

Seni Tempel Kolase

Pengertian kolase adalah karya seni artistik yang berasal dari berbagai macam bahan seperti kayu, kertas, kaca, logam, kain, dan sebagainya. Karya seni ini dibuat dengan cara menempelkan beberapa bahan pada permukaan gambar. Seni Kolase memang memadukan bahan dasar yang dapat dirangkai menjadi seni yang indah dan enak dipandang.

Karya seni kolase tidak terlalu mempertunjukan penggunakan materialnya. maka dari itu memiliki sifat yang berlawanan dengan seni cetak, seni lukis, ataupun seni pahat. Biasanya ketika duduk di bangku SD atau menginjak SMP siswa akan diminta membuat contoh kolase seperti pada gambar di bawah.

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik
Contoh Seni Tempel Kolase

Baca juga : Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan Terlengkap

Mengacu pada pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa hasil karya kolase berasal dari beberapa bahan yang berbeda. Maka dari itu warna yang dihasilkan pun berasal dari warna asli bahan bahan tersebut. Jika pada seni lukis, warna yang digunakan menggunakan cat air yang berwarna warni. Maka pada seni kolase, warna yang digunakan menggunakan warna asli dari bahan yang digunakan.

Meskipun bahan bahan tersebut merupakan hasil rakitan namun seni kolase tetap memperlihatkan bentuk gambar yang mudah dikenali. Seni kolase dapat berbentuk seni dua dimensi maupun seni tiga dimensi. Selain pengertian kolase, adapula unsur unsur rupa yang terkandung dalam seni tempel tersebut. Berikut beberapa unsur rupa dalam kolase yaitu:

  1. Bintik dan titik
  2. Garis
  3. Bidang
  4. Warna

Seni Tempel Mozaik

Pengertian mozaik dalah karya seni berupa dekorasi bidang menggunaan kepingan bahan bahan kertas berwarna dan lain lain. Bahan bahan tersebut disusun dan ditempel mengunakan perekat hingga membentuk karya seni tertentu. Karya seni ini bisanya menggunakan kepingan seperti potongan kaca, potongan daun, pecahan keramik, potongan kayu dan potongan kertas.

Garis garis pada karya tersebut tercipta dari warna kepingan bahan yang digunakan sehingga tidak menggunakan pewarna apapun. Seni Mozaik sering disebut seni dua dimensi karena pembuatannya masih menggunakan pola gambar dan sifatnya hampir sama meski bahan yang digunakan berasal dari biji bijian, pecahan kaca, kertas dan sebagainya.

Pengertian Seni Tempel Montase, Kolase dan Mozaik
Contoh Seni Tempel Mozaik

Berdasarkan pengertian seni tempel mozaik, dapat kita simpulkan bahwa hasil karya seninya berasal dari beberapa bahan yang bentuknya kepingan. Sebelum membuatnya diperlukan ide terlebih dahulu agar dapat menentukan bahan kepingan yang akan digunakan. Karya seni ini berfungsi untuk meningkatkan kreativitas dalam memadukan beberapa macam bahan menjadi sebuah karya seni.

Sekian penjelasan mengenai pengertian seni tempel montase, pengertian seni tempel kolase dan pengertian seni tempel mozaik. Meskipun sama sama jenis seni tempel namun montase, kolase dan mozaik memiliki perbedaan satu sama lain yaitu cara pembuatan dan bahan yang digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Proses Akhir Dari Pembuatan Sebuah Kerajinan Adalah

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.