Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah

Diposting pada

Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah – Apa saja jenis jenis bangun ruang itu? Bangun ruang merupakan objek yang bentuknya tiga dimensi, dimana memiliki unsur panjang, lebar, dan tinggi. Pada dasarnya bangun ruang ini terdiri dari beberapa jenis seperti limas, tabung, kerucut, bola, dan sebagainya. Salah satu jenis bangun ruang segi banyak tersebut adalah bangun limas.

Limas secara umum berasal dari beberapa segi banyak yang disusun menjadi satu. Pengertian limas adalah bangun ruang sisi datar yang memiliki pembatas seperti sisi tegak berbentuk segitiga dan sisi alas berbentuk segi banyak. Dalam limas sendiri kita mengenal adanya titik puncak yaitu salah satu titik sudut berada disetiap segitiga yang saling bertemu di satu titik. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang jenis jenis limas beserta sifat sifatnya lengkap. Lantas banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah berapa?

banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah
Gambar Limas Segi Empat

Seperti yang kita tahu bahwa nama bangun limas diberikan sesuai dengan bentuk alasnya. Sebuah limas yang bentuk alasnya segitiga dapat dinamakan dengan limas segitiga. Kemudian untuk limas yang bentuk alasnya segi empat dapat disebut limas segi empat, begitupula seterusnya sesuai dengan bentuk sisi alasnya. Kemudian adapula jaring jaring limas segi empat dan sebagainya yang memiliki bentuk yang berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah

Dalam Bahasa Inggris, limas segi empat disebut juga dengan Rectangular Pyramid. Limas dapat diartikan sebagai bangun ruang yang memiliki bentuk sisi alas bersegi n dan mengerucut pada satu titik sehingga sisi tegaknya memiliki bentuk segitiga. Limas dibentuk oleh beberapa unsur seperti sisi, rusuk, dan titik sudut. Untuk menghitung jumlah ketiga unsur limas ini, kita dapat menerapkan rumus:

  • 2 x n untuk menghitung jumlah rusuk limas.
  • n + 1 untuk menghitung jumlah sisi limas.
  • n + 1 untuk menghitung jumlah titik sudut, dimana n = jumlah sisi bangun datar pada alas limas.
Baca Juga  Sebutkan Arti Ulul Azmi dan Jelaskan

Maka dari itu banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah 5 buah (1 + 4 sisi = 5 sisi). Sama seperti jenis limas lainnya, bangun limas segi empat juga memiliki rumus di dalamnya (baik rumus luas permukaan maupun rumus volume). Kedua rumus limas segi empat ini dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Jika kita bedah kembali berdasarkan konsep perhitungan sisi, rusuk dan titik sudut di atas, maka bangun ruang limas segi empat terdiri dari:

  1. Jumlah sisi limas segi empat = n + 1 = 4 + 1 = 5 sisi.
  2. Jumlah rusuk limas segi empat = 2 x n = 2 x 4 = 8 rusuk.
  3. Jumlah titik sudut limas segi empat = n + 1 = 4 + 1 = 5 titik sudut.

Jika membahas tentang limas segi empat ini tentunya kita akan menemukan beberapa sifat di dalamnya. Adapun sifat sifat limas segi empat yaitu memiliki 5 buah sisi (4 sisi tegak dan 1 sisi alas), bentuk alasnya adalah segi empat, memiliki 5 titik sudut, serta memiliki sisi tegak yang bentuknya segitiga. Jika membahas lebih lanjut mengenai materi limas segi empat ini, tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 5 buah sisi.

Seperti yang kita tahu bahwa limas dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung bentuk alasnya. Limas segi empat ini memiliki bentuk alas segi empat, dimana bentuknya dapat berupa persegi, jajar genjang, belah ketupat, dan sebagainya. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa banyak sisi pada bangun limas segi empat adalah 5 buah, dimana 4 sisi tegak dan 1 sisi alas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.