Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks

Diposting pada

Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks – Biasanya jalan cerita yang ditulis dalam novel tentunya mengandung salah satu komponen penting yang berbentuk teks dialog. Teks dialog ini menjadi salah satu pendukung penulisan sebuah novel menjadi karya yang indah untuk dibaca. Teks dialog ini tentunya pernah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Jenis teks tersebut berisi sebuah percakapan yang berlangsung diantara tokoh sesuai dengan jalannya cerita yang disusun oleh penulisnya.

Apa itu teks dialog? Teks dialog adalah teks yang menggunakan bahasa secara langsung untuk melakukan sebuah percakapan, baik berbentuk tulisan ataupun lisan. Dialog ini dapat kita temukan dalam kalimat langsung, dimana kalimatnya dilengkapi dengan tanda petik untuk membuka dan menutup percakapan tersebut. Lalu teks hasil pembicaraan seseorang ataupun hasil percakapan disebut teks apa?

Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks
Penggunaan Teks Dialog

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian dialog interaktif beserta contohnya lengkap. Teks dialog ini memang dapat kita temukan dalam naskah novel, cerpen, dan sebagainya. Teks dialog ini dapat ditulis menggunakan kaidah kebahasaan yang tersedia agar dapat disusun dengan baik dalam sebuah cerpen, novel, maupun karangan lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teks hasil pembicaraan seseorang ataupun hasil percakapan disebut teks apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks

Seperti yang kita tahu bahwa dialog adalah percakapan timbal balik yang berlangsung antara dua orang atau lebih. Teks dialog tentunya berbeda dengan teks diskusi. Teks dialog lebih mengarah pada teknik yang digunakan untuk sarana resolusi konflik ataupun memecahkan persoalan. Sedangkan teks diskusi lebih cenderung pada pemecahan persoalan, memenangkan opini seseorang, goal tertentu, dan menggapai suatu persetujuan.

Baca Juga  4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Dan Ada Acara

Teks dialog pada umumnya memang dapat disusun dengan baik asalkan kita menerapkan kaidah penulisan yang berlaku. Di bawah ini terdapat tata cara penulisan teks dialog yang benar yaitu sebagai berikut:

  • Teks dialog dibuka dan ditutup dengan menggunakan tanda petik.
  • Teks dialog diakhiri dengan tanda titik, dimana ditempatkan sebelum tanda kutip yang mengakhiri dialog. Awal kalimat narasinya diharuskan untuk menggunakan kapital jika diikuti dengan narasi karena tanda titik dapat mengakhiri dialog tersebut.
  • Di akhir dialog menggunakan tanda koma apabila dialog tersebut menggunakan keterangan tokoh untuk memperjelas keadaan.

Dari penjelasan di atas tentunya dapat kita ketahui bahwa teks hasil pembicaraan seseorang ataupun hasil percakapan disebut teks apa. Jenis teks ini hampir sama dengan jenis teks bahasa Indonesia lainnya, dimana memiliki definisi, kaidah, hingga contoh teksnya. Yang membedakan disini hanyalah hal hal yang terdapat dalam teks dialog tersebut.

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi teks dialog tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Teks hasil pembicaraan seseorang ataupun hasil percakapan disebut teks . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah teks dialog.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa teks hasil pembicaraan seseorang ataupun hasil percakapan disebut teks dialog. Biasanya teks ini berguna untuk menuliskan drama dan naskah apa yang aktor akan ucapkan. Seperti yang kita tahu bahwa pengertian teks dialog adalah suatu teatrikal dan literatur yang isinya percakapan dua orang atau lebih, baik secara tertulis maupun lisan.