Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dapat Ditulis Dalam Bentuk

Diposting pada

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dapat Ditulis Dalam Bentuk – Apa itu gagasan pokok? Apa itu gagasan pendukung? Pengertian gagasan pokok adalah hasil atau ide pemikiraan utama yang terdapat dalam suatu paragraf. Paragraf sendiri merupakan sekumpulan kalimat yang banyak, dimana masing masing paragraf mempunyai gagasan pokok maupun gagasan pendukung. Gagasan pendukung dan gagasan pokok pada dasarnya disajikan dalam bentuk kalimat.

Kalimat yang berisi gagasan pokok dapat dinamakan dengan kalimat utama. Sedangkan kalimat yang berisi gagasan pendukung dapat dinamakan dengan kalimat penjelas. Dalam satu paragraf pada dasarnya hanya berisi satu gagasan pokok saja. Lantas gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk apa? Cara menentukan gagasan pokok sendiri telah saya jelaskan lengkap dalam artikel sebelumnya.

gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk
Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Gagasan pokok yang baik dapat dibuat dalam suatu paragraf dengan cara lebih menekankan pada penyampaian pesan terkait isi paragraf tersebut. Biasanya penekanan pada gagasan pokok ini dapat ditemukan dalam karya karya ilmiah. Namun sebelum mempelajari apa itu gagasan pokok, anda harus memahami apa itu kalimat utama terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan gagasan pokok terdapat dalam kalimat utama tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Dapat Ditulis Dalam Bentuk

Gagasan pokok merupakan suatu gagasan dasar yang dapat dikembangkan dalam paragraf. Letak gagasan pokok ini berada pada kalimat utama, baik di awal paragraf, di akhir ataupun dikedua bagian tersebut. Kemudian adapula gagasan pendukung yang merupakan gagasan untuk menjelaskan gagasan utama tersebut.

Baca Juga  Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi

Gagasan pokok memiliki ciri ciri yaitu letak kalimatnya hanya berfokus pada isi topik dalam paragrafnya. Sedangkan gagasan pendukung terdiri dari satu kalimat lebih. Ciri ciri gagasan pendukung adalah isi kalimatnya berguna untuk menjelaskan topik utama dalam gagasan utama. Lantas gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk apa?

Gagasan pokok memiliki nama lain seperti pokok pikiran, ide pokok, ataupun gagasan utama. Sedangkan gagasan pendukung dapat disebut juga dengan gagasan penjelas. Materi gagasan pokok dan gagasan pendukung ini dapat kita temukan dalam bentuk soal seperti di bawah ini:

Gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk . . .
A. Pengumuman
B. Peta pikiran
C. Laporan
D. Dongeng

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Peta pikiran.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam bentuk peta pikiran. Gagasan pokok dijadikan sebagai induk pikiran dalam peta, sedangkan gagasan pendukung menjadi anak pikirannya.

Penulisan gagasan pokok dan gagasan pendukung ini memang dapat dilakukan dalam bentuk peta pikiran, tabel, ataupun diagram. Mengapa gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak dapat ditulis dalam bentuk paragraf? Karena dalam gagasan pendukung dan gagasan pokok hanya berisi informasi penting dalam teks atau bacaan saja. Sedangkan dalam paragraf tersebut biasanya terdapat kalimat utama maupun kalimat pengembang/kalimat penjelas.