Contoh Soal Bilangan Berpangkat dan Jawabannya

Diposting pada

Contoh Soal Bilangan Berpangkat dan Jawabannya – Pada dasarnya Materi bilangan sudah tidak asing lagi bagi kita. Materi ini adalah kelanjutan dari pembahasan bilangan bulat yang sebelumnya pernah saya bahas. Di dalamnya kalian akan menjumpai pembahasan lengkap tentang rumus bilangan berpangkat dan pengertiannya. Bilangan berpangkat pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bilangan berpangkat nol, bilangan berpangkat bulat positif dan bilangan berpangkat bulat negatif. 

Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal bilangan berpangkat itu? pertanyaan ini sering terlontar di benak siswa karena memang materi bilangan sangat sulit. Penyebabnya tak lain karena penyajian soal soal perpangkatan rumit dari segi rumus dan cara hitung. Namun sebenarnya pengerjaan dari bilangan berpangkat tersebut cukup mudah untuk dilakukan.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat dan Jawabannya

Bilangan Berpangkat

Secara garis besar semua jenis perpangkatan memiliki cara pengerjaan yang hampir sama. Dalam bilangan berpangkat tentunya terdapat beberapa operasi hitung yang mencakup perkalian dan pembagian. Masalahnya apakah kalian bisa mengerjakan soal bilangan berpangkat tersebut. Beberapa siswa justru merasa kesulitan ketika ditanya rumus pembagian ataupun perkalian bilangan berpangkat.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat dan Jawabannya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bilangan berpangkat dapat diartikan sebagai perkalian bilangan yang bentuknya disederhanakan. Dalam bilangan berpangkat terdapat beberapa sifat yang berbeda beda, mulai dari pembagian, perkalian dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal bilangan berpangkat dan jawabannya.

Pada pembahasan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang rumus rumus bilangan berpangkat seperti rumus perkalian pangkat dan rumus pembagian pangkat. Rumus rumus pangkat ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal yang tersedia.

Baca juga : Pengertian Sistem Persamaan Kuadrat Kuadrat (SPKK) dan Cara Menyelesaikan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus perkalian pangkat dan rumus pembagian pangkat memiliki persamaan yang berbeda beda. Selain itu adapula rumus pangkat nol dan pangkat negatif. Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal bilangan berpangkat dan jawabannya yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan hasil perkalian dari 5³ x 5²?

Jawaban.
5³ x 5²  = 5³⁺²
             = 5⁵
             = 3.125

2. Tentukan hasil perkalian dari 2³ x 2³?

Jawaban.
2³ x 2³ = 2³⁺³
             = 2⁶
             = 64

Baca juga : Contoh Soal Sistem Persamaan Linear Kuadrat Dua Variabel (SPLKDV) Lengkap

3. Tentukan hasil pembagian dari 7¹³ : 7¹⁰?

Jawaban.
Contoh soal bilangan berpangkat tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
7¹³ : 7¹⁰ = 7¹³‾¹⁰
               = 7³
               = 343

4. Tentukan hasil dari 200⁰ + 20⁰ + 2000⁰ + 8000⁰?

Jawaban.
200⁰ + 20⁰ + 2000⁰ + 8000⁰ = 1 + 1 + 1 + 1
                                                = 4
Keterangan:
Bilangan apapun yang dipangkatkan satu akan menghasilkan angka 1

5. Tentukan hasil dari 4‾²?

Jawaban.
4‾² = 1/(4)²
      = 1/16
      = 0,0625

Demikianlah contoh soal bilangan berpangkat dan jawabannya yang dapat saya bagikan. Soal soal terkait materi bilangan berpangkat tersebut dapat diselesaikan sedemikian rupa dengan menggunakan rumus yang tersedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Kumpulan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Beserta Pembahasan