Ciri Ciri Fisik Dalam Penggolongan Ras Dapat Berupa

Diposting pada

Ciri Ciri Fisik Dalam Penggolongan Ras Dapat Berupa – Seperti yang kita tahu bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang beragam. Keberagaman bangsa Indonesia ini dapat meliputi adat istiadat, suku bangsa, budaya, wilayah, dan agama yang berbeda beda. Perbedaan ini disatukan dengan bentuk Bhinneka Tunggal Ika, dimana artinya berbeda beda tetapi tetap satu.

Sejak zaman dahulu negara Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan. Kemudian datanglah negara lain yang masuk ke wilayah Nusantara sampai menyebabkan terjadinya perbedaan ras yang diwariskan hingga sekarang ini. Apa itu ras? Pengertian ras adalah golongan bangsa yang didasarkan pada garis keturunan dan ciri ciri fisiknya. Lantas ciri ciri fisik dalam penggolongan ras dapat berupa apa saja?

Ciri Ciri Fisik Dalam Penggolongan Ras Dapat Berupa
Jenis Jenis Ras

Seperti yang kita tahu bahwa perbedaan ciri ciri fisik setiap manusia dapat berupa bentuk dan warna rambut, warna kulit, ukuran badan, warna dan bentuk mata, bentuk muka, ukuran badan serta ciri fisik lainnya. Secara umum macam macam ras dapat dikelompokkan menjadi ras Negroid (rambut keriting dan kulit hitam), ras Kaukasoid (rambut pirang, kulit putih dan mata biru), Khoisan (Afrika Selatan), Mongoloid (kulit kuning langsat), serta ras Australoid (kulit hitam/sawo matang). Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri fisik dalam penggolongan ras dapat berupa apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Fisik Dalam Penggolongan Ras Dapat Berupa

Seperti yang kita tahu bahwa ras merupakan dasar penentuan keturunan manusia secara biologi maupun sosiologi. Ras menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dapat diartikan sebagai golongan bangsa menurut rumpun bangsa ataupun ciri ciri fisiknya.

Ras memang merupakan sebuah kelompok manusia yang sedikit berbeda dengan kelompok lainnya, selain dilihat dari ciri ciri bawaannya. Maka dari itu, kita dapat melihat ciri khas seseorang melalui ras tersebut. Yang dimaksud ciri ciri fisik dalam penggolongan ras dapat berupa berat badan, warna kulit, bentuk bibir, indeks kepala, bentuk badan, bentuk rambut, sampai bentuk lipatan mata yang dimiliki masing masing individu.

Baca Juga  Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Sebenarnya masih banyak ciri ciri fisik yang dapat kita pahami untuk membedakan ras yang satu dengan ras lainnya. Macam macam ras di Indonesia pada dasarnya telah kita jelaskan ketika di bangku sekolah. Materi ini bahkan menjadi salah satu bahan soal ujian seperti berikut:

Ciri ciri fisik dalam penggolongan ras dapat berupa . . .
A. Bentuk rumah, mata pencaharian, lagu daerah
B. Bentuk gigi, bentuk telinga, bentuk senjata
C. Warna kulit, bentuk mata, jenis rambut
D. Pakaian yang dikenakan, bentuk tangan dan kaki
E. Semua jawaban benar

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Warna kulit, bentuk mata, jenis rambut

Seperti yang kita tahu bahwa jenis ras yang satu dapat dibedakan dengan jenis ras lainnya jika melihat dari ciri ciri fisiknya. Kemungkinan orang tersebut akan masuk ke dalam ras mana jika dilihat menurut ciri ciri fisiknya. Maka dari itu kita dapat mendefinisikan ciri ciri fisik dalam penggolongan ras dapat berupa warna kulit, bentuk mata, jenis rambut, dan ciri ciri lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.