Contoh Kata Kerja Relasional Beserta Pengertian, Ciri Ciri, dan Jenisnya

Diposting pada

Contoh Kata Kerja Relasional Beserta Pengertian, Ciri Ciri, dan Jenisnya – Pada dasarnya dalam sebuah kalimat terdapat beberapa kara kerja yang digunakan. Salah satunya ialah kata kerja relasional. Apa pengertian kata kerja relasional itu? Apa saja ciri ciri kata kerja relasional? pertanyaan ini mungkin terdengar asing.

Lazimnya, kata kerja dipakai untuk menggambarkan suatu tindakan, aktivitas, dan pengalaman. Tapi tak jarang pula orang menggunakanya untuk menyatakan perubahan arti secara dinamis. Dari definisi di atas harusnya kita sudah bisa menganalisa seperti apa ciri ciri serta contoh kata kerja relasional pada kalimat. Berdasarkan struktur, verba memegang peran penting untuk menciptakan susunan kalimat yang padu.

Contoh Kata Kerja Relasional Beserta Pengertian dan Ciri Ciri Lengkap
Contoh Verba Relasional

Seperti yang telah kita ketahui bahwa subjek melakukan tindakan, aktivitas, perbuatan, pekerjaan dan tingkah laku terhadap objek yang ditunjukkan lewat kata. Demikian pula contoh kata kerja relasional pasti mempunyai ciri ciri serta tujuan khusus. Verba relasional dapat diartikan sebagai jenis kata kerja yang penggunaannya untuk menghubungkan kata pelengkap dengan subjeknya. Dalam hal ini tentunya menggunakan struktur kata kerjanya sendiri. Untuk itulah struktur kata kerja yang digunakan tidak sembarangan saja.

Kata kerja relasional memiliki bentuk strukturnya sendiri sehingga strukturnya berbeda dengan jenis kata kerja lainnya. Adapun struktur kata kerja secara relasional yaitu Subjek+Kata Kerja Relasional+Kata Pelengkap. Dalam kata kerja ini terdapat penggunaan kata pelengkap untuk membuat maksud kalimatnya menjadi lebih tegas. Dengan kata lain maksud kalimatnya dapat dipertegas dengan menggunakan jenis kata kerja ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh kata kerja relasional beserta pengertian kata kerja relasional dan ciri ciri kata kerja relasional lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kata Kerja Relasional Beserta Pengertian, Ciri Ciri, dan Jenisnya

Bahasa Indonesia menjadi salah satu mapel yang mampunyai banyak kandungan materi. Berbagia macam teks, struktur kalimat, kaidah kebahasaan, bahkan sampai aspek terkecil pun dapat kita temukan. Tak heran bila siswa sering mengeluh sulit mengerjakan beberapa soalan bahasa.

Contoh kata kerja relasional sebenarnya bisa kita kenali dengan mudah. Dengan catatan selama kita dapat membedakan antara verba relasional dan jenis lainya. Adapun ciri ciri kata kerja relasional secara umum yaitu memiliki posisi dalam kalimat yang kedudukannya sebagai predikat, mengarah pada suatu reaksi, bentuk perbuatan aktivitas, tindakan ataupun respon, dapat dilengkapi dengan kata keterangan waktu dan tempat, kata benda, kata sifat serta dilengkapi dengan imbuhan seperti di-, kan-, me-, dan ber-.

Baca juga : Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

Biasanya dalam contoh kata kerja relasional terdapat penggunaan kata khusus yang menjadi ciri khas dari kata kerja ini seperti menduduki, merupakan, menjadi, memiliki, bagian, termasuk, dan mendapat. Jika pandai dalam mengolah kata sudah pasti  kita bisa menebak pengertian serta prinsip dari kata kerja relasional tersebut. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadarinya karena kurangnya pengetahuan serta pendalaman materi jenis kata berdasarkan fungsinya.

Pengertian Kata Kerja Relasional

Apa itu kata kerja relasional? pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di benak kalian. Meski implementasinya dapat kita jumpai hampir setiap hari. Tapi faktanya masih banyak yang tak menyadari hal tersebut karena tidak memahami artinya.

Bila ditinjau dari sudut pandang bahasa, maka pengertian jenis kata kerja satu ini cukup luas. Tapi kesimpulannya, kata kerja relasional adalah jenis verba yang dipakai untuk menjelaskan suatu hubungan sebab akibat. Jadi, meski menyatakan suatu kegiatan tapi fungsi sebenarnya hanya sebagai penghubung saja.

Memang sangat sulit mengidentifikasi contoh kata kerja relasional terlebih bagi siswa yang masih awam. Oleh karenanya, simaklah beberapa ciri ciri di bawah ini:

  1. Tidak termasuk kata kerja yang menjelaskan sebuah tindakan.
  2. Menjelaskan hubungan antara sebab akibat.
  3. Tidak dapat menggunakan kata bukan untuk mendahuluinya.
  4. Posisi dalam kalimatnya menempati kedudukan predikat.

