Faktorisasi Prima Dari 48 Adalah

Diposting pada

Faktorisasi Prima Dari 48 Adalah – Dalam ilmu Matematika tentunya kita pernah mengenal adanya faktorisasi prima. Materi ini sering kali dikaitkan dengan adanya faktor prima maupun faktor bilangan. Apa itu faktorisasi prima? Faktorisasi prima pada dasarnya termasuk bagian dalam ilmu Matematika yang berhubungan dengan bilangan prima. Materi ini telah dijelaskan ketika dibangku sekolah terutama dijenjang Sekolah Dasar atau SD.

Sebelum membahas tentang faktorisasi prima tersebut, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai faktor prima dan faktor bilangan. Faktor suatu bilangan dapat diartikan sebagai bilangan yang dapat digunakan untuk membagi bilangan lainnya sampai habis. Kemudian adapula bilangan prima yaitu bilangan yang tersusun oleh dua faktor seperti bilangan satu dan bilangan itu sendiri. Lantas coba sebutkan faktorisasi prima dari 48 adalah berapa?

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan lengkap mengenai rangkuman faktorisasi prima. Faktorisasi prima adalah bentuk perkalian dari sebuah bilangan yang memuat faktor faktor prima. Kita dapat mencari faktorisasi prima tersebut menggunakan pohon faktor maupun diuraikan bilangannya. Kemudian adapula yang mengartikan faktorisasi prima sebagai pecahan bilangan komposit yang tersusun dari hasil perkalian bilangan yang sama maupun bilangan pembagi terkecil sesuai bilangan komposit yang disebutkan. Lalu faktorisasi prima dari 48 adalah berapa?

Faktorisasi Prima Dari 48 Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa algoritme faktorisaasi non kuantum yang efisien sampai sekarang memang belum ditemukan. Kemudian pada tahun 2009 dilakukan percobaan faktorisasi bilangan yang mencakup 232 digit menggunakan ratusan komputer. Hal ini dilakukan oleh beberapa ilmuan selama 2 tahun. Sifat matematis tersebut merupakan dasar dari algoritme enkripsi yang memiliki kunci publlik RSA. Setelah bertahun tahun kemudian ditemukan hasil faktorissi prima yang efisien dan cepat.

Baca Juga  Materi Grafik Fungsi Trigonometri (Sin, Cos, Tan) Lengkap

Coba sebutkan faktorisasi prima dari 48 adalah berapa? Faktorisasi prima merupakan cara menentukan bilangan komposit yang digunakan sebagai hasil kali faktor faktor bilangan prima. Bilangan prima tersebut menjadi pendukung dalam materi faktor prima, faktor bilangan maupun faktorisasi prima. Contohnya faktorisasi prima dari 15 yaitu 3 x 5, dimana menganut bilangan prima yaitu 3 dan 5.

Faktorisasi prima memang dapat ditentukan dengan menggunakan pohon faktor. Agar anda lebih paham mengenai materi tersebut maka kerjakan contoh soal faktorisasi prima di bawah ini:

Faktorisasi prima dari 48 adalah . . .

Jawaban dari soal di atas adalah 2⁴ x 3

Pembahasan.
Bilangan 48 dapat dicari faktorisasi primanya menggunakan pohon faktor berikut ini:

faktorisasi prima dari 48 adalah

Faktor bilangan 48 = 2 dan 3
Faktor prima = 2 dan 3
Faktorisasi prima = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 = 2⁴ x 3
Jadi faktorisasi prima dari 48 adalah 2⁴ x 3.

Berdasarkan jawaban di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa faktorisasi prima aalah hasil perkalian dari bilangan bilangan prima sebagai hasil faktorisasi. Faktorisasi prima tersebut dapat ditentukan menggunakan pohon faktor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.