Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut

Diposting pada

Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut – Apa itu pokok pikiran? Pengertian pokok pikiran merupakan intisari paragraf/bacaan. Adapula yang mengartikan pokok pikiran adalah kalimat suatu paragraf yang berisi informasi umum hingga kemudian diperjelas menjadi kalimat lainnya yang lebih rinci. Pokok pikiran sendiri dapat dikatakan sebagai hal yang cukup penting dalam suatu bacaan atau paragraf. Pikiran pokok ini memang selalu ada dalam suatu paragraf.

Pokok pikiran kalimat memang dapat berupa gambaran mengenai pembicaraan dalam paragraf secara umum. Cara menemukan pokok pikiran suatu bacaan tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Dengan menentukan pokok pikirn ini, intisari suatu bacaan dapat kita ketahui dengan mudah dalam waktu yang singkat. Lantas intisari dari sebuah bacaan disebut apa?

Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut
Gagasan Pokok

Cara menentukan gagasan pokok dapat anda pelajari lebih lengkap pada artikel sebelumnya. Gagasan pokok atau pokok pikiran memang dapat memudahkan kita untuk mengetahui gambaran umum dalam sebuah teks dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh pokok pikiran termasuk dalam kalimat utuh yang maknanya dapat diketahui tanpa diperjelas oleh kalimat lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang intisari dari sebuah bacaan disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut

Apa itu pokok pikiran? Pengertian pokok pikiran adalah konsep atau intisari utama yang digunakan untuk menyampaikan sebuah topik dari pengarang kepada para pembacanya. Pokok pikiran berisi gagasan sebuah paragraf secara menyeluruh, dimana didukung oleh kalimat lain yang merincikan paragraf tersebut. Pokok pikiran dalam paragraf memang dianggap sebagai pernyataan yang sangat penting.

Biasanya pokok pikiran berisi ketetapan arah dan tujuan paragraf. Contohnya saja pokok pikiran dalam esai, puisi, novel, artikel berita, dan cerita pendek. Kita dapat menyatakan pokok pikiran secara tersirat dan tersurat. Pernyataan pokok pikiran secara tersurat ini dapat berbentuk kalimat utama secara utuh. Akan tetapi kita juga dapat menemukan pokok pikiran ini dalam kalimat apapun yang ada diparagraf tersebut. Lantas intisari dari sebuah bacaan disebut apa?

Baca Juga  Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat, Bermakna, dan Mudah Dihafal

Materi pokok pikiran ini pada dasarnya telah kita bahas dalam artikel sebelumnya. Materi ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu bahan soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Intisari dari sebuah bacaan disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pokok pikiran.

Seperti yang kita tahu bahwa intisari dari sebuah bacaan disebut gagasan pokok. Gagasan pokok ini memiliki nama lain seperti gagasan utama, topik utama, pikiran utama, inti masalah, ide pokok, ide utama, pikiran pokok, inti paragraf, inti masalah, dan sebagainya.

Gagasan pokok memang termasuk fondasi semua kalimat yang terdapat dalam bacaan. Sifat gagasan pokok tersebut adalah umum hingga diperjelas dan dikembangkan lebih lanjut melalui gagasan perjelas atau gagasan pengembang. Gagasan pokok dapat ditemukan dengan mudah menggunakan kalimat utama paragraf dalam bacaan. Biasanya di awal paragraf (deduktif) ataupun di akhir paragraf (induktif) tersebut kita dapat menemukan kalimat utama ini.

Dari penjelasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa intisari dari sebuah bacaan disebut gagasan pokok atau pokok pikiran. Dalam setiap paragraf tentunya kita mengetahui beberapa unsur di dalamnya seperti kalimat utama, gagasan pokok, kalimat penjelas, dan gagasan pendukung. Gagasan pokok ini terdapat dalam kalimat utama, sedangkan gagasan pendukung terdapat dalam kalimat penjelas.

Dalam sebuah paragraf, kita juga menemukan beberapa konjungsi di dalamnya. Konjungsi ini dapat kita temukan dalam gagasan pokok juga. Gagasan pokok dan kalimat utama ini hanya berjumlah satu dalam setiap paragraf. Sedangkan kalimat pengembang dan gagasan perjelas dalam sebuah paragraf biasanya berjumlah lebih dari satu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.