Jenis Kata Kerja Relasional

Sering kali kita menggunakan kata kerja yang menunjukan sebab akibat dalam kehidupan sehari-hari. namun apakah kita menyadari penggunaan kata kerja relasional tersebut? sudah pasti tidak. Terlebih lagi kata kerja ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan sifatnya. Apa saja? kata kerja relasional pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan makna dan sifatnya yaitu:

  • Verba relasional yang menjelaskan hubungan sebab akibat. Dalam jenis verba ini menggunakan kata kata seperti menimbulkan, menjadi, menyebabkan, mengakibatkan dan sehingga. Adapun contoh verba relasional dalam kalimatnya yakni daya resap tanah terhadap air yang semakin menurun dapat menyebabkan banjir.
  • Verba relasional yang menjelaskan identitas. Jenis verba tersebut menggunakan kata merupakan dan adalah. Adapun contoh verba dalam kalimatnya yaitu batuan cair adalah cairan dari gunung berapi yang mengeluarkan magma.
  • Verba relasional yang menjelaskan kepemilikan. Adapun contoh kata kerja relasional yang digunakan misalnya mempunyai dan memiliki. Jenis verba ini dapat dinyatakan dalam bentuk kalimat. Misalnya Tornado pada umumnya mempunyai kecepatan angin kurang lebih 175 km/jam.

Materi kata kerja sebenarnya sudah sering dibahas dalam pelajaran bahasa Indonesia baik di jenjang SMP, SMA, dan SMK. Melalui penjelasan diatas saya harapkan bisa menambah wawasan anda. Sampai disini kita pasti sudah memiliki pemahaman lebih lanjut terkait kata kerja penghubung tersebut. Selanjutnya kita akan mendalami materi dengan belajar menganalisa contoh kata kerja relasional dalam sebuah kalimat.

Contoh Kata Kerja Relasional Dalam Kalimat

Setelah menjelaskan tentang pengertian kata kerja relasional dan ciri ciri kata kerja relasional. Selanjutnya saya akan membahas tentang contoh verba relasional. Contoh verba ini tentunya berdasar pada pengertian verba relasional dan ciri ciri verba relasional tersebut. Berikut contoh verba dalam kalimatnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

  • Kakek mempunyai sawah seluas lima hektar.

Dari contoh verba di atas dapat dijelaskan bawah Kakek = Subjek, Mempunyai = Kata Kerja Relasional, dan sawah seluas lima hektar = Kata Pelengkap. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa kalimat tidak akan rancu karena mengandung kata pelengkap di dalamnya. Maka dari itu peran kata pelengkap ialah sebagai objek dan keterangan.

  • Rina menduduki juara pertama dalam perlombaan lari.

Dari contoh verba relasional di atas dapat dijelaskan bawah Rina = Subjek, Menduduki = Kata Kerja Relasional, dan juara pertama dalam perlombaan lari = Kata Pelengkap. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa kalimat tidak akan rancu karena mengandung kata pelengkap di dalamnya. Maka dari itu peran kata pelengkap ialah sebagai objek dan keterangan.

  • Donalt Trump termasuk petinggi di negara Amerika Serikat.

Dari contoh kata kerja relasional di atas dapat dijelaskan bawah Donalt Trump = Subjek, termasuk = Kata Kerja Relasional, dan petinggi di negara Amerika Serikat = Kata Pelengkap. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa kalimat tidak akan rancu karena mengandung kata pelengkap di dalamnya. Maka dari itu peran kata pelengkap ialah sebagai objek dan keterangan.

  • Rio merupakan anak yang rajin.

Dari contoh verba di atas dapat dijelaskan bawah Rio = Subjek, merupakan = Kata Kerja Relasional, dan anak yang rajin = Kata Pelengkap. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa kalimat tidak akan rancu karena mengandung kata pelengkap di dalamnya. Maka dari itu peran kata pelengkap ialah sebagai objek dan keterangan.

  • Sapi bagian dari hewan mamalia.

Dari contoh verba relasional di atas dapat dijelaskan bawah Sapi = Subjek, bagian = Kata Kerja Relasional, dan hewan mamalia = Kata Pelengkap. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa kalimat tidak akan rancu karena mengandung kata pelengkap di dalamnya. Maka dari itu peran kata pelengkap ialah sebagai objek dan keterangan.

Inilah beberapa contoh kata kerja relasional beserta pengertian kata kerja relasional dan ciri ciri kata kerja relasional lengkap yang dapat saya bagikan. Verba relasional merupakan jenis kata kerja yang digunakan sebagai penghubung kata pelengkap dengan subjeknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Silogisme dan Entimen Beserta Pengertian, Struktur serta Rumusnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.