Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk

Diposting pada

Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk – Seperti yang kita tahu bahwa dalam biografi terdapat informasi yang disajikan dalam bentuk narasi dan memuat fakta di dalamnya. Biografi ini digunakan untuk menjelaskan kisah hidup seseorang atau tokoh secara lengkap, baik ketika masih kecil hingga meninggal dunia. Biografi ini tentunya dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu biografi pendek dan biografi panjang.

Dalam biografi pendek terdapat kontribusi dan fakta tokoh di bidang tertentu. Sedangkan biografi panjang berisi cerita tokoh secara menyeluruh dan lebih lengkap. Kemudian biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk apa? Salah satu contoh teks biografi tersebut adalah biografi Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Selain itu masih banyak contoh contoh biografi lainnya.

Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk
Teks Biografi

Biografi dibuat sebaik dan selengkap mungkin karena berhubungan dengan kehidupan seseorang. Biografi yang baik akan menarik minat pembaca dalam meneladani kisah positif tokoh yang telah diceritakan. Tidak heran jika biografi berisi kisah sebuah tokoh dengan berbagai jasa jasanya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk

Biografi memang ditulis berdasarkan kehidupan nyata ataupun karangan penulis. Tetapi penulisannya tidak serta merta hanya ditulis begitu saja, karena harus memperhatikan beberapa ciri ciri di dalamnya. Berikut ciri ciri biografi tersebut yaitu:

  1. Memiliki struktur biografi yang baku.
  2. Mengandung perjalanan hidup seseorang/tokoh.
  3. Berisi motivasi.

Biografi memang dibuat berdasarkan data dan fakta yang tersedia sehingga tidak asal asalan pembuatannya. Maka dari itu biografi sendiri dapat diartikan sebagai tulisan tentang kisah hidup seorang tokoh yang dibuat dan ditulis orang lain. Lantas biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk apa?

Baca Juga  Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh

Dalam teks biografi tentunya terdapat beberapa nilai keistimewaan dan keteladanan yang dapat kita peroleh. Keteladanan dan keistimewaan tokoh dalam biografi dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Materi yang satu ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran dalam Bahasa Indonesia saja, tetapi menjadi salah satu bahan soal soal seperti di bawah ini:

Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk . . .
A. Narasi
B. Cerita
C. Deskripsi
D. Kisah

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Narasi.

Seperti yang kita tahu bahwa biografi merupakan teks yang berisi kisah seseorang atau tokoh yang dibuat dan ditulis oleh orang lain. Berbeda lagi dengan autobiografi yang merupakan cerita kisah seseorang yang ditulis dan dibuat oleh orang yang bersangkutan. Maka dari itu biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.