Bangun Ruang Yang Tidak Memiliki Titik Sudut Adalah

Diposting pada

Bangun Ruang Yang Tidak Memiliki Titik Sudut Adalah – Menurut para ahli, pengertian bangun ruang adalah suatu benda yang mempunyai isi, volume dan komponen penyusunnya (titik sudut, sisi, rusuk) sehingga dapat dikategorikan dalam objek ilmu Matematika. Bangun ruang sendiri dapat dinamakan dengan bangun tiga dimensi. Bangun ruang dalam Matematika dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bangun ruang sisi lengkung dan bangun ruang sisi datar.

Pengertian bangun ruang sisi datar adalah bangun ruang yang memiliki bentuk sisi mendatar. Jenis bangun ruang sisi datar ini dapat berupa kubus, balok, limas, dan prisma. Sedangkan bangun ruang sisi lengkung adalah bangun ruang yang memiliki bagian melengkung. Bangun ruang sisi lengkung tersebut dapat berupa tabung, bola, dan kerucut. Lantas bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah apa saja?

bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah
Bangun Ruang Tabung dan Bola

Seperti yang kita tahu bahwa bangun ruang memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti panjang, lebar, dan tinggi. Kemudian adapula komponen komponen bangun ruang yaitu titik sudut, rusuk, dan sisi. Komponen komponen ini dapat digunakan untuk membedakan jenis jenis bangun ruang tersebut. Tetapi adapula beberapa bangun ruang yang tidak memiliki komponen titik sudut di dalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bangun Ruang Yang Tidak Memiliki Titik Sudut Adalah

Bangun ruang merupakan salah satu objek dalam ilmu Matematika yang membahas tentang bangun tiga dimensi. Bangun tiga dimensi ini termasuk jenis bangun yang mempunyai sisi atau volume. Bahkan dalam kehidupan sehari hari, kita banyak menemukan jenis jenis bangun ruang yang beraneka ragam. Misalnya lemari yang bentuknya balok, kaleng yang berbentuk tabung, dadu yang berbentuk dadu, kelereng yang berbentuk bola, dan lain sebagainya.

Bangun ruang berdasarkan bentuknya memang terdiri dari beberapa macam seperti bola, tabung, limas, kerucut, prisma, balok, dan kubus. Setiap bentuk tentunya memiliki ciri ciri dan rumusnya sendiri. Contohnya saja rumus bola dan tabung. Lantas bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah apa saja?

Baca Juga  Rumus Statistika Dasar Matematika Beserta Contoh Soal

Jika mempelajari tentang materi bangun ruang ini pastinya kita akan menemukan rumus, ciri ciri dan sifat sifatnya. Bangun ruang tersebut menjadi salah satu bahan ajar dalam Matematika sekaligus salah satu bahan soal seperti di bawah ini:

Bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tabung dan bola.

Bangun ruang bola tergolong dalam bangun ruang sisi lengkung yang dihasilkan dari berputarnya lingkaran pada porosnya. Di sekitar kita banyak ditemui bangun bola ini dengan mudah. Di bawah ini terdapat beberapa sifat sifat bola yaitu sebagai berikut:

  • Tidak mempunyai titik sudut dan rusuk.
  • Hanya mempunyai 1 sisi.
  • Jarak pada setiap titik bidang lengkungnya sama dengan titik pusatnya.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah tabung dan bola. Kemudian adapula tabung (silinder) adalah bangun ruang seperti prisma tegak yang berasal dari dua sisi alas dan atap berbentuk lingkaran kongruen, dimana dihubungkan dengan selimutnya berbentuk bidang lengkung. Di bawah ini terdapart sifat sifat tabung yaitu sebagai berikut:

  • Mempunyai 3 bidang sisi seperti selimut, atap, dan alas.
  • Mempunyai bidang atap dan alas yang bentuknya lingkaran kongruen dan sejajar.
  • Mempunyai selimut tabung atau sisi tegak berbentuk bidang lengkung.
  • Mempunyai 2 rusuk lengkung seperti bagian tutup dan alas
  • Tidak mempunyai titik sudut.

Jadi bangun ruang yang tidak memiliki titik sudut adalah tabung dan bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.